Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cyberdog, Nama Anjing Robot Buatan Xiaomi

Setelah berhasil merebut posisi Huawei dan Samsung, Xiaomi sepertinya seperti tidak pernah kehabisan inovasi untuk menjadi brand teknologi yang terdepan. Setelah pernah mengumumkan akan membangun mobil listrik, Xiaomi kini membuat robot anjing. 

Cyberdog, Nama Anjing Robot Buatan Xiaomi

Cyberdog, Nama Anjing Robot Buatan Xiaomi
Cyberdog, Nama Anjing Robot Buatan Xiaomi


Xiaomi beberapa waktu lalu menginformasikan ponsel dan tablet flagship terbarunya, Mi Mix 4 dan Mi Pad 5. Saat acara sudah akan berakhir, Xiaomi mengenalkan produk kejutan yaitu robot berkaki empat berjulukan CyberDog.

Wujud CyberDog sekilas tidak ada bedanya dengan robot Spot produksi Boston Dynamics. Spot sudah dijual sejak tahun kemudian dengan harga USD 74.500, dan sudah digunakan untuk banyak kiprah seumpama mensurvei tambang yang berbahaya dan menolong dokter terhubung dengan pasien dari jarak jauh.

Masih belum diketahui lebih dalam apa fungsi utama CyberDog yang dimiliki oleh Xiaomi. Dalam pemberitahuan resminya, Xiaomi memberikan fitur CyberDog yang tingkahnya mirip binatang peliharaan, seperti merespons bunyi dan mengikuti pemiliknya bagaikan anjing sungguhan.

Konsep robot anjing yang bisa menjadi binatang peliharaan berbarengan bukan sesuatu yang baru, tengok saja robot anjing Aibo produksi Sony. Tapi tampang CyberDog memang lebih futuristik dan sedikit mengerikan, tidak lucu seperti yang nampak pada Aibo.

Dikutip dari The Verge, Xiaomi menyampaikan CyberDog punya kemapuan berlari dengan kecepatan 3,2 meter/detik, dan bobotnya 3 kg. Robot ini juga bisa melakukan gerakan akrobatik. Contohnya adalah gerakan jungkir balik.

CyberDog ditenagai oleh platform Jetson Xavier AI milik Nvidia dan dilengkapi dengan sejumlah kamera dan sensor yang membantunya bergerak secara otonom. Sensor-sensor tersebut antara lain sensor sentuhan, modul GPS, lensa fisheye ultra-wide, dan kamera Intel RealSense D450 untuk depth-sensing.

"CyberDog bisa mengevaluasi sekelilingnya secara real time, menghasilkan peta navigasi, menyiapkan maksudnya dan menyingkir dari rintangan. Dipadukan dengan postur insan dan tracking pengenalan wajah, CyberDog bisa mengikuti pemiliknya dan menyingkir dari halangan," kata Xiaomi.

CyberDog juga bisa merespons perintah bunyi pemiliknya, tergolong mengerti kata dan arahan di saat bangun, atau bisa dikelola menggunakan ponsel yang terhubung. Robot berwarna hitam ini juga dilengkapi dengan tiga port USB-C dan satu port HDMI.

Xiaomi menyampaikan akan memasarkan 1.000 unit CyberDog untuk Mi Fans, teknisi dan penggemar robot. 1.000 unit pertama ini akan dijual dengan harga 9.999 Yuan atau sekitar Rp 22,2 juta, jauh lebih hemat biaya daripada Spot.

Sumber detik.com
ADM
ADM Techno Holic

Posting Komentar untuk "Cyberdog, Nama Anjing Robot Buatan Xiaomi"

close