Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Urutan Chipset Terbaik 2021 Simak Sebelum Beli Ponsel Baru

Urutan Chipset Terbaik 2021 - Bagi anda yang mendambakan performa dari sebuah ponsel, tentunya kalian bisa mempertimbangkan membeli hp dari segi chipset. Karena dengan performa chipset yang tinggi, maka sudah pasti mampu menjawab kebutuhan harian akan penggunaan ponsel sehari hari.

Untungnya saat ini, sudah begitu banyak produsen ponsel maupun lokal atau luar negeri yang memberikan banyak pilihan ponsel dengan jenis chipset sesuai kebutuhan dan budget. Tentunya semakin banyaknya pilihan yang diberikan, kita sebagai konsumen justr semakin banyak pilihan ponsel yang berkualitas.

Nah, jika sedang mempunyai rencana untuk membeli sebuah smartphone baru, ada banyak membaca Urutan Chipset Terbaik 2021. Karena meskipun banyak faktor yang mempengaruhi kinerja sebuah hp, tetapi nyatanya chipset masih menjadi salah faktor utama seseorang membeli sebuah ponsel.

Urutan Chipset Terbaik 2021, Simak Sebelum Beli Ponsel Baru

Urutan Chipset Terbaik 2021 Simak Sebelum Beli Ponsel Baru
Urutan Chipset Terbaik 2021 Simak Sebelum Beli Ponsel Baru


Baiklah kawan - kawan, marilah kita membahas rekomendasi chipset yang bisa kami berikan sebagai referensi anda dalam memutuskan membeli sebuah hp baru. Berikut ini ulasannya: 

1. A14 Bionic Buatan Apple

Bagi anda yang sudah lama berada dalam ekosistem Apple, kami rasa anda sudah tahu bahwa A14 Bionic Apple ini adalah chipset buat Apple untuk perangkat iPhone dan iPad. Chipset ini menggunakan teknologi fabrikasi 5 nanometer (nm). Dengan teknologi canggih tersebut, maka terdapat 11,8 miliar transistor di dalam sebuah chipset. 

Jika anda adalah seorang Apple Fanboy, anda bisa membeli salah satu dari iPhone 12 series. Tetapi jika anda adalah seorang pengguna Sistem Operasi Android dan ingin mencoba Siste Operasi iOS, maka anda bisa membeli iPhone 12 series atau iPad Air. 

2. Snapdragon 888 Buatan Qualcomm

Tidak banyak yang bisa dibahas mengenai chipset buatan Qualcomm yang satu ini. Mengapa demikian? Tentu saja chipset ini adalah proses paling kencang dan terbaik untuk Sistem Operasi Android saat ini. Telah banyak merek ponsel yang menggunakan chipset ini, mulai Oppo, Vivo hingga Xiaomi.

Chipset ini sudah "5G Ready". Sehingga sudah dipastikan ponsel yang menggunakan chipset ini akan memiliki support untuk jaringan 5G. Jika kalian ingin mencoba bagaimana kencangnya prosesor ini, anda bisa membeli Xiaomi Mi 11 series. 

3. Exynos 2100 Buatan Samsung

Exynos menempat posisi ketiga dalam Urutan Chipset Terbaik 2021. Meskipun memasuki peringkat ketiga, tetapi kemampuan chipset buatan Samsung ini sangatlah tinggi. Chipset ini dipakas hp Samsung pada keluarga S21 series yang merupakan seri ponsel Flagshipnya Samsung.

Sama seperti 2 chipset garang yang sudah disebutkan pada bagian sebelumnya, rupanya Exynos 2100 ini sudah support jaringan 5G di Indonesia. Hal yang menarik dari chipset ini adalah, Samsung S21 series mampu mengambail foto dengan resolusi 200MP.

4. A13 Bionic Buatan Apple

Masih membahas chipset buatan Apple, lagi - lagi prosesor buatan Apple ini masih masuk jadi salah satu Urutan Chipset Terbaik 2021. A13 Bionic ini dibuat dengan teknologi 7 nanometer (nm). Dengan teknologi secanggih itu, maka terdapat 8,5 miliar transistor di dalam chipset ini.

Ada banyak pilihan jika anda ingin memiliki sebuah ponsel iPhone yang diotaki A13 Bionic. Diantaranya adalah, iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. Ponsel iPhone SE 2020. Tentu saja anda bisa mendapatkan ponsel yang jauh lebih hemat daripada iPhone 12 series ya.

5. Kirin 9000 Buatan Huawei

Huawei adalah salah ponsel asal Cina yang juga mampu memproduksi chipset sendiri seperti Apple dan Samsung. Chipset Kirin 9000 buatan Huawei ini masih dibuat dengan teknologi fabrikasi 5 nanometer (nm). Tetapi sangat disayangkan pembuatannya sangat terbatas karena masih bermasalah dengan pihak Amerika Serikat.

Meskipun demikian, chipset ini mempunyai inti 8 core yang terbagi dalam 3 bagian utama. Yaitu tiga core ARM Cortex-A77 2,54 GHz, satu core Cortex-A77 3,13GHz dan empat core Cortex-A55 2,04 GHz. Ponsel Huawei yang sudah menggunakan chipset ini adalah Huawei Mate 40 Pro dan Huawei Mate 40 Pro+.

6. Snapdragon 870 Buatan Qualcomm

Chipset yang satu ini sangat layak berada dalam Urutan Chipset Terbaik 2021 untuk ponsel High End. Karena masih menggunakan seri 8 di angka depannya, performanya tentu masih mendekati ponsel Flagship.

Apabila anda bukan pengguna ponsel yang tidak membutuhkan pemakaian untuk grafis untuk game berat, anda bisa membeli ponsel dengan menggunakan chipset ini. Yang sudah menggunakan Snapdragon 870 diantaranya adalah Black Shark 4, Vivo X60, Poco F3 dan Vivo X60 Pro.

7. Exynos 1080 Buatan Samsung

Mungkin sebagian dari anda tidak banyak yang tahu bahwa vivo X60 dan X60 Pro versi China menggunakan chipset buatan Samsung ini. Kedua ponsel ini di Indonesia mendapatkan sambutan yang cukup positif. Sehingga sudah pasti untuk versi Exynosnya kemampuan prosesor ini juga tidak berbeda jauh.

Exynos 1080 ini dibuat dengan menggunakan teknologi fabrikasi 5 nanometer (nm). Prosesor ini menggunakan 4 Core yang terbagi 3 bagian, yaitu Cortex-A78 2,8 GHz, Cortex-A78 2,6 GHz dan Cortex-A55 2,00 GHz. Chipset ini juga sudah support RAM LPDDR5/LPDDR4x dan storage UFS versi 3.1.

8. Dimensity 1200 Buatan Mediatek

Dimensity 1200 adalah chipset terbaru buatan Mediatek yang layak untuk masuk ke Urutan Chipset Terbaik 2021. Chipset ini diperkenalkan berbarengan dengan Dimensity 1100 yang bisa dibilang punya kemampuan yang tidak jauh berbeda.

Hal yang cukup unik dari chipset ini adalah Mediatek mengklaim kemampuan chipset ini dalam memproses foto dan video lebih baik dari pada iPhone 12 series. Dimensity 1200 sudah digunakan di Redmi K40 Gaming dan realme GT Neo Flash.

9. Snapdragon 865+ Buatan Qualcomm

Semua chipset yang diawali dengan angka 8 di depannya sudah pasti memiliki performa yang ngebut. Tak terkecuali chipset Snapdragon 865+ ini. Prosesor ini mempunyai kemampuan dengan clock speed dan pengolah grafis yang tinggi pula.

Buat anda yang suka bermain game, chipset ini mampu memberikan pengalaman bermain game dengan refresh rate 144 fps. Tersedia pula fitur True 10-bit HDR gaming. Dengan kemampuan yang sengaja dibuat untuk gaming ini, anda bisa membeli ASUS ROG III untuk mengetes performa gamingnya.

10. Dimensity 1100 Buatan Mediatek

Dimensity 1100 merupakan prosesor versi yang punya performa sebelas duabelas dengan Dimensity 1200. Perbedaannya hanya pada angka benchmarknya saja dan sudah pasti perbedaan angkanya sebenarnya tidak terlalu besar.

Dimensity 1100 dibuat dengan teknologi fabrikasi 6 nanometer (nm). Chipset hanya punya 2 bagian kluster saja, yakni 4x Core Cortex-A78 yang berjalan di 2,6GHz dan 4x Core Cortex A55 2.0 GHz. Untuk pengolah grafis terdapat ARM Mali-G77 MC9.

11. Dimensity 700 Buatan Mediatek

Chipset ini kami masukkan ke dalam Urutan Chipset Terbaik 2021 adalah karena sudah support untuk jaringan 5G dan tentu saja bisa anda dapatkan dengan harga terjangkau. Ponsel yang sudah menggunakan chipset ini adalah Poco M3 Pro dan Redmi Note 10 5G.

Demikian informasi Urutan Chipset Terbaik 2021 yang bisa kami bagikan kepada anda. Semoga dengan membaca artikel ini, anda bisa menentukan smartphone mana yang cocok untuk anda ke depannya. Terima Kasih karena sudah meluangkan waktu membaca artikel ini.


ADM
ADM Techno Holic

Posting Komentar untuk "Urutan Chipset Terbaik 2021 Simak Sebelum Beli Ponsel Baru"

close