Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Partikel Penyusun Inti Atom Adalah Sebagai Berikut, Simak Sampai Habis

Partikel Penyusun Inti Atom - Struktur atom adalah susunan partikel dasar dalam atom. Atom berasal dari kata Yunani. atom Artinya tidak bisa dibagikan. Nama ini diberikan karena atom merupakan struktur terkecil yang tidak dapat diuraikan lagi.

Partikel atom terdiri dari tiga komponen: elektron, proton dan neutron. 

Partikel Penyusun Inti Atom

Partikel Penyusun Inti Atom Adalah Sebagai Berikut, Simak Sampai Habis
Partikel Penyusun Inti Atom Adalah Sebagai Berikut, Simak Sampai Habis

Elektron ditemukan oleh JJ Thomson pada tahun 1897. Penelitian ini terinspirasi oleh penemuan sebelumnya oleh William Crooks, George Johnston Stoney dan Antoine Henri Becquerel.

Temuan sebelumnya menunjukkan bahwa ada berkas cahaya tampak dari katoda ke anoda. Sinar ini disebut sinar katoda. 


Hasil pengujian menunjukkan bahwa elektron memiliki muatan negatif (-1) dan massa elektron adalah 0.


Proton ditemukan oleh Eugene Goldstein pada tahun 1886. Penemuan ini diilhami oleh gagasan bahwa atom tidak bisa netral, tetapi hanya elektron.

Goldstein bereksperimen dengan tabung gas dengan katoda yang diisi dengan lubang bermuatan listrik. Dia mencoba berbagai gas di kaleng.

Gas hidrogen telah terbukti memancarkan radiasi bermuatan positif. Jadi partikel ini disebut proton. Proton memiliki massa 1 sma (satuan massa atom) dan muatan proton positif (+1).

Neutron adalah partikel penyusun atom yang bermuatan netral. Penemuan neutron muncul dari penemuan inti atom Ernest Rutherford.

Sedangkan Rutherford menjelaskan bahwa atom memiliki inti bermuatan positif yang dikelilingi oleh elektron bermuatan negatif.

Namun, jika inti atom hanya berisi massa proton, itu tidak seimbang. Ini memprediksi bahwa ada partikel lain yang membentuk inti atom.

Kemudian James Chadwick Pada tahun 1932 ia berhasil menemukan neutron. Ia menemukan partikel yang memiliki daya tembus tinggi dan tidak terpengaruh oleh medan magnet atau listrik. Partikel ini bersifat netral atau tidak bermuatan.

Source: https://www.kompas.com/sains/read/2021/09/06/083100723/partikel-penyusun-atom-apa-saja-
ADM
ADM Techno Holic

Posting Komentar untuk "Partikel Penyusun Inti Atom Adalah Sebagai Berikut, Simak Sampai Habis"