Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Alasan Facebook Terkait Permasalahan Beberapa Aplikasinya

Mungkin anda adalah satu dari beberapa jutaan pengguna yang selama beberapa jam pada hari Senin, 4 Oktober, mengalami masalah saat mengakses  Facebook, Instagram, Messenger, WhatsApp, dan OculusVR. Tentunya kejadian tersebut membuat beberapa penggunanya sempat curhat di platform media soaial lainnya. 

Banyak anggapan yang menilai bahwa Facebook bisa jadi telah diretas. Namun, mereka telah membuat pernyataan bahwa insiden itu adalah hasil dari perubahan konfigurasi di router-nya. Masih belum jelas apa yang terjadi, tetapi pemadaman layanan itu menyebabkan kerentanan platform tersebut dan seberapa terhubungnya aplikasi antar platform yang saling berkaitan (Whatsapp, Instagram & Facebook).

Ini Alasan Facebook Terkait Permasalahan Beberapa Aplikasinya

Ini Alasan Facebook Terkait Permasalahan Beberapa Aplikasinya
Ini Alasan Facebook Terkait Permasalahan Beberapa Aplikasinya


Masalah konfigurasi menyebabkan gangguan dalam lalu lintas jaringan, yang kemudian mempengaruhi cara pusat jaringan Facebook berkomunikasi. Masalah masalah tersebutlah yang mengakibatkan layanan Facebook terhenti sementara. CEO Facebook, Mark Zuckerberg telah menyampaikan permintaan maaf atas pemadaman layanan, sekaligus menekankan bahwa platform tersebut akan kembali online.

Jika berkaca pada pemadaman layanan Facebook sejak 2019 yang saat itu terjdi selama lebih dari 24 jam, insiden hari Senin diyakini memiliki permasalhan dengan pembaruan BGP rutin yang mugkin salah dieksekusi. Ini menyebabkan penghapusan informasi perutean DNS yang digunakan untuk membuat Facebook dapat diakses oleh jaringan lain. 

Pemadaman layanan juga bertepatan dengan kesaksian yang dijadwalkan dari whistleblower, Frances Haugen kepada Kongres Amerika Serikat tentang pengalamannya di perusahaan. Haugen telah merilis sejumlah dokumen untuk mendukung klaimnya bahwa Facebook membayar keuntungannya dengan keamanan pengguna.

Bahkan dengan permintaan maaf yang telah diucapkan oleh CEO Zuckerberg, pemadaman layanan selama enam jam akan terus ditafsirkan secara berbeda. Diharapkan bahwa Facebook akan memberikan kejelasan yang lebih terperinci serta penjabaran yang lebih baik dari masalah pemadaman layanan yang terjadi senin kemarin.

Sumber: gizmochina.com

ADM
ADM Techno Holic

Posting Komentar untuk "Ini Alasan Facebook Terkait Permasalahan Beberapa Aplikasinya"