Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Intip Sejenak Jaringan 5G Yuk

Intip Sejenak Jaringan 5G Yuk


Intip Sejenak Jaringan 5G Yuk - Sejak Korea Selatan menjadi negara pertama yang punya jaringan 5G, sejumlah negara pun berlomba menggelar jaringan super cepat tersebut. Seperti ini perjalanannya.

Sejarah 5G pasti tidak sanggup lepas dari penerapan generasi pertama atau 1G, yang pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1979 oleh Nippon Telegraph and Telephone (NTT). Dilanjutkan kemudian pada 1983, Amerika Serikat menyepakati operasional 1G dengan ponsel Motorola DynaTac selaku ponsel pertama yang dipakai secara luas.

Setelah masa 1G, jaringan selular 2G dengan persyaratan GSM diluncurkan di Finlandia pada 1991. Suara via ponsel menjadi lebih jernih dan selain itu, untuk pertama kalinya orang sanggup mengantarkan SMS, gambar, pesan, bahkan MMS (multimedia messages) dari ponsel.

Pada awalnya, kecepatan transfer 2G cuma sekitar 9,6 kbits/s. Pada selesai eranya, kecepatan 40 kbit/s tercapai dan koneksi EDGE memamerkan kecepatan hingga 500 kbit/s. Era 2G menghasilkan pemakaian ponsel kian merebak

Berlanjut ke 3G yang pertama kali rilis di Jepang di 2001 oleh NTT DoCoMo. Kapabilitas transfer datanya meningkat 4 kali lipat dari 3G. Layanan gres seumpama video call, video streaming hingga voice over IP makin merebak.

Tahun 2002, BlackBerry diluncurkan dengan bermacam fitur powerful pada di saat itu yang dimungkinkan lantaran adanya jaringan 3G. Peluncuran iPhone pada tahun 2007 menandai selesai masa 3G untuk menuju ke 4G, lantaran kapabilitas jaringan perlu dipercanggih mengikuti masa smartphone.

Pertama kali 5G dipraktekkan yakni di Swedia dan Norwegia pada tahun 2009 dengan persyaratan Long Term Evolution (LTE) 4G. Berbagai negara kemudian melancarkannya, menghasilkan video streaming mutu tinggi menjadi hal umum. User sanggup mengakses internet dengan kecepatan tinggi.

4G di saat ini ialah persyaratan telekomunikasi mobile dunia, tetapi ternyata belum semua area sanggup menikmatinya. Walau begitu, perkembangan teknologi tak sanggup dibendung dan lahirlah 5G.

Kelahiran 5G

Intip Sejenak Jaringan 5G Yuk
Intip Sejenak Jaringan 5G Yuk



Awal tahun 2000-an, periset mulai merasakan 3G dan bahkan 4G tidak akan mendukung teknologi telekomunikasi masa depan. Maka, mulailah dipikirkan pengembangan jaringan 5G dengan koneksi jauh lebih ngebut.

Tahun 2012, studi 5G sudah dijalankan di negara seumpama Jepang, Amerika Serikat dan Inggris. Tahun 2014, perusahaan seumpama Samsung dan Huawei mengawali riset 5G. Hingga risikonya pada tahun 2017, 77 operator di 49 negara sudah mengerjakan trial jaringan generasi gres ini.


Berlanjut setahun kemudian, beberapa negara mulai meluncurkan jaringan 5G secara terbatas di lokasi tertentu. Korea Selatan pun meluncurkan trial 5G pada Olimpiade Musim Dingin 2018. Akhirnya, Negeri Ginseng ini menjadi yang pertama mengkomersialkan 5G di 2019.

Pada di saat itu, 5G sudah tersedia secara terbatas di sekeliling 34 negara dan tentu akan kian meluas. Terlebih beberapa vendor besar sudah meluncurkan ponsel cerdas 5G dan lambat laun banderolnya kian terjangkau.

Manfaat jaringan super cepat ini pun segudang. Pada 8 Januari 2019 misalnya, spesialis bedah di Fujian, Cina, sukses operasi pengangkatan hati binatang uji lab dengan lengan robotik yang berada sekitar 50 km jauhnya, alias secara remote. Dengan koneksi 5G cepat dan stabil, dokter mengeksekusi jalannya operasi.

Dengan kian canggihnya banyak sekali perangkat, dan berkembangnya pasar headset VR, web augmented reality (AR), dan virtual reality (VR), kemungkinan besar orang berpindah ke cloud ketimbang tetap menggunakan PC. Di sinilah 5G masuk, di mana koneksi amat cepat dengan latensi rendah membebaskan gamer dari kewajiban menggunakan headset berkabel atau mual yang disebabkan dilema latensi.

Koneksi 5G juga memungkinkan kendaraan beroda empat otonom untuk berinteraksi satu sama lain secara real time, terwujudnya kendaraan beroda empat tanpa pengemudi kian bersahabat dengan realisasi.

5G di Indonesia

Kehadiran jaringan 5G di Indonesia yang mulanya dikira wacana belaka, kini dalam waktu dekat akan segera terwujud. Saat ini ada dua operator seluler yang terlihat balapan mendatangkan layanan seluler generasi kelima ini, yakni Indosat Ooredoo dan Telkomsel.

Telkomsel menyampaikan sudah mendapat hasil Uji Layak Operasi (ULO) 5G. Di di saat yang berbarengan sehabis itu, Indosat Ooredoo juga ternyata mengajukan langkah yang serupa.


Sebagai informasi, ULO ialah tahapan yang mesti dilalui sebelum resmi menggelar atau mengenalkan teknologi gres ke publik secara komersial. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Kominfo Nomor 1 Tahun 2010 wacana Penyelenggaraan Jaringan Telekomunikasi.

Tak sabar merasakan ngebutnya jaringan 5G? Sabar, kita akan menjajalnya segera. Selamat tiba masa 5G!

Sumber detik.com
ADM
ADM Techno Holic

Posting Komentar untuk "Intip Sejenak Jaringan 5G Yuk"

close