Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nostalgia Yuk, Ini Spek Mi Max 1 Phablet Pertama Xiaomi

Nostalgia Yuk, Ini Spek Mi Max 1 Phablet Pertama Xiaomi - Berbicara mengenai smartphone dari merek Xiaomi menurut kami akan selalu menarik. Hal tersebut dikarenakan awal awal Xiaomi memasuki dunia smartphone Indonesia, Xiaomi memulai dengan strategi yang pada saat itu bisa dikatakan "Tidak Biasa". Dimana pabrikan lain promosi besar besaran, tetapi Xiaomi memilih promosi secara online saja.

Yang dimaksud secara online disini adalah mereka melakukan promosi hanya melalui media sosial dan marketplace yang ada di Indonesia. Dimana strategi tersebut cukup ampuh karena berhasil membuat harga smartphone ini menjadi lebih murah dari rivalnya dikarenakan tidak perlu mengeluarkan biaya promosi yang besar.

Sekitar empat tahun yang lalu, smartphone dan tablet benar benar menjadi smartphone yang sangat laris penjualannya di Indonesia. Tetapi banyak juga konsumen yang menginginkan sebuah smartphone yang sedikit lebih besar tetapi lebih kecil dari sebuah tablet. Melihat kebutuhan pasar inilah produsen penghasil smartphone berhasil membuat sebuah produk yang dinamakan "Phablet" atau Phone Tablet.

Tahun 2016 Xiaomi berhasil merilis Phablet pertamanya untuk pasar global yang diberi nama "Mi Max 1". Phablet pertama Xiaomi ini berhasil mencuri perhatian dari para pecinta phablet. Dimana sesuai dengan slogan Xiaomi dalam menerapkan strategi penjualannya bahwa mereka menjual smartphone dengan spesifikasi tingi tetapi mempunyai harga yang sangat terjangkau.   

Desain Mi Max 1

mi max 1
ilustrasi gambar diambil dari gsmarena.com


Phablet pertama Xiaomi ini mempunyai material solid yang terbuat dari aluminium. Desain aluminium ini semakin terlihat elegan dengan desain bodi belakang phablet ini yang dibuat melengkung pada sisi kanan dan kirinya. Sistem keamanan phablet ini dilengkapi pemindai sidik jari di bagian belakangnya. Pada sisi layar depannya juga sudah dilindungi oleh Gorilla Glass 4 agar terhindar dari goresan.

Karena sebutannya yang Phablet, sudah tentu layarnya mempunyai dimensi yang lebar, yaitu sekitar 173.1 x 88.3 x 7.5 mm atau sekitar 6.44 inci. Karena diproduksi di tahun 2016, phablet ini masih mengusung satu kamera belakang. Untuk keperluan navigasi yang nyaman, Mi Max 1 sudah dilengkapi lampu pada tombol kapasitifnya.

Dapur Pacu Mi Max 1

Di tahun 2016 Qualcomm Snapdragon seri 600an masih menjadi chipset primadona untuk ponsel dengan kategori kelas menengah. Tidak terkecuali Mi Max 1 juga menggunakan Snapdragon 650, dari segi performa sepertinya tidak jauh berbeda dengan Snpdragon 625 yang cukup laris digunakan pada masanya. 

Phablet ini mempunyai dua varian chipset, yaitu ada yang menggunakan Snapdragon 650 untuk versi RAM 3GB dan Snapdragon 652 untuk versi RAM 4GB. Tetapi sekali lagi kami tegaskan bahwa tentu saja performanya tidak akan jauh berbeda. Untuk keperluan grafisnya, Snapdragon 650 menggunakan Adreno 510.

Kamera Mi Max 1

Kamera belakang Mi Max sudah dilengkapi dengan satu kamera dengan resolusi 16MP dengan bukaan lensa f/2.0, serta PDAF. Dual Tone Flash juga sudah disediakan untuk mengambil gambar saat kondisi kurang cahaya. Kamera belakangnya juga sudah bisa merekam video hingga resolusi 4K dengan 30 FPS. 

Kamera depan phablet ini sayangnya hadir dengan resolusi yang menurut kami kecil, dimana hanya beresolusi 5MP saja. Sehingga untuk foto selfie hasilnya biasa saja. Tetapi untungnya untuk perekaman videonya sudah mampu merekam hingga resolusi 1080p dengan 30FPS.

Perangkat komunikasi tambahan

Mi Max 1 menggunakan WiFi versi Wi-Fi 802.11, bluetooth versi 4.2, GPS versi GLON ASS / Versi A. Phablet ini juga mempunyai fitur umum yang wajib ada di smartphone dan tablet lainnya, yaitu FM Radio yang kemungkinan sudah sangat jarang anda gunakan. Untuk keperluan mengecas dan transfer data phablet ini masih menggunakan port USB tipe B. 

Baterai Mi Max 1

Untuk urusan baterai phablet ini mempunyai kapasitas besar pada jamannya, yaitu 4850 mAh yang diklaim mempunyai screen on time hingga 10 jam. Hal yang mungkin menjadi kekurangann dari baterai sebesar ini adalah waktu pengecasannya yang lama karena tidak dibeli dengan charger yang support fast charging. Sehingga membutuhkan waktu 3 jam lebih untuk bisa terisi penuh. 

Kesimpulan

Kehadiran Mi Max 1 di jamannya memang patut disyukuri, berbekal chipset Snapdragon yang dimilikinya membuat phablet ini sangat nyaman digunakan untuk kebutuhan sehari hari bahkan nyaman untuk digunakan untuk bermain game berat, ditambah lagi kapasitas baterainya yang terbilang bongsor yang membuat anda tidak perlu khawatir akan kehabisa baterai dalam pemakaian seharian.

Tetapi karena ini adalah tahun 2020, sepertinya performanya sudah pasti menurun jauh dikarenakan aplikasi sekarang yang besar. Jadi jika anda ingin membeli Mi Max untuk keperluan Daily Driver atau pemakaian gaming sepertinya sudah tidak relevan lagi. Tetapi jika anda ingin mempunyai perangkat cadangan untuk chat atau menonton film, Mi Max  1 ini masih bisa kami rekomendasikan.




Xiaomi Intro Official
Xiaomi Intro Official Techno Holic

Posting Komentar untuk "Nostalgia Yuk, Ini Spek Mi Max 1 Phablet Pertama Xiaomi"