Manfaat Smartphone Bagi Musisi

Musisi Harus Punya Smartphone?

Teman teman pembaca apakah ada yang berprofesi sebagai musisi? Atau mungkin mempunyai hobby bermain musik? Saya yakin ada. Mengapa begitu? Karena dunia teknologi itu selalu bisa menjangkau bidang apapun. Tak terkecuali dalam bidang musik. 

Dijaman millenial sekarang ini, siapa sih yang enggak punya smartphone? Smartphone sekarang ini sudah bukan lagi memasuki kategori "Mewah", melainkan malah masuk kategori terjangkau. Di beberapa "E-Commerce" kita bisa melihat harga harga smartphone mulai dari kelas harga satu jutaan sampai di atas sepuluh juta, Jadi bisa dikatakan nih, kita bisa beli smartphone sesuai budget yang kita punya.

Bagi teman teman yang suka sesuatu yang berhubungan dengan musik, di "Playstore" atau "App Store" juga sudah banyak sekali aplikasi aplikasi yang bertemakan musik. Mulai dari pemutar lagu online, aplikasi tutorial bermain musik, aplikasi bermain musik secara "Virtual", bahkan ada aplikasi yang bisa untuk instrumen atau alat musik ke smartphone kita. 

Di beberapa aplikasi streaming atau website yang menampilkan "Audio dan Visual" semacam "Youtube" kita dengan mudah bisa mengakses musik terbaru dari idola kita mulai dari lagu "KPop" sampai lagu lagu "Top 40" semuanya ada disitu. Sehingga apabila kita tidak punya uang untuk nonton konser artis idola kita, nonton aja di Youtube. Seakan akan kita bisa nonton konser tapi medianya lewat smartphone. Mudah bukan? Yang penting ada kuotanya gaess, jadi bisalah "Nonton Konser" berjam jam. Hehe..

Nah, tibalah di pembahasan utama kita. Untuk para musisi nih, penting gak sih punya smartphone? Kalau menurut pendapat saya pribadi sih sebagai seorang musisi penting banget buat memiliki smartphone. Kenapa begitu? Tentu saja sangat membantu musisi tersebut dalam mendukung ke "Profesi"annya dalam bidang musik.

xiaomiintro split screen android
Split Screen Android


Lalu apa aja sih manfaat smartphone bagi musisi? Yuk baca poin poin dibawah ini ya gaess...
  • Dokumentasi Performance. Mempunyai dokumentasi pada saat musisi sedang melakukan performance itu sangat penting. Sebagai contoh nih, ketika ada klien yang minta band atau musisi mengisi acara tetapi ingin melihat bagaimana kualitas atau karakter dari band atau musisi tersebut kita bisa sodorkan saja video kita saat sedang manggung. Atau kalau tidak punya video dokumentasi tetapi teman punya, ya share aja link youtube ke kita ke klien kita sehingga klien anda punya pertimbangan atau referensi yang menguatkan mengapa ingin memakai jasa. Selain sebagai dokumentasi performance, calon klien juga bisa menilai kalau jam terbang teman teman cukup tinggi sehingga pengalaman tidak perlu diragukan lagi. Terbukti dari banyaknya video dokumentasi yang anda punya. Tetapi jangan lupa diedit ya gaess biar tampak menarik. Hehe..
  • Mencatat Chord. Buat musisi yang membawakan lagu lagu diluar lagu yang berbahasa Inggris, mungkin Mandarin, Rusia, India, dll smartphone bisa jadi pengganti "Music Sheet" alias buat mencatat chord. Apalagi buat lagu lagu baru yang mungkin masih sangat asing dan perlu adaptasi. Jadi waktu ada request lagu secara mendadak bisa nyontek di smartphone. Tapi jangan lupa smartphone di kasi stand atau sedapat mungkin enggak kelihatan ya gaes, biar dilihat tetap profesional.    
  • Mencatat Lirik Lagu. Vokalis biasanya yang paling sering menyimpan lirik dismartphone, entah "Tablet" atau "Phablet". Jadi meskipun sudah lama enggak bawain lagu tertentu tetapi tetap bisa menyanyikannya karena lirik sudah tersedia. 
  • Ngulik lagu. Dengan adanya fitur "Split Screen", tentunya akan membantu para musisi. Jadi kalau mau ngulik lagu screen pertama buat puter Youtube sedangkan screen kedua buat maen aplikasi alat musik semacam Real Piano atau Real Guitar.
  • Mencatat Jadwal Manggung. Buat musisi yang jam terbangnya sudah tinggi, tentu tidak ingin melewatkan jadwal manggung yang ada. Jadwal menggung bisa dicatat di aplikasi note yang ada di smartphone kita. Atau bisa juga dicatet di kalender sehingga ada reminder yang akan mengingatkan jadwal manggung. 
  • Merekam Ide Lagu. Buat penulis lagu, terkadang inspirasi itu datang kapan saja tanpa diduga. Seringkali inspirasi nada atau lirik datang dan sering lupa. Tetapi sekarang anda bisa merekamnya ketika inspirasi datang melalui aplikasi sound recorder.
  • Evaluasi Performance. Pernah enggak sih waktu manggung merasa tidak puas dengan performance yang sudah selesai. Hal tersebut bisa diminimalisir dengan evaluasi performance, jadi setelah kita manggung dan direkam kita bisa lihat kekurangan dari anda yang bisa diperbaiki. Sehingga untuk next job kekurangan tersebut bisa diperbaiki.  
  • Berbagi Hasil Karya. Nah poin yang terakhir dibahas ini ada hubungannya dengan eksistensi anda sebagai musisi. Dengan adanya smartphone, maka kita bisa membagikan hasiil karya kita ke semua orang. Sehingga kita akan dengan mudah dikenal orang dan karya kita bisa diapresiasi. Dan bagi anda yang sudah mempunyai akun Youtube, Spotify, dll maka karya anda akan semakin dikenal dan diketahui banyak orang. Plusnya lagi adalah jika sudah melakukan kerjasama semacam "Adsense" makanya pendapatan anda akan meningkat. Hehe..
Demikin artikel dari saya mengenai "Manfaat Smartphone Bagi Musisi". Apabila ada teman teman punya saran tambahan manfaat smartphone bagi musisi yang lain silakan ditambahkan dikolom komentar ya teman teman. Terima Kasih Atas Perhatiannya.
loading...

0 Response to "Manfaat Smartphone Bagi Musisi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel