Xiaomi Punya Desain Ponsel Layar Penuh Dengan Kamera Bawah Layar

Xiaomi Punya Desain Ponsel Layar Penuh Dengan Kamera Bawah Layar

Perkembangan teknologi ponsel sudah tidak diragukan lagi adalah salah satu perkembangan teknologi yang paling cepat mengalami kemajuan. Dimulai dari awal hadirnya Nokia dengan bentuk fisik kecil yang mempunyai layar dan fisik kecil rasanya sudah cukup bagi kita. Selain karena nyaman untuk digenggam, ternyata ponsel dengan bentuk fisik kecil juga sangat pas sekali dikantongi dicelana kita. Di jaman itu ponsel yang ukurannya "Compact" memang menjadi sesuatu hal yang sangat lumrah, sehingga ponsel yang mempunyai ukuran besar terlihat agak aneh.

nokia 7600 en wikipedia xiaomiintro
Gambar dari en.wikipedia.org (keyword: nokia 7600)
Lain dulu lain sekarang, apabila dulu ponsel dengan layar yang Compact menjadi hal yang umum dimiliki dan diidamkan semua orang, kini ponsel dengan layar ukuran kecil sudah mulai ditinggalkan. Pada saat ini, kebutuhan orang untuk menggunakan ponsel berbasis pesan dan telepon saja sudah dirasa kurang. Karena saat ini kebutuhan orang akan ponsel mulai bergeser kepada konten yang bersifat Multimedia. Sehingga agar dapat menikmati konten tersebut dengan nyaman dibutuhkanlah ponsel dengan layar lebar, bahkan beberapa ponsel sudah bisa mengadopsi konsep layar penuh. Salah satu merek tersebut adalah Xiaomi. Xiaomi adalah satu pelopor pembuat ponsel yang membuat layar penuh.  

Di tahun 2020 ini sudah banyak sekali ponsel yang mempunyai layar dengan dimensi 19:6 sampai 19.9. Tetapi jika diingat, ponsel Xiaomi seri MI MIX yang pertama adalah satu satunya ponsel yang sudah menerapkan konsep layar penuh. Dari seri MI MIX generasi pertama inilah beberapa pabrikan ponsel mencoba untuk menerapkan hal serupa di ponsel milik mereka masing masing, tak terkecuali oleh Apple dengan Iphonenya. Iphone mencoba menerapkan layar penuh dengan menyisakan "Notch" sebagai kamera depan dan penempatan sensor. Meskipun hasilnya tidak se "Full Screen" MI MIX, tetapi seri "Iphone X" ini malah menjadi objek yang desain layarnya juga ditiru oleh beberapa merek ponsel lain. 

Membuat sebuh ponsel yang memliki layar luas memanglah tidak mudah, salah satu kendalanya adalah bagaimana para desainer ponsel bisa membuat kamera depan mempunyai ukuran. Sebagai informasi, Iphone X dkk membuat Notch yang cukup lebar sehingga tidak cukup sukses untuk menghadirkan layar penuh seperti MI MIX, Samsungpun juga membuat terobosan baru dengan "Ultra O Screen" nya yang membuat ponselnya masih menyisakan titik di bagian layar depannya. Dan yang terakhir Oppo, Xiaomi, dan Vivo ramai ramai membuat desain "Waterdrop Notch", "Teardrop Notch", "Dewdrop Notch" yang semuanya itu dilakukan agar layar bagian depan mendapatkan ruang yang luas. 

Sebutan teknik desain untuk menyembunyikan kamera mulai dari "Waterdrop Notch", "Teardrop Notch", "Dewdrop Notch", "Ultra O Screen" adalah eranya smartphone jaman sekarang. Tetapi ada satu teknologi yang mungkin akan menjadi jawaban yang paling benar untuk menghadirkan layar penuh. Teknologi tersebut adalah Kamera Bawah Layar atau Under Display Camera. Teknologi ini pertama kali coba didemokan oleh Xiaomi dan Oppo pada tahun lalu (2019). Meskipun demonya berjalan lancar, tetapi kendalanya adalah hasil gambar dari kamera tersebut ternyata biasa saja. Mengapa demikian? Karena pada saat pengambilan gambar, kamera terhalang oleh piksel padat yang ada pada layar utama, sehingga menghalangi cahaya yang masuk.

xiaomi smartphone gizchina xiaomiintro
Gambar dari gizchina.com (keyword: xiaomi under display camera)
Tetapi kabar baik datang dari situs LetsGoDigital. Disebutkan bahwa Xiaomi mempunyai sebuah prototype ponsel yang mempunyai kamera depan bawah layar. Pada prototype ini kamera depan ada dua buah. Yang satu ada di kiri atas, sedangkan yang satu lagi ada ditengah. Teknisnya apabila ponsel ini kameranya aktif, maka area kamera depan menjadi transparan, dan setelah dinonaktifkan area layar yang transparan tadi akan kan terisi dengan piksel layar.

Meskipun ini baru hanya sekedar prototype, tetapi karena hak paten dari desain kamera serta ponselnya telah diajukan, ini menandakan bahwa kedepannya ponsel layar penuh dengan kamera bawah layar akan dirilis oleh Xiaomi. Ketika ponsel ini rilis, saya kira Xiaomi akan memberikan ponsel ini harga yang tidak terlampau mahal, sehingga para pengguna, khususnya MIFans bisa menikmati teknologi terbaru ini dengan harga yang terjangkau. 

Bagaimana pendapat teman teman dari prototype ini? Apakah cukup menarik? Jika teman teman ingin berpendapat mengenai ponsel ini silakan tuliskan dikolom komentar ya. 

Sebagai penutup saya tidak bosan bosan menghimbau kepada teman teman untuk tetap berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Sering sering mencuci tangan dengan sabun agar terhindari dari virus, kuman, dan bakteri, menjaga kondisi tubuh sehat, hindari untuk keluar apabila tidak ada kepentingan yang mendesak, serta hindari kerumunan. Dan terakhir sesuai dengan peraturan pemerintah, hendaknya kita harus menggunakan masker apabila terpaksa keluar rumah ya teman teman supaya tidak terkena denda jika ada razia. Terima Kasih. GBU!

Source: gizchina.com 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Xiaomi Punya Desain Ponsel Layar Penuh Dengan Kamera Bawah Layar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel