Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Fitur Kamera Magic Clone Dan Burst Mode Di MIUI 12

clone mode and multiplicity mode xiaomiintro

Pertama kali menjadi pengguna ponsel Xiaomi, hal utama yang saya pahami mengenai ponsel ini adalah spesifikasi dan harga. Ya, untuk beberapa tahun silam harga ponsel yang diberikan oleh Xiaomi bisa dibilang berada di level sangat terjangkau apabila dari sisi performa yang diberikan. Entah dari dulu mungkin Xiaomi dan Snapdragon selalu berduet sehingga menghasilkan performa yang hebat. Sebagai contoh, MIUI dan Snapdragon selalu menghasilkan nilai Antutu tertinggi dari beberapa merek ponsel yang menggunakan chipset yang sama. Tetapi semakin ke depan, kebutuhan ponsel tidak hanya soal performa saja. Saat ini konsumen lebih selektif dalam menentukan ponsel seperti apa yang tepat untuk mereka. Mungkin ada yang butuh performa biasa tetapi kapasitas baterai harus besar, tetapi mungkin ada juga yang membutuhkan keduanya. Seperti itulah sekarang, jika konsumen ingin membeli ponsel yang tepat untuk mereka. Harus ada pembandingnya.  

Di tahun 2018 sampai sekarang, kamera adalah bagian dari smartphone yang menjadi perhatian calon pembeli ponsel. Pada tahun tersebut perkembangan teknologi kamera meningkat pesat. Peningkatan teknologi kamera ditandai dengan jumlah kamera di ponsel yang awal satu sekarang meningkat menjadi lima (Penta Camera) seperti MI Note 10 Pro. Kemudian kemampuan hardware kamera yang umumnya ukuran pikselnya hanya 13 MP meningkat menjadi 108 MP. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah peningkatan disisi software dalam mengolah gambar yang ditangkap yang sekarang menggunakan AI (Artificial Inteligence) yang memungkin gambar hasil tangkapan kamera ponsel menjadi lebih menarik untuk dilihat dan diupload ke sosial media. 

Untuk bersaing dengan merek merek ponsel yang sudah lebih dulu bersaing dalam urusan mobile photography semacam Huawei, Samsung dan Apple, Xiaomi terus meningkatkan kemampuan softwarenya untuk mengolah hasil tangkapan ponsel menjadi lebih baik lagi. Di MIUI 12, ada salah satu fitur baru yang menurut saya sangat menarik. Yaitu "Magic Clone", atau bisa juga disebut "Multiplicity Photography".  

Pengertian Magic Clone / Multiplicity Photography?

clone mode or multiplicity photography xiaomiintro


clone mode or multiplicity photography xiaomiintro


Magic Clone atau Multiplicity Photography adalah sebuah teknik fotografi yang memungkinkan kita (manusia atau hewan) bisa terlihat beberapa kali dalam posisi yang berbeda beda. Untuk kondisi yang umum, teknik Magic Clone atau Multiplicity Photography biasanya harus mengambil beberapa kali jepretan dan hasil jepretan tadi kemudian diedit sehingga tampak misalnya si A ada lebih dari satu dan sedang melakukan gaya yang berbeda beda. Kini, di aplikasi MIUI Camera yang baru punya fitur Magic Clone atau Multiplicity Photography cukup sekali jepret kita bisa menghasilkan banyak objek tanpa editing. Untuk saat ini ponsel Xiaomi yang membawa fitur ini langsung ada MI 10 Youth Edition 5G.

Fitur Burst Mode

clone mode or multiplicity photography xiaomiintro


Mungkin banyak dari teman teman sudah pada tahu apa arti Burst Mode. Disini pengertian Fitur Burst Mode adalah metode pengambilan gambar secara berulang sehingga akan tercipta sebuah efek mirip dengan efek yang biasanya ada di film film kartun jepang. Selain adanya efek kartun, Fitur Burst Mode akan menampilkan efek berlawanan seperti yang ada di film "Doctor Strange" dan "Upside Down". Efek berlawanan ini menggabungkan Artificial Inteligence dan Augmented Reality secara bersamaan. Sehingga hasilnya tentu akan bernuansa cinematic. Mungkin fitur ini bisa digunakan untuk teman teman yang mempunyai hobi sebagai Vlogger.

Bagi teman teman yang sudah tidak sabar untuk mendapat fitur ini, sepertinya ada dua cara yang bisa dilakukan. Yang pertama membeli produk MI 10 Youth Edition 5G  secara langsung atau menunggu hingga ponsel kita mendapatkan pemberitahuan update OTA. Tetapi saran terbaik dari saya adalah tetap sabar menunggu update OTA saja. Kalau membeli produknya langsung pertama pasti terkena regulasi IMEI jadi harus bayar pajak pembelian diluar negeri, kedua adalah sampainya pasti lama mengingat seluruh dunia sedang menghadapi pandemi. 

Sebagai penutup saya tidak bosan bosan menghimbau kepada teman teman untuk tetap berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Sering sering mencuci tangan dengan sabun agar terhindari dari virus, kuman, dan bakteri, menjaga kondisi tubuh sehat, hindari untuk keluar apabila tidak ada kepentingan yang mendesak, serta hindari kerumunan. Dan terakhir sesuai dengan peraturan pemerintah, hendaknya kita harus menggunakan masker apabila terpaksa keluar rumah ya teman teman supaya tidak terkena denda jika ada razia. Terima Kasih. GBU!



Xiaomi Intro Official
Xiaomi Intro Official Techno Holic

Posting Komentar untuk "Mengenal Fitur Kamera Magic Clone Dan Burst Mode Di MIUI 12"