Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Samsung Dan TSMC Akan Produksi Snapdragon 895 4nm

Samsung Dan TSMC Akan Produksi Snapdragon 895 4nm
Samsung Dan TSMC Akan Produksi Snapdragon 895 4nm

Samsung Dan TSMC Akan Produksi Snapdragon 895 4nm

Terus tancap gas, iya itu adalah penggambaran yang tepat untuk perkembangan teknologi yang ada sekarang ini. Lompatan perkembangan teknologi bisa sangat jauh perbedaannya hanya dalam kurun waktu satu tahun saja. Tentunya hal tersebut adalah sesuatu yang positif bagi kita.

Tidak terkecuali untuk bidang chipset atau yang lebih umum disebut dengan prosesor. Tidak seperti prosesor laptop atau komputer yang updatenya penamaannya disebut "Gen", untuk seri ponsel, update terbarunya diidentikkan dengan seri angka, 600 series, 700 series hingga 800 series.

Qualcomm saat ini sedang mengerjakan prosesor Snapdragon seri 800 generasi berikutnya. Prosesor yang saat ini sedang dikerjakan Qualcomm disebut Snapdragon 895. Cukup jauh perkembangannya sejak Qualcomm meluncurkan Snapdragon 835nya bukan?

Sebuah akun yang cukup sering memberikan bocoran terkai dunia teknologi yang bernama Ice Universe, telah mengungkapkan bahwa Snapdragon 895 akan menjadi chipset dengan fabrikasi 4nm dan akan diproduksi oleh Samsung. 

Akan tetapi ada juga versi Snapdragon 895 Plus / Snapdragon 895+ yang diperkirakan meluncur pada paruh kedua tahun 2022 yang diproduksi oleh TSMC.

Seperti yang sudah kami tuliskan di awal, Qualcomm pindah ke ukuran node yang lebih kecil hanya setahun setelah peluncuran chipset 7 nm ke 5 nm. Meskipun demikian, bukan berarti mereka tidak akan produksi chip 5nm lagi ke depannya. 

Jadi jangan khawatir, kita masih akan melihat chipset Snapdragon 800 dan Snapdragon 700 series dengan fabrikasi 5nm yang akan disematkan pada ponsel - ponsel baru pada masa mendatang.

Qualcomm Snapdragon 895 4nm

Menurut laporan, Snapdragon 895 memiliki kode nomor "SM8450". Chipset ini akan memiliki CPU Kryo 760, GPU Adreno 730, Spectra 680 ISP, dan modem Snapdragon X65 5G terintegrasi.

Perkiraan dikenalkannya chipset Snapdragon 845 4 nm ke publik ini kemungkinan pada bulan Desember. Tetapi kita belum tahu apakah akan ada produsen smartphone lain yang memakai chipset ini untuk pertama kalinya. 

Karena selama ini Xiaomi selalu yang terdepan dalam penggunaan teknologi chipset atau smartphone.


ADM
ADM Techno Holic

Posting Komentar untuk "Samsung Dan TSMC Akan Produksi Snapdragon 895 4nm "

close