Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Qualcomm Punya Strategi Khusus Untuk Tantang Apple M1

Qualcomm Punya Strategi Khusus Untuk Tantang Apple M1
Qualcomm Punya Strategi Khusus Untuk Tantang Apple M1



Selama ini kita ketahui bersama bahwa Qualcomm ada perusahaan yang memproduksi chipset untuk smartphone. Bahkan bisa jadi hp yang kita gunakan sekarang, dapur pacunya adalah produksi dari Qualcomm. 

Tetapi untuk meramaikan industri chipset Qualcomm berencana untuk memproduksi prosesor yang bisa digunakan untuk laptop. Jika dilihat dari idenya, rupanya Qualcomm memiliki misi yang sangat ambisius. 

Keambisiusannya tersebut tercermin dalam rencana yang akan dilakukan perusahaannya untuk mempersiapkan strategi khusus agar dapat bersaing dengan chipet Apple M1. CEO Qualcomm sesumbar sanggup mengalahkan prosesor andalan Apple untuk laptop tersebut.

Qualcomm Punya Strategi Khusus Untuk Tantang Apple M1

Dilansir Reuters, Minggu (4/7/2021) Amon percaya Qualcomm sanggup menghasilkan prosesor terbaik di dunia, yakni dengan merancang chip yang lebih baik dari Apple M1. Strategi khusus yang dimaksud Amon untuk sanggup mengalahkan Apple itu merupakan Nuvia, yang mereka akuisisi senilai USD 1,4 miliar.

Tepatnya merupakan sosok di balik Nuvia, yang diresmikan oleh tiga orang mantan engineer Apple yang spesialiasinya merupakan merancang chip dan memang terlibat dalam proses rancangan system on a chip (SoC) seri A milik Apple.

Ketiga pendiri Nuvia ini sekarang bergabung dengan Qualcomm, dan berkonsentrasi dalam menyebarkan chip untuk komputer kelas consumer. Meski Qualcomm pun tak menampik kemungkinan untuk memperoleh lisensi chip untuk data center.

Kehadiran tiga orang tersebut menghasilkan Qualcomm percaya sanggup merilis chip ARM untuk laptop mulai 2022 mendatang, yakni chip yang menggunakan rancangan dari Nuvia.


Tak hanya itu, Amon juga percaya jikalau pengalaman Qualcomm dalam menghasilkan modem 5G dan prosesor untuk ponsel bakal menampilkan pengalaman pengguna yang lebih baik untuk laptop, salah satunya dengan menampilkan konektivitas 5G di chip untuk laptop.

Koneksi 5G, ataupun koneksi seluler lain, memang tidak ditangani Apple di jajaran Mac dengan chip M1. Namun jangan lupa, mereka punya iPad Pro dengan chip M1 yang punya koneksi 5G.

Tampaknya Qualcomm ingin mengembangkan dominasinya di ranah chip dari sekadar chip untuk ponsel menjadi chip untuk laptop. Namun langkah ini pasti butuh banyak kerja keras embel-embel dari Qualcomm.

Microsoft memang menggunakan chip bikinan Qualcomm di Surface Pro X, yang dipamerkan di program peluncuran Windows 11. Namun sejauh ini laptop dengan chip Qualcomm jumlahnya masih sungguh sedikit dan masih dikuasai oleh Intel dan AMD.

Intel pun tak akan tinggal membisu atas langkah Qualcomm ini. Mereka tengah mempersiapkan CPU hybrid layaknya chip ARM. Yaitu prosesor yang menggunakan variasi core kencang dengan core irit daya untuk mengembangkan tampilan serta efisiensi prosesornya.

Melihat dari keinginan yang kuat dari bos Qualcomm, sepertinya menarik untuk ditunggu akan ada pertarungan 3 produsen chipset yang akan berusaha bersaing untuk kelas laptop. Tentunya sebagai konsumen kita tinggal melihat mana yang terbaik dari sisi kualitas dan harga saja.

Link Pembelian Apple Watch Series 3 di Shopee Mall iBox Official: https://shp.ee/i7v8zxm

Link Pembelian iPhone XR 128GB di Shopee Mall iBox Official: https://shp.ee/s386949

Sumber detik.com

ADM
ADM Techno Holic

Posting Komentar untuk "Qualcomm Punya Strategi Khusus Untuk Tantang Apple M1"

close