Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yang Baru Dari Update MIUI 12 ke MIUI 12.5

Update MIUI 12 ke MIUI 12.5 - Tepat dua hari yang lalu, Xiaomi mengumumkan kepada publik bahwa mereka telah meluncurkan MIUI versi terbaru. MIUI terbaru tersebut adalah peralihan dari MIUI 12 ke MIUI 13, tepatnya adalah MIUI 12.5. Beberapa hal baru yang ada pada MIUI 12.5 ini adalah dalam hal desain yang tentunya lebih baik, peningkatan privasi dan fitur MIUI lain untuk konektivitas dengan komputer.

Fitur Baru MIUI 12.5
Yang Baru Dari Update MIUI 12 ke MIUI 12.5


Peningkatan Desain dan Kinerja MIUI 12.5  

Dalam pernyataannya, Xiaomi mengatakan bahwa MIUI 12.5 ini diklaim lebih ringan, lebih cepat dan lebih efisien dari MIUI 12 sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan MIUI terbaru ini menggunakan core prosesor 25% lebih sedikit, penggunaan memori background 35% lebih sedikit dan penggunaan daya 25% lebih sedikit.

Selain itu di MIUI 12.5 ini Xiaomi melakukan langkah bagus dengan membuat beberapa sistem aplikasi yang terpasang di MIUI bisa di "Uninstall". Jika dibandingkan dengan tampilan antarmuka lain seperti iOS, EMUI dan Color OS maka MIUI 12.5 mempunyai keunggulan tersendiri.

Beralih pada bahasan selanjutnya, MIUI terbaru ini adalah sebuah tampilan antarmuka yang bisa dibilang sempurna menurut Xiaomi. Hal tersebut tak lepas dari peningkatan "MIUI Light Cone Motion Effect Architecture" yang lebih baik dari MIUI 12. 

Peningkatan tersebut mencakup Gesture, Prioritas Penjadwalan dengan waktu respon yang lebih baik.

Daya komputasi pada MIUI 12.5 juga telah ditingkatkan hingga 20 kali lipat pada bagian Mesin Rendering daripada versi MIUI sebelumnya. Tidak lupa, untuk bagian animasi UInya juga telah ditingkatkan. Sehingga semakin nyaman digunakan oleh pengguna ponsel Xiaomi lama atau baru.

Super Wallpaper Yang Baru 

Di versi MIUI 12, Xiaomi memperkenalkan fitur Wallpaper Super (Live) dengan tema planet Mars dan Bumi. Di versi MIUI 12.5, ada tambahan lokasi baru. Yang pertama adalah Gunung Salju yang diambil dari Gunung Siguniang. Ini adalah gunung tertinggi dari rangkaian Pegunungan Qionglai di Tiongkok Barat. 

Secara "Real Time", Xiaomi telah merekam periode 24 jam siang dan malam untuk menyesuaikan dengan waktu hari itu. Sehingga jika anda mengaktifkan Super Wallpaper, maka tampilan dari Home Screen dan Lock Screen anda akan terlihat lebih menarik.

Suara Notifikasi

MIUI 12.5 juga menghadirkan suara notifikasi yang diperbarui dari beberapa hewan asli dari habitat mereka berada. Yakni Hutan Hujan Amerika Selatan, Australia, padang rumput Afrika Timur, dan Lingkaran Arktik. Ia mengatakan dengan bantuan British Library, Zoologists, dan seniman Suara dari seluruh dunia, ia mampu menangkap suara dari sekitar 120 makhluk hidup.

Sedangkan untuk suara yang ada pada sistem ponsel, dikatakan bahwa elemen alam seperti Kayu, Pasir, Air disatukan untuk mengikuti notifikasi, action UI, dan efek suara hitung mundur Jam. Semua suara ini dirancang untuk efek stereo dan dioptimasi untuk ponsel dengan Dual Speaker.

Selain suara, fitur Haptics juga telah ditingkatkan. Misalnya, Xiaomi mengatakan telah menyempurnakan getaran umpan balik dari opsi seperti kunci ponsel, Ketuk, Gestur, dll. Update ini bisa menyebar pada seluruh library dari setiap tindakan yang mungkin dapat anda lakukan di dalam UI khususnya MIUI.

Haptics juga bisa berguna untuk orang-orang dengan gangguan penglihatan. Xiaomi mengatakan integrasi tanpa batas antara sentuhan dan getaran akan membantu orang-orang yang secara visual tidak bisa melihat untuk mengetahui tindakan mereka. Kita harus menunggu MIUI versi Beta untuk menunjukkan lebih banyak tentang ini.

Privasi

Xiaomi telah memperluas cakupan Privasi pada MIUI 12.5 menjadi empat area berbeda. Yaitu Perlindungan Clip Board, File Storage (Mekanisme Sand Box), Browser, dan Location (Metode Positioning Fuzzy). Di antaranya, perlindungan Clipboard menyimpan log aplikasi dan memberi tahu pengguna tentang mereka yang berlebihan membaca konten yang disalin.

Positioning Fuzzy adalah fitur baru di mana pengguna dapat menyamarkan lokasinya hingga beberapa meter dari lokasi yang tepat untuk meningkatkan keamanan dalam keadaan tertentu. Pemosisian yang sebaliknya akurat (2 hingga 3m) selalu dapat disetting karena bersifat opsional.

Selanjutnya adalah Mekanisme Sandbox pada aplikasi File Storage. Untuk anda yang belum paham, Sandbox adalah mekanisme keamanan tempat khusus terbatas yang terpisah sengaja dibuat untuk mencegah informasi sensitif hilang. 

Karenanya, MIUI akan membantu pengguna membagi foto, dan data secara mandiri daripada mengizinkan aplikasi untuk mengakses semuanya.

Xiaomi merasa bahwa 53% dari 1000 halaman web teratas di China mendapatkan akses ke informasi pribadi. Untuk mencegah hal ini, ia menggunakan aplikasi keamanan bawaan untuk mencegat halaman di browser (Mi Browser) dari mencuri data dengan curang dan memblokir halaman berbahaya agar tidak mengunduh sendiri.

Selain itu, Xiaomi App Store dari MIUI 12.5 akan memiliki instruksi khusus untuk privasi yang mengandung risiko, gangguan keamanan, dan menghindari konten berbahaya.

MIUI Notes dan MIUI +

Xiaomi juga mengubah Aplikasi Notes menjadi MIUI Notes. Pengguna dapat menambahkan catatan quick mind notes, Generate brain mpas (catatan kronologi) hanya dengan satu klik. Selain itu, pembaruan menghadirkan fungsi grafiti, pengoptimalan untuk sentuhan jari (dengan 4 sapuan kuas).

Lebih lanjut, Anda juga mendapatkan quick shorthand window untuk mencatat catatan dengan cepat (Teks, gambar, tautan, dll.). Semuanya langsung disinkronkan ke aplikasi Notes saat Anda menambahkannya. Aplikasi Catatan baru juga mendapatkan sistem penyusunan huruf baru dengan desain dinamis untuk meningkatkan keindahan saat mata memandang.

MIUI +

Xiaomi memperkenalkan fitur koneksi perangkat pertamanya di MIUI 12.5 dengan MIUI + (Beta). Dengan ini pengguna dapat melakukan tindakan berikut di komputer:

- Lihat pemberitahuan Seluler, Buka Aplikasi
- Salin / Tempel Teks
- Buka Tangkapan Layar
- Lihat halaman Web dari Seluler

Selain itu, Xiaomi mengatakan Mi File Manager dan MIUI Notes akan memiliki antarmuka seperti PC yang lengkap dengan fitur ini. Ini tidak hanya mendukung operasi keyboard dan mouse tetapi memungkinkan pengguna untuk mengedit dokumen saat dalam perjalanan.

Daftar Ponsel Yang Support Untuk Closed Beta MIUI 12.5
Xiaomi telah membuka pendaftaran Closed Beta MIUI 12.5 untuk 21 perangkat yang didukung. Untuk lebih jelasnya lihat daftarnya di bawah ini:

  1. Xiaomi Mi 10
  2. Xiaomi Mi 10 Pro
  3. Xiaomi Mi 10 Ultra
  4. Xiaomi Mi 10 Youth Edition
  5. Redmi K30
  6. Redmi K30 5G
  7. Redmi K30 Pro 5G
  8. Redmi K30i 5G
  9. Redmi K30S Ultra
  10. Redmi K30 Ultra
  11. Xiaomi Mi 9
  12. Xiaomi Mi 9 SE
  13. Xiaomi Mi CC9e
  14. Xiaomi Mi CC9 Pro
  15. Redmi K20
  16. Redmi K20 Pro
  17. Redmi 10X 5G
  18. Redmi 10X Pro 5G
  19. Redmi Note 9 5G
  20. Redmi Note 7
  21. Redmi Note 7 Pro

Xiaomi mengatakan akan merilis Closed Beta untuk pengguna tertentu melalui OTA mulai pukul 21:00 pada 28 Desember waktu setempat. Sedangkan untuk Public Beta akan dimulai dari pertengahan Januari 2021.

Kesimpulan Update MIUI 12 ke MIUI 12.5

Meskipun dari angka perubahannya terlihat tidak signifikan, tetapi secara fitur update ini benar benar cukup membawa efek yang besar. Terutama untuk sektor kinerjam MIUI sendiri yang diklaim lebih ringan. Selain itu peningkatan privasi dan MIUI+ juga patut diapresiasi sehingga pengguna akan semakin nyaman untuk menggunakan MIUI.

Buat anda yang ingin segera mencicipi Super Wallpaper terbaru di MIUI 12 harap bersabar. Karena masih statusnya yang masih closed beta, maka hanya beberapa perangkat saja yang bisa mencicipi MIUI terbaru ini. Semoga pertengahan Januari kita semua sudah bisa mencicipi Public Beta MIUI 12.5 ini.

Di Penghujung Tahun 2020 ini, kami Tim Xiaomiintro.com mengucapkan Selamat Tahun Baru 2021. Kami berdoa untuk anda pembaca setia Xiaomiintro diberi kesuksesan dan kesehatan senantiasa. 

Terima Kasih. 

source: gizmochina

Xiaomi Intro Official
Xiaomi Intro Official Techno Holic

Posting Komentar untuk "Yang Baru Dari Update MIUI 12 ke MIUI 12.5"