Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BIOGRAFI LEI JUN | CEO XIAOMI

Dunia smartphone adalah salah satu pangsa pasar yang cukup besar diseluruh dunia jika dibandingkan dengan beberapa jenis barang elektronik yang lain. Kebutuhan akan smartphone sepertinya sudah menjadi hal yang sangat mendasar dikarenakan dalam menjalani kehidupan sehari hari, smartphone membuat kehidupan kita lebih mudah. Seperti menerapkan pembayaran nontunai, membeli barang tanpa perlu ke toko fisik, bahkan sampai memilih jenis saluran musik dan TV yang sesuai dengan selera kita hanya melalui smartphone.

Di pasar Global sendiri, sudah banyak sekali merek smartphone yang sudah sangat dikenal orang seperti Iphone dan Samsung. Tetapi belakangan kehadiran smartphone asal China mulai diminati banyak orang dikarenakan kualitasnya yang semakin baik dan harganya yang murah. 

Salah satu merek smartphone yang sangat terkenal di Indonesia adalah Xiaomi. Ya, siapa yang tidak tahu Xiaomi. Meskipun bukan pertama yang masuk ke pasar smartphone di Indonesia, Xiaomi memasuki pasar smartphone Indonesia dengan sangat baik. Melalui motonya menjual smartphone berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau, alhasil menjadikan Xiaomi masuk ke dalam lima besar merek ponsel dengan penjualan terbanyak di Indonesia.

Dibalik kesuksesan strategi penjualan tersebut, tentu bagi MI Fans atau orang orang yang cukup menggandrungi mengenai perkembangan dunia teknologi tidak asing dengan "LEI JUN". LEI JUN adalah sosok utama dibalik Xiaomi, ia adalah pendiri sekaligus CEO Xiaomi. 

BIOGRAFI LEI JUN

Sumber gambar: flickr.com

Masa Kecil 

Lei Jun lahir pada tanggal 16 Desember 1969 di daerah Xiantao, Hubei, China (Tiongkok). Sebelum menjadi sukses, ia melalui kehidupan anak anak yang cukup keras. Ia menghabiskan masa kecilnya di daerah industri di daerah Wuhan (China Tengah). 

Ia sangat suka membaca semua buku yang berkaitan dengan Stebe Jobs, mendiang CEO Apple. Dikatakan bahwa dia berangan ingin menjadi seseorang seperti Steve Jobs. 

Pendidikan 

Ia lulus dari sekolah Mianyang pada tahun 1987 dan melanjutkan pendidikannya di Universitas Wuhan sebagai Mahasiswa jurusan Ilmu Komputer. Setelah melalui proses belajar di Universitas tersebut, ia akhirnya lulus sebagai sarjana di bidang Ilmu Komputer.

Karir

Setelah lulus kuliah ia bekerja pada perusahaan software terbesar di China, yaitu Kingsoft pada tahun 1992. Enam tahun kemudian ia berhasil menduduki jabatan sebagai CEO tepatnya pada tahun 2008. Tetapi pada tahun 2007, hal yang cukup mengejutkan terjadi. Ia mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO Kingston dikarenakan alasan kesehatan.

Sesudah Lei Jun mengundurkan diri dari perusahaan Kingsoft, rupanya ia menjadi investor dengan terlibat pada pendanaan lebih dari 20 startup yang ada di China termasuk Vancl.com, UCWeb, dan sosial media YY. Khusus untuk UC WEB, Lei Jun juga menjabat sebagai CEOnya. Kemudian hal tersebut berlanjut kepada investasi kepada perusahaan yang berfokus pada e-commerce, social networking, and industri ponsel.

Di tahun 2000 Lei Jun kembali mendirikan sebuah bisnis baru dalam bentuk toko buku online yang bernama Joyo.com. Seiring perkembangan waktu ternyata toko buku online ini sukses sehingga menarik minat Amazon. Tahun 2004 akhirnya Lei Jun menjual Joyo.com kepada Amazon senilai USD 75 juta.

Pada tahun 2010, inilah awal berdirinya smartphone Xiaomi yang mungkin anda miliki saat ini. Di tahun tersebut ia mendirikan perusahaan Xiaomi, Inc. Perusahaan ini memproduksi smartphone, aplikasi ponsel, dan beberapa kebutuhan elektronik lainnya. 

Di tahun 2011 rupanya ia kembali menjabat sebagai ketua dari perusahaan Kingsoft yang sempat membesarkan namanya tersebut. Lei Jun kemudian ditunjuk sebagai delegasi Kongres Rakyat Nasional pada tahun 2013. Di tahun berikutnya (2014), ia dinobatkan menjadi Businessman of the Year oleh Forbes.

Penghargaan

Kegiatan bisnis yang Lei Jun lakukan ternyata mendapatkan beberapa penghargaan dalam beberapa bidang. Yaitu:

  • Tahun 1998, Lei Jun dinobatkan sebagai profesor kehormatan di Universitas Wuhan, almamaternya, di mana juga ada beasiswa atas namanya.
  • Tahun 2003, Lei Jun diangkat sebagai profesor kehormatan di Institut Teknik Zhengzhou.
  • Tahun 2012, Lei Jun dipilih oleh China Central Television sebagai salah satu dari 10 pemimpin bisnis teratas pada tahun tersebut.
  • Tahun 2013, Lei Jun dinobatkan sebagai salah satu dari 11 pebisnis terkuat di Asia oleh Fortune sekaligus pengusaha paling terkenal oleh BAZAAR Men's Style.
  • Tahun 2014, Lei Jun dinobatkan sebagai Businessman Of The Year oleh Forbes Asia.

Kehidupan pribadi

Lei Jun menikahi seorang wanita yang bernama Zhang Tong. Dari hasil pernikahannya tersebut, ia dikarunia dua orang anak.

Jika kembali pada masa kecilnya, ia punya angan berharap bisa menjadi seseorang seperti Steve Jobs. Dan hingga hari ini angannya pun telah menjadi kenyataan, dengan berbagai gebrakan yang dilakukannya, ia berhasil mengubah China sebagai negara yang cukup diperhitungkan dalam teknologi khususnya dibidang smartphone.

Kini kekayaan dari Lei Jun diperkirakan telah mencapai lebih dari USD 8,5 Miliar dan akan terus bertambah.


Xiaomi Intro Official
Xiaomi Intro Official Techno Holic

Posting Komentar untuk "BIOGRAFI LEI JUN | CEO XIAOMI "