Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat foto ala 90an dengan Lightroom dan Snapseed

Jaman 90an?

Bagi teman teman blogger yang lahir ditahun 90an pasti banyak kenangan masa kecil yang tidak terlupakan. Mengapa kok tidak terlupakan? Tentunya banyak keadaan jaman dulu yang tidak pernah dirasakan anak jaman sekarang. Contoh mungkin anak 90an punya permainan yang dulu pernah kita dengar tazoz, tamagochi, dll. Ada juga kenangan kenangan jaman sekolah dulu yang mungkin cukup membuat kita senyum senyum sendiri kalau melihatnya kembali di album foto jaman kita SMA dulu.

Salah satu media untuk mengenang kenangan jaman dulu adalah dengan melihat foto. Iya, foto menunjukkan bukti kalau kita memang benar benar ada di jaman itu dan bisa menjadi kenang kenangan ketika kita beranjak dewasa bahkan tua. Apalagi ketika melihat foto foto lama bersama teman teman pasti banyak sekali yang dibicarakan dan yang pasti sangat seru. Apalagi kalau ingat masa masa bareng si "Ehem" pasti bikin kalian senyum senyum sendiri.

Pertanyaannya sekarang adalah bisakah kita mengedit foto agar bisa terlihat mirip tahun ala tahun 90an? Hah? Emangnya bisa? Jawabannya adalah "Bisa!".

Adalah salah satu aplikasi yang sangat populer dikalangan pengguna smartphonr Android, apalagi kalau bukan aplikasi edit foto dan gambar yang bernama "Light Room" (Dulu dikenal dengan nama Adobe Light Room). Aplikasi sangat diminati dikarenakan cara memakainya mudah, filternya banyak, fontnya banyak, fitur fitur nya terbilang lengkap tetapi sangat mudah digunakan. Dengan menggunakan aplikasi ini kalian bisa mengedit kebutuhan editing mulai ngedit Brightness, nambah kontras, atau ngatur saturasi warna. Asyik banget bukan?

Di edisi postingan yang mempunyai label atau kategori Tips ini, Xiaomiintro mempunyai inspirasi gimana sih caranya ngedit foto yang udah kita ambil biar hasil fotonya bisa balik lagi ke jaman 90an yang masih pakai kamera manual. Inspirasi ini dateng waktu saya sore sore ngeliat pemandangan di belakang rumah yang masih ada sawahnya, kemudian ada sapi yang yang lagi makan rumput. Rasanya benar benar pedesaan sekali nuansanya, makanya saya kepikiran buat tips gimana buat foto serasa kembali ke jaman 90an.

Tanpa berlama lama lagi, selanjutnya saya akan berbagi cara mengedit foto yang telah kita ambil agar terlihat jadul seperti tahun 90an. Berikut langkah langkahnya:

1. Ambilah gambar dari kamera handphone anda dan usahakan mendapatkan pencahayaan yang baik.

2. Buka hasil foto yang kita ambil tadi di aplikasi Lightroom.

3. Pilih menu "Profile".

4. Pilih menu "Artictic 08" dan sesuaikan tingkat kedalaman efeknya sesuai selera disini saya 155.

5. Pilih save to device agar tersimpan di memory handphone kita.

6. Buka hasil editan lightroom tadi dengan aplikasi Snapseed dan pilih "TOOLS".

7. Pilih "Brush".

8. Pilih menu "Exposure".

9. Sesuaikan exposure jadi "0.3" dan buatlah pinggiran gambar gelap tipis tipis saja sehingga terlihat seperti frame. Kemudian save.

Cukup mudah bukan melakukannya teman? Demikian cara tips membuat foto menjadi ala tahun 90an. Semoga bermanfaat. Semakin teman teman ngulik fitur fitur di Light Room, pasti skill kalian untuk editing akan semakin keren. Apabila teman teman sudah mempraktekkan tips diatas, silakan dibagikan hasil editan kalian dikolom komentar ya gaes. Buat yang belum install, buruan install ya gaes biar bisa bereksperimen dengan hasil foto kalian. Dan apabila sudah eksperimen, langsung uploda ke sosmed kalian ya biar teman teman kalian bisa liat kecenya editan kalian. Terima Kasih atas perhatiannya. Salam Teknologi!

GOD BLESS!




Xiaomi Intro Official
Xiaomi Intro Official Techno Holic

2 komentar untuk "Cara membuat foto ala 90an dengan Lightroom dan Snapseed"

  1. Menggunakan Snapseed ini emang nyaman banget dan gampang.. Produk google emang jos lah :D

    BalasHapus