Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apple Music Lossless Dan Spatial Audio Sudah Datang Di Android

Apple Music Lossless Dan Spatial Audio Sudah Datang Di Android

Apple Music Lossless Dan Spatial Audio Sudah Datang Di Android - Sudah tidak bisa diragukan lagi bahwa ponsel yang merupakan karya Steve Jobs dan Steve Wozniak ini adalah kiblat utama dari berbagai merek produsen ponsel yang ada di seluruh dunia. 

Hal tersebut terbukti dari apa yang ada di Apple dari seri Iphone dicoba untuk dihadirkan pada smartphone Android. Mulai dari desainnya yang mencoba untuk ikut - ikutan elegan, desain mengikuti X series yang memiliki notch sampai fitur lain seperti Apple Music dan Spatial Audio.


Apple Music Lossless Dan Spatial Audio Sudah Datang Di Android
Apple Music Lossless Dan Spatial Audio Sudah Datang Di Android


Apple Music Lossless Dan Spatial Audio

Tren meniru apa yang menjadi kelebihan dari Apple sepertinya terdengar kurang baik, dikarenakan kesannya hanya copas ide yang sudah ada. Tetapi sebenarnya tidak demikian, karena jika meniru sesuatu hal yang baik, pada akhirnya konsumenlah yang diuntungkan akan hal ini.

Apple Music
Ilustrasi Apple Music. Foto: dok Apple

Minggu kemudian Apple mendatangkan fitur anyar untuk Apple Music, yakni Lossless Audio dan Dolby Atmos/Spatial Audio. Kini fitur tersebut mulai tersedia untuk Apple Music di Android.

Pada awalnya, fitur teranyar Apple tersebut cuma tersedia untuk Apple Music di perangkat Mac, iOS, dan iPadOS. Namun sekarang hasilnya fitur tersebut tersedia di Android, meski cuma tersedia untuk pengguna yang menjadi Beta Tester.

Tak cuma Lossless Audio dan Spatial Audio, Apple Music di Android juga memperoleh fitur automatic crossfade dan beberapa fitur lainnya.

Selain hanya terbuka untuk pengguna yang mendaftar menjadi beta tester, fitur Spatial Audio/Dolby Atmos juga cuma mendukung perangkat yang kompatibel dengan fitur tersebut.

Setelah aplikasinya diperbaharui menjadi model v.3.6, pengguna akan mendapatkan pengaturan tambahan, menyerupai pengaturan fitur audio yang terbagi menjadi empat opsi, yaitu:

  • High Efficiency: AAC with low data usage [Cellular only]
  • High Quality: AAC 256 kbps
  • Lossless: ALAC up to 24-bit/48kHz
  • High-Resolution Lossless: ALAC up to 24-bit/192kHz

Perlu diingat, format lossless ini memerlukan koneksi internet yang kencang dan juga storage yang besar. Apple menyebut lagu berdurasi 3 menit di 24bit/192kHz ukurannya meraih 145MB, sementara di 24bit/48kHz ukurannya 36MB.

Apple Music Lossless Dan Spatial Audio

Oh ya, untuk pilihan Hi-Resolution Lossless, dibutuhkan digital to analog converter (DAC) eksternal yang sanggup mengolah file dengan mutu menyerupai itu. Atau sanggup juga dilaksanakan melalui perangkat Android yang sudah sanggup mengolah file sebesar itu, menyerupai misalnya jajaran HP flagship LG di seri G dan V.

Atau alternatifnya adalah digital audio player (DAP) yang menggunakan Android selaku metode operasinya.

Untuk gelombang awal, ada 20 juta lagu yang tersedia atau kompatibel untuk fitur lossless ini. Apple menargetkan semua lagu di Apple Music yang jumlahnya lebih dari 75 juta lagu bakal mempunyai fitur lossless pada akhir 2021.

Sumber detik.com
ADM
ADM Techno Holic

Posting Komentar untuk "Apple Music Lossless Dan Spatial Audio Sudah Datang Di Android"