Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Xiaomi Menggelontorkan Dana Segar Ke Perusahaan Pembuat Chip

Xiaomi Menggelontorkan Dana Segar Ke Perusahaan Pembuat Chip


Logo gres Xiaomi
Foto: Xiaomi

Xiaomi menggelontorkan sejumlah duit ke perusahaan pembuat chip berjulukan Huajing Sensing Technology lewat Hubei Xiaomi Yangtze River Industrial Fund.

Huajing Sensing yakni perusahaan yang menghasilkan teknologi chip sensor core independen. Perusahaannya sendiri diresmikan pada 2010, dengan cakupan bisnis termasuk riset dan penelitian, pengerjaan perlengkapan sensor, pengembangan teknologi, konsultan teknis, dan layanan teknis produk internet of things.

Perusahaan tersebut juga baru-baru ini mengalami pergantian besar dari sisi bisnis alasannya yakni memperoleh suntikan dana dari sejumlah pihak, menyerupai Gonqingchent Tuojin Zhonghe Investment Partnership Enterprise dan Shenzhen Tuojin Venture Capital Fund Partnership.

Total dana yang dikumpulkan dari beberapa penanam modal itu meraih 28,59 juta yuan atau sekitar USD 4,38 juta.

Xiaomi juga sebelumnya pernah berinvestasi ke beberapa perusahaan lewat Yangtze River Industrial Fund. Perusahaan yang pernah memperoleh suntikan dana dari Xiaomi itu antara lain yakni TIshen Technology yang ialah pembuatn sensor tactile fleksibel.

Lalu ada juga Zonghui Xinguang, yang ialah perusahaan semikonduktor, hingga perusahaan pembuat perlengkapan laser berjulukan Keyun Laser, demikian dikutip detikINET dari Gizmochina, Minggu (18/4/2021).

Sebelumnya juga diberitakan kalau Xiaomi menyuntikkan dana ke setidaknya 34 perusahaan asal China sejak 2019 lalu. Semua perusahaan itu berhubungan dengan bisnis chip semikonduktor.

Selain itu, ada juga 25 perusahaan teknologi lain yang tak berhubungan dengan bisnis semikonduktor yang memperoleh suntikan dana dari Xiaomi. Cakupan usahanya tersebar dari startup, pengerjaan layar, lensa kamera, otomatisasi, dan lainnya.

Deretan investasi yang ditangani Xiaomi ini sejalan dengan rencana jangka panjang mereka di China, yakni membangun rantai pasokan teknologi yang kompetitif. Dengan kata lain, Xiaomi ingin meminimalkan ketergantungannya kepada teknologi dari luar China dan memperkuat bisnis teknologinya sendiri.

Langkah ini mereka laksanakan menyusu tekanan besar lengan berkuasa dari pemerintah Amerika Serikat kepada China, menyerupai yang ditangani pada Huawei.

"Sudah tujuh tahun Xiaomi berinvestasi di bisnis chip. Perjalanan (untuk menuju ambisi chip Xiaomi) sungguh panjang dan sarat tantangan, tetapi kami punya ketabahan dan ketekunan untuk mencapainya," ujar pendiri Xiaomi Lei Jun.

Sumber detik.com
ADM
ADM Techno Holic

Posting Komentar untuk "Xiaomi Menggelontorkan Dana Segar Ke Perusahaan Pembuat Chip"