Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Alasan Utama Untuk Membeli Xiaomi POCO M3

Beberapa Alasan Utama Untuk Membeli Xiaomi POCO M3 - POCO lagi POCO lagi... Ya, tampaknya nama dari brand tersebut adalah tersangka utama mengapa beberapa minggu ini para Tech Reviewer Indonesia rama membicarakan smartphone terbaru dari Sub Brand Xiaomi tersebut.

POCO sebenarnya sudah cukup lama malang melintang di dunia per smartphone an di Indonesia. Melalui smartphone POCO perdananya, yakni POCOPHONE F1. POCO seakan menjadi penantang yang patut diperhitungkan dengan embel embel yang melekat padanya. Apalagi kalau bukan "FLAGSHIP KILLER"

Maklum saja. Dijamannya ponsel Flagship yang menggunakan chipset terngebut saat itu, yaitu Qualcomm Snapdragon 845, sudah pasti harga yang ditawarkan sudah pasti mahal. Yaitu sekitar 8 atau 9 jutaan. Tetapi POCOPHONE F1 menjual smartphonenya mulai dari 4 jutaan saja. Emang bener dah, Flagship Killer beneran nih Brand.

Sempat vakum di tahun 2019, nyatanya POCO cukup bagi POCO untuk menyusun strategi bisnis termasuk melepaskan diri dari R&D Xiaomi untuk kemudian secara independen melakukan bisnis sendiri meskipun masih di bawah naungan Xiaomi.

Keputusan tersebut nyatanya dibayar dengan kesuksesan POCO F2 Pro dan POCO X3 NFC di Indonesia. Kedua smartphone ini rupanya mempunyai "Price to performance" yang mantap banget. Sudah tidak diragukan lagi, kembali kedua ponsel di 2 kategori berbeda ini mampu mencuri perhatian pecinta smartphone di tanah air.

Sebagai pembuka tahun 2021, POCO berulah kembali dengan melakukan kejutan di sektor Entry Level. Sektor entry level ini sebenarnya cukup sesak pemainnya. Dikarena semua brand ponsel rata rata mempunyai andalan di kelas Entry Level. Khusus Realme yang menjadi pesaing utama Xiaomi dan Redmi.

Tetapi bukan POCO namanya kalau "Tidack" suka membuat keributan baru. Berbekal rumor dan bocoran mengenai kelas yang dituju oleh POCO, rupanya banyak yang menyadari strategi dari POCO. Mengapa demikian? Karena sekali lagi, POCO selalu memberi kejutan bagi semua pesaingnya.

Pesaing disini adalah semua merek ponsel yang ikut bermain di kelas Entry Level. Bahkan tidak terkecuali adalah Redmi sendiri. Entah apa yang ada di pikiran POCO sehingga bisa merilis sebuah smartphone dengan spesifikasi Tinggi dengan harga yang sangat terjangkau.    

Yuk kita bahas Beberapa Alasan Utama Untuk Membeli Xiaomi POCO M3:

1. Desain, Layar vs Harga

Beberapa Alasan Utama Untuk Membeli Xiaomi POCO M3
Beberapa Alasan Utama Untuk Membeli Xiaomi POCO M3


Banyak dari kalian semua yang sudah mengetahui harga dari POCO M3. Untuk varian terendahnya dihargai Rp 1.799.000. Jika kalian melihat label harganya sih sebenarnya enggak terlalu menarik banget ya, karena Redmi bisa ngasi harga yang lebih baik.

Tetapi kalian akan sedikit kaget dengan harga Rp 1.799.000 saja, kalian sudah bisa mendapatkan layar dengan desain Notch Dot Drop yang mempunyai resolusi Full HD+. Yes, kalian ga salah baca. Dengan harga di bawah 1,8 juta kalian udah bisa bawa ponsel dengan layar Full HD+ yang mana sulit ditemukan di merek lain.

Dengan layar resolusi seperti ini, main game pasti lebih jelas, nonton youtube juga lebih jernih. Dan yang paling penting, buat kalian yang hobi nonton di Netflix, POCO M3 udah support tampilan HD. Jadi udah jelas POCO M3 bisa diandalin buat konten multimedia buat kalian dengan budget di bawah 2 juta.

Nah, buat kalian yang selalu suka ponsel dengan desain yang enggak itu itu aja, kalian pasti dimanjakan dengan desain POCO M3 yang cukup nyentrik. Poncel ini hadir dengan Dual Color yang cukup tegas. Kuning, Biru, dan Hitam. 

Sehingga untuk varian yang warna kuning ini terlihat lebih ngejreng tetapi dengan kesan yang positif. Untuk bagian belakangnya sendiri terbuat dari bahan polikarbonat dengan tekstur mirip kulit yang membuat rasa nyaman digenggam dan terkesan premium. Selain itu ponsel ini akan terasa mirip Among Us bagi kalian yang suka memainkan game ini.

2. Stereo Speaker, Kamera vs Harga

Beberapa Alasan Utama Untuk Membeli Xiaomi POCO M3
Beberapa Alasan Utama Untuk Membeli Xiaomi POCO M3


Seberapa banyak merek ponsel di bawah 2 juta yang menawarkan fitur Stereo Speaker? Sepertinya masih POCO M3 saja deh. Kalau ada, silakan kalian tulis di kolom komentar di bawah ya. Dengan stereo speaker pasti main game dan menikmati konten multimedia pasti lebih nyaman.  Walaupun bukan yang terbaik di kelasnya, minimal suara yang dihasilkan bisa menjadi lebih detail dan jelas.

Punya kamera dengan resolusi besar? Buat apa sih? Emang penting? Well, jika kalian suka menyimpan file foto, file jualan, atau file untuk dicetak dengan ukuran besar, kami pikir sangat penting. 

Karena jika kalian mengambil foto dengan baik / tidak tremor dengan pencahayaan yang pas, kami rasa hasil fotonya tidak akan pecah saat dicetak. Lagi lagi untuk harga di bawah 2 juta kami rasa hal tersebut tidak banyak ditemukan di merek ponsel lain.

3. Baterai, Chipset vs Harga

Beberapa Alasan Utama Untuk Membeli Xiaomi POCO M3
Beberapa Alasan Utama Untuk Membeli Xiaomi POCO M3


Nah, untuk poin yang terakhir ini mungkin banyak dari kalian yang mulai enggak setuju nih. Kenapa? Ya tentu saja sudah ada beberapa merek ponsel yang memberikan baterai 6000 mah, chipset yang sama untuk harga di bawah 2 juta.

Nah, pemikiran kalian memang tidaklah salah. Tetapi jika dipikirkan lebih dalam lagi, chipset Qualcomm Snapdragon ini adalah chipset terbaru dari Qualcomm, meskipun diatas kertas kemampuannya sama dengan Snapdragon 665.

Tetapi karena ini chipset baru, besar kemungkinan untuk kedepannya Snapdragon 662 akan lebih dipilih untuk smartphone baru karena ya lagi lagi karena ini chipset baru.

*Tambahan Lain:

Hal lain yang rupanya menjadi alasan utama untuk membeli POCO M3 adalah untuk varian internal dan RAM masing masing 6GB RAM / 128GB ROM berada di angka Rp 2.199.000 saja. Dengan demikian untuk RAM dan ROM POCO M3 adalah merek paling murah. 

Selain itu ponsel ini sudah terdapat 3 slot dimana masing masing 2 slot untuk kartu GSM dan satu slot lagi untuk kartu penyimpanan eksternal yang support hingga 512 GB. Tentunya jika anda melengkapinya akan menjadi penyimpanan yang sangat lega.

Berikut ini adalah spesifikasi POCO M3 yang bersumber dari halaman Web Xiaomi Indonesia:

ProsesorQualcomm® Snapdragon™ 662

Qualcomm® Kryo™ 260, proses manufaktur 11nm
Frekuensi CPU: Prosesor octa-core, hingga 2,0 GHz
GPU: Adreno™ 610 GPU
AI: Mesin AI Qualcomm® generasi ke-3
Penyimpanan dan RAM
6GB + 128GB
LPDDR4X + UFS 2.2
4GB + 64GB
LPDDR4X + UFS 2.1

*Ruang penyimpanan dan RAM yang tersedia lebih sedikit dari total memori, dikarenakan penyimpanan sistem operasi dan pra-instal software di perangkat.
Kamera Depan13 MP, f/2.0, (wide), 1/3.1", 1.12 m HDR, panorama
Baterai4000 mAh Fast charging 18W
Tampilan6,53" FHD+ Layar Dot Drop

Sertifikasi Cahaya Biru Rendah TÜV Rheinland®
Resolusi: 2340x1080 FHD+
Rasio aspek 19,5:9, 395ppi
Kontras: 1500:1 (typ)
NTSC 70% (typ)
Mendukung Pengaturan temperatur warna | Mode Standar | Mode Baca 2.0
Mendukung mode Sinar matahari
Corning® Gorilla® Glass 3
Baterai dan Pengisian daya6000mAh (typ)*

Port konektor reversibel USB tipe C
Mendukung pengisian daya cepat 18W
Pengisi daya cepat 22,5W di dalam kotak
Kamera Belakang48MP AI Triple kamera

48MP Kamera utama
Ukuran sensor 1/2", f/1.79, lensa 6P, AF,
Ukuran piksel 0,8μm, 1,6μm 4-in-1 Super Piksel
2MP Macro camera
Ukuran piksel 1,75μm, f/2.4, FF
2MP Sensor Depth
Ukuran piksel 1,75μm, f/2.4

Fitur fotografi kamera belakang
Mode Dokumen | Mode Malam | Deteksi suasana AI | Google Lens | AI Beautify | Mode Portrait | Bingkai film | Penyesuaian blur latar belakang mode Portrait | Panorama | Mode RAW |

Fitur video kamera belakang Selang waktu | Video pendek | Video gerak lambat: 120fps |

1080p 1920x1080 pada 30fps 720p 1280x720 pada 30fps
Kamera Depan8MP Kamera depan

Ukuran piksel 1,12μm, f/2.05
Fitur fotografi kamera depan

Selfie timer | Bingkai film | AI Beautify | Filter | Rana Telapak tangan | Mode Portrait AI | Selfie panorama
Fitur video kamera depan

Selang waktu | AI Beautify | Mode Video pendek
Jaringan dan KonektivitasKomunikasi
Mendukung 2+1 slot kartu, nano-SIM + nano-SIM + microSD (hingga 512GB)

Mendukung band jaringan
4G: LTE-FDD: B1/2/3/4/5/7/8/20/28
4G: LTE-TDD: B38/40/41
3G: WCDMA: B1/2/4/5/8
2G: GSM: B2/3/5/8
Jaringan Nirkabel

Mendukung 2,4GHz Wi-Fi/5GHz Wi-Fi
Mendukung Bluetooth 5.0
Mendukung radio FM
DimensiTinggi: 162,3mm
Lebar: 77,3mm
Ketebalan: 9,6mm
Bobot: 198g

*Data disediakan oleh Laboratorium internal. Metode pengukuran industri dapat bervariasi, dan karenanya hasil aktual dapat berbeda.
Navigasi dan PositioningGPS / A-GPS / GLONASS / Beidou / Galileo
KeamananSensor sidik jari yang dipasang di samping
AI Face unlock
AudioSpeaker ganda
Ruang suara setara 0,8cc
3,5mm jack headphone
Pemutaran AudioMendukung format audio seperti MP3, FLAC, APE, DSF, M4A, AAC, OGG, WAV, WMA, AMR, AWB
Pemutaran VideoMP4丨M4V丨MKV丨AVI丨WMV丨WEBM丨3GP丨3G2丨ASF
SensorSensor jarak | Sensor cahaya sekitar | Akselerometer | Kompas elektronik | Motor getaran | IR Blaster
Sistem OperasiMIUI 12 untuk POCO, berbasis Android 10
Isi KotakPOCO M3 / Adaptor / Kabel USB tipe-C / Alat SIM ejektor / Soft case / Panduan pengguna / Kartu garansi

Demikianlah Beberapa Alasan Utama Untuk Membeli Xiaomi POCO M3 yang bisa kami bagikan kepada anda. Semoga artikel ini berguna bagi anda yang sedang dalam pertimbangan untuk membeli sebuah smartphone baru dengan budget di bawah 2 juta dan di bawah 2,3 juta. Terima Kasih.
ADM
ADM Techno Holic

Posting Komentar untuk "Beberapa Alasan Utama Untuk Membeli Xiaomi POCO M3"