Alasan Memakai Xiaomi

Halo teman teman pembaca, apakah teman teman ada yang memakai handphone Xiaomi? Kalau ada, berarti anda sama dengan saya. Apa sih alasan memakai Xiaomi teman teman? 

Sedikit bercerita (karena ini masuk kategori "Opini"), pertama kali saya mendengar Xiaomi itu tepatnya pada tahun 2013. Pada awal saya ke Bali saya sering melihat berita berita tentang teknologi lebih khususnya tentang dunia gadget. Saat itu media media Indonesia sedang ramai membicarakan Xiaomi dimana seperti yang sudah kita ketahui bersama Xiaomi menjual produknya dengan memberikan spesifikasi yang tinggi tapi dengan harga yang murah. Seperti biasa Xiaomi yang saat itu adalah "Pemain Baru" di Indonesia sempat diragukan kehadiraannya dikarenakan masih belum ada kejelasan tentang Update Software, jaminan Servis, dll. Xiaomi akhirnya menjawab semua keraguan tersebut dengan konsistensi software dan membuka beberapa Toko Resmi yang menjual produk produk Xiaomi atau yang biasa disebut dengan MI Store.

Handphone Xiaomi (sumber: wikipedia)


Kembali lagi ke topik utama ya teman teman, alasan saya memakai Xiaomi adalah:


  • Yang pertama adalah "MIUI". Menurut saya MIUI adalah salah satu User Interface yang sudah sangat matang. Mengapa? Sejak adanya produk pertama Xiaomi, MIUI memang cukup memcuri perhatian. Banyak orang yang mengatakan bahwa MIUI mencontoh User Interface milik Iphone atau Ipad yaitu IOS. Tetapi sisi positifnya adalah MIUI menjadi cukup mudah digunakan, terutama bagi orang yang sebelumnya menggunakan handphone jadul atau yang sebelumnya menggunakan OS yang bukan Android beralih ke Android. Sebagai orang yang suka meng "Kustom" isasi handphone saya cukup puas dengan MIUI. 
  • Adanya fitur seperti "Dual Space" adalah sebuah ide yang bagus karena tidak semua brand handphone mau memberikan fitur ini ke dalam User Interfacenya secara langsung. Dengan adanya Dual Space saya tidak perlu membeli handphone lagi, karena pengalaman menggunakan Dual Space sudah seperti mempunyai dua handphone.
  • "Dual Apps" memiliki fungsi yang mirip dengan Dual Space, bedanya adalah Dual Apps ini bisa menggandakan aplikasi yang ada di handphone kita seperti: Whatsapp, Line, Facebook, dll. Buat yang punya sampingan "Jualan Online" tentu hadirnya fitur Dual Apps sangat berguna karena di MIUI Dual Apps ini sudah disediakan jadi tidak perlu mendownload aplikasi dari pihak ketiga agar bisa mempunya dua akun Whatsapp atau yang lainnya.  
  • "IR Blaster" dulu dimiliki oleh beberapa smartphone Flagship saja seperti Samsung seri Galaxy S atau Smartphone LG melalui seri G. Tetapi di Xiaomi melalui seri Low End saja IR Blaster sudah bisa kita dapatkan, lagi lagi ini adalah aplikasi bawaan dari MIUI meskipun Infra Rednya adalah Hardware yang ditanamkan di handphone Xiaomi. IR Blaster sendiri paling sering saya gunakan untuk mengaktifkan TV dan AC di rumah saya.
  • Adanya "MI Community" dan "MIUI Forum", seperti yang sudah kita tahu MIUI adalah salah User Interface yang paling banyak digunakan. Itu berarti banyak sekali pengembang yang terlibat dalam pengembangan MIUI ini. Sehingga apabila kita ingin mendapatkan update tentang Tema dan Wallpaper terbaru kita bisa dapat di MIUI Forum. Dimana melalui MIUI Forum ini Wallpaper ataupun Tema bisa di dapat secara gratis. Satu hal yang sangat penting tentang adanya MI Community ini adalah kita bisa berinteraksi dengan sesama pengguna Xiaomi. Sebagai contoh dulu Redmi Note 4 saya sempat jatuh dan beberapa bagian Hardwarenya mengalami kerusakan. Melalui MI Community saya bisa sharing masalah saya dan teman teman yang ada di MI Community dengan tanggap membalas tentang permasalahan yang sedang saya alami. Akhirnya saya bisa menggunakan Redmi Note 4 saya seperti biasa tanpa keluar uang untuk servis.  
  • "MI Drop" mungkin jadi aplikasi bawaan Xiaomi yang paling sering saya gunakan. MI Drop bisa dikatakan mirip dengan Share It. Tetapi bagi sesama pengguna Xiaomi MI Drop tentunya dapat bekerja dengan maksimal alias dapat mengirimkan file dengan ukuran yang besar secara lebih cepat. Lagi lagi kita tidak perlu mendownload aplikasi pihak ketiga demi mendapatkan aplikasi pengiriman file berukuran besar semacam Share It karena MIUI sudah menyediakannya. 
  • "MI Cloud" cukup berjasa bagi saya ketika saya akan berganti handphone Xiaomi yang lain karena MI Cloud ini bisa menyimpan settingan handphone Xiaomi kita mulai dari settingan Icon, Lockscreen, Notes, dll. Jadi proses pemindahan dari handphone lama ke handphone baru bisa dilakukan tanpa ribet. Cukup masuk ke akun MI Cloud kita dan download datanya kita sudah bisa menggunakan handphone Xiaomi baru kita dengan menggunakan data data yang ada di handphone lama kita.
  • "Feedback" adalah salah satu aplikasi yang hampir tidak pernah saya gunakan, tetapi cukup vital. Mengapa? Apabila kita mengalami masalah Software pada handphone Xiaomi kita, maka kita bisa sampaikan keluhan kita melalui Feedback. Pada saat Redmi Note 4 saya mengalami masalah lawan bicara tidak bisa mendengar suara saya ketika menelepon, saya sampaikan masalah saya ini melalui Feedback dan akhirnya meskipun menunggu sekitar satu bulan akhirnya Redmi Note 4 saya diberikan update dan masalah speaker pada Redmi Note 4 saya sudah diselesaikan. Dalam menjawab keluhan yang disampaikan pengguna Xiaomi, tentunya waktu mereka membalas dan mengerjakan "Bug" akan sangat bervariasi. Sehingga apabila dalam jangka waktu yang lam tidak mendapat balasan, mungkin bisa mengirim Feedback lagi agar bisa didengar.  
  • "Split Screen" ini berguna buat saya yang mempunyai pekerjaan sampingan sebagai musisi dan pengajar musik. Apabila saya ingin "Ngulik" lagu tetapi posisi saya sedang tidak berada dirumah. Saya masih bisa ngulik lagu dengan cara memanfaatkan fitur Split Screen ini. Teknisnya adalah layar akan dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama saya gunakan untuk menampilkan Youtube sedangan layar bagian kedua saya gunakan untuk membuka aplikasi Real Keyboard. Sehingga dengan cara seperti inipun tanpa memegang alat musik yang sesungguhnya saya bisa Ngulik lagu.
  • Aplikasi yang mirip "Game Booster" mungkin di beberapa merek handphone yang lain sudah ada. Tetapi aplikasi ini kebanyakan ada hanya di beberapa handphone "Gaming" saja. Tapi dengan menggunakan Handphone Xiaomi tipe apapun, bahkan seri Redmi (Low End Series) kita sudah mendapatkan aplikasi Game Booster sudah dalam paket MIUI. Dengan adanya Game Booster tentunya kita bisa mengkustomisasi notifikasi pada saat bermain game atau pun menambah pengalaman bermain game dengan baik karena aplikasi yang berjalan di background dimatikan oleh aplikasi Game Booster ini. 
Jadi kesimpulan alasan saya menggunakan handphone Xiaomi adalah faktor MIUI yang cukup besar. Software User Interface yang dikembangkan Xiaomi ini menurut saya sangat tepat dengan kebutuhan saya. Dengan harga yang terbilang murah semua kebutuhan saya sudah diakomodir oleh Xiaomi melalui MIUI buatan mereka sendiri. Bukan tidak mungkin apabila Xiaomi berinvestasi untuk mengembangkan Sistem Operasi sendiri mungkin akan berhasil. Mengingat Huawei kini sudah tidak bisa menggunakan lisensi komersial Google. 

Sekian alasan saya mengapa menggunakan Xiaomi, mungkin bisa membantu teman teman yang ingin mencari referensi sebelum membeli handphone. 

Terima Kasih sudah mampir...

God Bless!  
loading...

4 Responses to "Alasan Memakai Xiaomi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel