Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Xiaomi Luput Masuk Daftar Hitam Amerika Serikat

Xiaomi Luput Masuk Daftar Hitam Amerika Serikat

Xiaomi Luput Masuk Daftar Hitam Amerika Serikat
Xiaomi Luput Masuk Daftar Hitam Amerika Serikat



Xiaomi Luput Masuk Daftar Hitam Amerika Serikat -  Setelah Sempat dalam masa yang mengkhawatirkan beberapa waktu yang lalu, kini Xiaomi bisa sedikit bernapas lega. Ya, semua orang tahu bahwa Xiaomi sempat masuk daftar hitam pemerintah Amerika Serikat. 

Tetapi kini Amerika Serikat sudah mengeluarkan Xiaomi dari daftar hitam mereka dan menganulir keputusan yang dibentuk oleh mantan presiden Donald Trump.

Keputusan yang dibentuk pada minggu - minggu terakhir kepemimpinan Trump itu melarang warga AS untuk berinvestasi ke Xiaomi. Alasannya merupakan Xiaomi dianggap perusahaan yang punya relasi dengan militer komunis China dan bersama  sembilan perusahaan China lain.

Xiaomi lalu menggugat keputusan AS tersebut, dan gugatannya itu dikabulkan oleh hakim Rudolph Contreras di US District Court for the District of Columbia, yang mengeluarkan perintah untuk membatalkan pemblokiran tersebut. Hakim sendiri menyebut keputusan AS itu otoriter dan tidak terduga.

Kini Xiaomi dan Kementerian Pertahanan AS mengeluarkan pernyataan bareng yang menyebut kedua pihak telah menyepakati untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Xiaomi pun sebelumnya telah pernah memastikan jikalau mereka bukanlah perusahaan yang dimiliki ataupun dikelola oleh militer China, dan juga bukan perusahaan militer komunis China.

Sebelumnya, Wall Street Journal melaporkan argumentasi sesungguhnya di balik pencekalan Xiaomi. Ada dokumen menyampaikan Xiaomi dicekal sebab penghargaan yang diterima pendirinya Lei Jun oleh Kementerian Industri dan Informasi Teknologi China (MIIT).

Kementerian Pertahanan AS menyampaikan MIIT merupakan tubuh pemerintah yang mengontrol 'fusi sipil-militer' China. Di bawah kegiatan ini, China melakukan pekerjaan sama dengan bisnis swasta untuk bikin teknologi yang sanggup digunakan oleh militer. Xiaomi pun kena getahnya.

Meski sama-sama masuk daftar hitam, nasib Xiaomi ini berlainan dengan Huawei. Pasalnya Huawei betul-betul tidak boleh melakukan pekerjaan sama dan menggunakan teknologi asal Amerika Serikat, sementara Xiaomi (saat masih diblokir) cuma tidak boleh menemukan investasi dari perusahaan asal AS.

Sumber detik.com
ADM
ADM Techno Holic

Posting Komentar untuk "Xiaomi Luput Masuk Daftar Hitam Amerika Serikat"

close