Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Xiaomi Mi Air Charge, Isi Baterai HP Jarak Jauh

Xiaomi mengenalkan teknologi wireless charging paling anyar mereka dengan sebutan Mi Air Charge. Teknologi ini memungkinkan pengguna mengisi ulang baterai ponsel secara wireless dari jarak jauh, tanpa mesti menempelkannya di charging pad.

Xiaomi Mi Air Charge, Isi Baterai HP Jarak Jauh
Xiaomi Mi Air Charge, Isi Baterai HP Jarak Jauh


Xiaomi mengklaim teknologi ini sanggup mengisi ulang baterai beberapa ponsel sekaligus di saat sedang digunakan untuk main game, di saat berlangsung di ruangan, atau bahkan di saat ada sesuatu yang menghalangi.

Ukuran chargernya sendiri cukup besar, kurang lebih seumpama mirip pembersih udara dan dari demonstrasi Xiaomi tingginya nyaris menyamai sofa. Charger ini sanggup mengisi ulang baterai ponsel dengan kapasitas 5W dari radius sampai beberapa meter.

Teknologi ini melakukan pekerjaan dengan mempergunakan lima antena untuk mendeteksi lokasi ponsel dan 144 antena yang mengantarkan gelombang milimeter-wide pribadi ke ponsel untuk mengisi daya, seumpama dikutip dari GSM Arena, Jumat (29/1/2020).

Xiaomi Mi Air Charge
Foto: Dok. Xiaomi


Ponsel yang mendukung teknologi ini juga dilengkapi dengan 14 antena yang sanggup menerima sinyal gelombang milimeter tadi. Sinyal ini lalu diubah menjadi energi listrik menggunakan rectifier circuit.

Xiaomi mengklaim penghalang fisik tidak akan menghemat efisiensi di saat proses pengisian ulang. Meski di sekarang ini gres diuji untuk ponsel, vendor asal China ini menyampaikan teknologi Mi Air Charge ke depannya akan tersedia untuk jam tangan pintar, gelang pintar dan perangkat wearable lainnya.

"Tanpa menunggu waktu lama, perangkat ruang keluarga kita, seperti speaker, lampu meja, dan produk perangkat rumah pintar kecil lainnya, akan dibangun dengan desain pasokan daya nirkabel, betul-betul bebas kabel, menghasilkan ruang keluarga kita menjadi betul-betul wireless," kata Xiaomi dalam blognya.

Xiaomi bukan perusahaan pertama yang memberitahukan teknologi 'true wireless charging' seumpama ini. Sebelumnya ada perusahaan Energous yang memperlihatkan teknologi serupa di CES 2015 tetapi tidak pernah diwujudkan menjadi produk komersial.

Belum dikenali apakah teknologi Mi Air Charge ini akan sanggup dijajal oleh publik. Xiaomi sendiri menyampaikan teknologi ini bukan sekedar fiksi ilmiah, tetapi mereka juga belum memperlihatkan indikasi kapan teknologi ini akan diluncurkan.

Sumber detik.com
ADM
ADM Techno Holic

Posting Komentar untuk "Xiaomi Mi Air Charge, Isi Baterai HP Jarak Jauh"

close