Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukan Mimpi, Windows 11 Bisa Jalankan Aplikasi Android!

Bukan Mimpi, Windows 11 Bisa Jalankan Aplikasi Android!

Bukan Mimpi, Windows 11 Bisa Jalankan Aplikasi Android - Sebagai mantan pengguna Windows Phone atau Windows Mobile, mendengar Windows 11 bisa jalankan aplikasi Android membuat kami senang sekaligus sedih.

Senangnya adalah ketika Sistem Operasi yang sehari - hari kita pakai untuk berbagai kegiatan kini sudah bisa menjalankan aplikasi Android dimana tentu Android adalah aplikasi yang lebih banyak berbasis mobile.

Bukan Mimpi, Windows 11 Bisa Jalankan Aplikasi Android!
Bukan Mimpi, Windows 11 Bisa Jalankan Aplikasi Android!


Bukan Mimpi, Windows 11 Bisa Jalankan Aplikasi Android!

Sedangkan bagian sedihnya adalah, dahulu Sistem Operasi berusaha mati - matian agar aplikasi mobile banyak tersedia di Microsoft Store versi Mobilenya. Jadi kami dulu sempat akan membayangkan bahwa Windows Mobile akan bisa menyaingi iOS milik Iphone atau Apple.

Windows 11
Foto: dok Microsoft

Salah satu fitur gres dari Windows 11 adalah kemampuannya mengerjakan aplikasi Android secara native, alias tanpa pemanis emulator. Menarik!

Aplikasi Android ini bisa diunduh melalui Amazon Appstore yang dapat didownload melalui Windows Store gres yang terintegrasi di Windows 11. Lalu Amazon Appstore ini juga bisa di-pin di taskbar layaknya aplikasi Windows lainnya.

Untuk mendukung penggunaan aplikasi Android ini Microsoft melakukan pekerjaan sama dengan Intel untuk menggunakan teknologi Intel Bridge, meski sebenarnya aplikasi Android ini juga bakal berlangsung di metode dengan prosesor AMD ataupun prosesor berbasis ARM.

Fitur gres ini tentulah respon Microsoft atas fitur macOS di Mac M1 yang dapat mengerjakan aplikasi iOS. Dalam demo produknya, Microsoft menginformasikan kesanggupan Windows 11 dalam mengerjakan aplikasi TikTok.

Mereka pun menginformasikan sejumlah aplikasi lain yang timbul di Windows Store, menyerupai Ring, Yahoo, Uber, dan lainnya. Sayangnya belum dikenali berapa banyak perangkat yang ada di pasaran yang mendukung fitur ini, alasannya Microsoft pun masih menggarap teknologi Intel Bridge yang diperlukan untuk mengerjakan aplikasi Android di Windows 11.

Bukan Mimpi, Windows 11 Bisa Jalankan Aplikasi Android!

"Intel menilai pentingnya menampilkan kesanggupan ini ke semua platform x86 dan merancang teknologi Intel Bridge untuk mendukung semua platform x86 (termasuk platform AMD)," ujar juru bicara Intel.

Microsoft pun lalu mendukung pernyataan Intel ini dengan menyebut semua platform Windows 11 akan mendukung penggunaan aplikasi Android, apa pun prosesornya, tergolong ARM.

Menurut Intel, teknologi Bridge yakni suatu run-time post compiler yang dapat menerjemahkan aplikasi yang dibentuk untuk platform selain x86, dalam masalah ini Android, menjadi arahan x86 yang dipahami oleh prosesor Intel ataupun AMD.

Untuk perangkat berbasis ARM, langkah terjemahan itu pasti tak dibutuhkan, sehingga tak diperlukan kehadiran teknologi Intel Bridge. Namun Microsoft belum menerangkan fitur ini lebih lanjut.

Sebagai informasi, ketika ini aplikasi Android sebenarnya bisa ditangani di Windows, yakni melalui bermacam aktivitas emulator yang ada. Seperti Bluestacks, Nox, dan sejenisnya. Namun aplikasi tersebut berlangsung dalam suatu mesin virtual di atas Windows, bukan eksklusif ditangani di dalam Windows.

Sumber detik.com
ADM
ADM Techno Holic

Posting Komentar untuk "Bukan Mimpi, Windows 11 Bisa Jalankan Aplikasi Android!"