Seputar Android Q

Android Q



Pada gelaran acara "Google I / O 2019", Google mengungkapkan beberapa detail informasi tentang keberadaan Android Q. Google mengatakan bahwa android Q nantinya akan mempunyai beberapa fitur fitur baru yang sangat berguna dalam kehidupan sehari. Beberapa fitur tersebut diantaranya adalah "Dark Theme" baru,  Fitur "Accesbility" yang cukup mengesankan, pengenalan "Privacy dan Security" baru, dan "Parents Control".

Google mempunyai program "Beta" yang berguna untuk "Trial and Error" selama proses pengembangan Android Q dilakukan. Program beta ini bersifat terbuka untuk para "Developer" dan beberapa orang yang ingin mencoba hal hal baru apa saja yang terdapat dalam Android Q ini. Tetapi perlu diingat! Namanya saja masih Program Beta tentu saja masih banyak bug disana sini. Sehingga sangat disarankan untuk menginstall Android Q Beta ini bukan di Smartphone utama anda. Mungkin "Install"lah Android Q Beta ini di Smartphone kedua anda yang tidak terlalu anda pakai sering sering.

Tanggal Peluncuran Android Q

Masih belum dapat dipastikan kapan peluncuran Android Q digelar, tetapi karena Google masih menjalankan Program Beta maka program ini terbuka untuk siapa saja yang berminat selama "Device" yang kita pakai masuk dalam daftar Program Android Q Beta tersebut. Jika tertarik dalam Program Android Q Beta, maka anda diharuskan melihat Device apa sajakah yang "Kompatibel" dengan Android Q. Karena tentu saja akan ada "Step" yang harus diikuti agar dapat "Menginstall" Android Q dengan lancar. Peringatan! Sebelum anda menginstal Android Q Beta, beberapa Produsen Smartphone kemungkinan ada yang menyuruh anda untuk melakukan "Factory Reset" agar dapat menginstal Android Q Beta dengan lancar.

Daftar Device yang masuk Program Android Q Beta


Pixel Essential Phone Sony Xperia XZ3
Pixel XL Huawei Mate 20 Pro Tecno Spark 3 Pro
Pixel 2 LGE G8 Vivo X27
Pixel 2 XL Nokia 8.1 Vivo NEX S
Pixel 3 OnePlus 6T Vivo NEX A
Pixel 3 XL OPPO Reno Xiaomi Mi 9
ASUS ZenFone 5Z Realme 3 Pro Xiaomi Mi MIX 3 5G

Update Android Q Beta Secara Berkala

Selama pengembangan Android Q Beta Google telah menyusun jadwal perilisan Android Q Beta. Pengerjaan Android Q Beta pertama dimulai pada pertengahan Bulan Maret dan diakhiri sekitar Bulan Agustus. Untuk para Developer yang mungkin menunggu kapan fitur yang mengandung "API" selesai, mungkin dapat menunggu sampai Beta 4 yang perkiraan selesainya akhir Bulan Juni.

Fitur Fitur Yang Diberitahukan Oleh Google

  1. PRIVACY FIRST, Android Q sepertinya memfokuskan diri pada "Privasi User". Contohnya apabila sebelum Android Akses lokasi bisa digunakan kapan saja, kini di Android Q user dapat membatasi akses lokasi hanya ketika membuka aplikasi saja. Selebihnya tidak.
  2. BUBBLES, Android Q akan memberikan "Notifikasi" gaya baru yaitu dengan memunculkan lingkaran kecil(Bubbles) yang mengambang seperti diatas air. Bubbles ini bisa dibatasi jumlahnya sehingga tidak akan memenuhi layar smartphone kita.   
  3. SHARING SHORTCUTS, dengan adanya fitur ini, kita dapat mengshare sesuatu ke beberapa aplikasi sekaligus secara instan tanpa memilih dulu aplikasi apa saja yang ingin kita bagikan.
  4. DARK THEME, dengan adanya fitur Dark Theme maka pemakaian daya baterai akan berkurang dan yang paling penting adalah mengurasi radiasi yang menuju mata. 
  5. LIVE CAPTION, fitur ini akan sangat berguna bagi orang yang "Tuna Rungu". Dimana video akan otomatis memunculkan teks. Fitur ini akan tersedia secara "Offline" alias tidak memerlukan paket data.
  6. PARENTAL CONTROLS, adanay pembatasan dan persetujuan pemasangan aplikasi, pembatasan maksimal layar menyala, pembatasan pemakaian aplikasi, dan pengaturan jam tidur.
  7. FOLDABLE SCREEN SUPPORT, dengan hadirnya device yang kini bisa dilipat Android Q memberikan dukungan kepada device seperti itu sehingga pemakaian akan maksimal.
  8. DEPTH INFORMATION FROM PHOTOS, kemampuan Android Q untuk menangkap kedalaman dari suatu gambar yang ditangkap. Kemungkinan ini adalah kemampuan AI dari Google.
  9. MORE DEVELOPER OPTION, jika anda tertarik dengan Native MIDI API, ANGLE on Vulkan, atau Neural Networks API 1.2 seperti Google sedang mengembangkan kemampuan dari yang telah disebutkan diatas dan juga meningkatkan kemampuan WiFi Performance Mode, peningkatan koneksi Peer to Peer dan pengalaman berinternet.
  10. SEBUTAN UNTUK ANDROID Q, biasanya Google memberikan sebutan kepada Android yang berhubungan dengan sesuatu yang manis atau makanan pencuci mulut. Tapi masih menjadi misteri apakah sebutan dari Android Q ini.
Sumber: www.zdnet.com

loading...

0 Response to "Seputar Android Q"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel