Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbandingan Galaxy Z Fold 3 Dan Z Fold 2, Perlu Ganti Secepatnya?

Perbandingan Galaxy Z Fold 3 Dan Z Fold 2, Perlu Ganti Secepatnya?
Perbandingan Galaxy Z Fold 3 Dan Z Fold 2, Perlu Ganti Secepatnya?

Samsung Galaxy Z Fold 3 sudah dijual secara global dan handphone layar lipat ini sudah bisa dipesan di Indonesia. Sebagai suksesor ada sejumlah kenaikan yang diberikan, namun apakah pengguna Galaxy Z Fold 2 perlu upgrade?

Perbandingan Galaxy Z Fold 3 Dan Z Fold 2, Perlu Ganti Secepatnya?

Kami coba memberikan perbandingan antara Galaxy Z Fold 3 dengan Z Fold 2. Sehingga bisa jadi pertimbangan apakah perlu upgrade ke model terbaru.

Ada beberapa faktor yang dibandingkan, mulai dari tampilan, performa sampai fitur barunya. 

Desain

galaxy z fold 3Galaxy Z Fold 2 dan 3 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Tidak ada perbedaan signifikan desain Galaxy Z Fold 3 dan Fold 2. Tapi jika diperhatikan seksama ada pergeseran yang dilaksanakan Samsung pada ponsel layar lipatnya.

Frame pinggirannya dibentuk flat, modul kameranya pun dibentuk lebih ramping dari Fold 2. Samsung menghasilkan bodi Fold 3 lebih selsai 1 mm dengan bobot lebih ringan 11 gram, sehingga lebih tenteram dibanding sebelumnya.

Meski lebih ringan, Fold 3 diklaim punya durabilitas yang lebih tangguh. Samsung menyampaikan bodi ponsel ini menggunakan Armor Aluminum modern yang disebut-sebut terkuat yang pernah digunakan. Selain itu bab luarnya dilapisi Corning Gorilla Glass Victus.

Sistem engselnya pun mengalami peningkatan. Konon, metode engsel sudah diperketat dan ditingkatkan, bahannya lebih keras dan toleransinya lebih tinggi.

galaxy z fold 3galaxy z fold 3 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Namun yang menghasilkan Fold 3 punya keistimewaan mutlak merupakan ketahanan kepada air. Dan ini akan menjadi balasan bagi mereka yang masih sangsi mengadopsi ponsel layar lipat alasannya merupakan ketahanannya utamanya dari air.

Fold 3 hadir dengan lebih banyak pilihan dari sebelumnya. Ada pilihan Phantom Black, Phantom Silver dan Phantom Green yang banyak diminati.

Layar

Samsung Galaxy Z Fold 2 hadir dengan layar 6,23 inch di bab depan dengan resolusi 2260 x 816 pixel dan refresh rate 60Hz. Sementara layar utamanya berskala 7,6 inci Dynamic AMOLED 2X dengan resolusi 2208 x 1768 piksel, mendukung HDR10+ dan refresh rate 120Hz.

Ukuran layar Z Fold 3 masih sama, cuma Samsung melakukan kenaikan layar depan dengan menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X dengan refresh rate 120 Hz. Selain itu layar utamanya diberikan lapisan gres yang disebut-sebut lebih mempunyai efek 80%.

Karean itu pula Z Fold 3 menampilkan tunjangan S Pen. Namun stylus ini tidak terpasang di body ponsel layaknya seri Note, pun begitu sensasinya masih sama menyerupai menulis di atas kertas sungguhan.

Galaxy z fold 3Galaxy z fold 3 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Kamera

Tidak ada perbedaan ukuran serta komposisi dari kamera depan dan belakang. Tiga kamera di bab belakang Fold 3 yang masing-masing berskala 12 MP, sementara kamera depan 10 MP.

Samsung menurunkan kamera di layar utamanya, dari sebelumnya berskala 10 MP menjadi 4 MP. Walau begitu Fold 3 menenteng teknologi baru, yaitu kamera di bawah layar.

Adanya teknologi ini menghasilkan layar utama menjadi lebih bersih. Konten jadi lebih yummy dirasakan tanpa terhalang punch hole kamera.

Performa

Samsung sudah menggunakan Snapdragon 888 di Fold 3, penerus Snapdragon 865 Plus yang dipakai di Fold 2. Kedua ponsel sama-sama dibekali RAM 12GB dan penyimpanan 256GB dan 512 GB.

Kalau di atas kertas pastinya performa Fold 3 lebih unggul.

galaxy z fold 3galaxy z fold 3 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Baterai

Fold 3 bekerjsama mempunyai baterai yang sedikit lebih kecil dari pendahulunya. Namun chipset Snapdragon 888 menampilkan efisien yang lebih baik sehingga sanggup mengimbangi perbedaan ini.

Tapi memang kita mesti membandingkan keduanya untuk menyaksikan apakah ada perbedaan nyata.

Fold 3 mempunyai baterai 4.400mAh, sedangkan Fold 2 mengemas baterai 4.500mAh. Keduanya masih disokong pengisian cepat 25W.

Fitur

Samsung melakukan kenaikan kesanggupan produktivitas di Fold 3 dari pendahulunya. Kini terdapat task kafe yang membuat lebih mudah pengguna untuk melakukan multitasking.

Galaxy Z Fold 3Galaxy Z Fold 3 Foto: Samsung

Layaknya Galaxy Note, pengguna Fold 3 sanggup melakukan corat-coret meski layar tidak dalam keadaan aktif. Selain itu ada Samsung Note yang sanggup menolong pengguna mencatat sembari melakukan video call di ponsel ini, asiknya lagi ditawarkan fitur yang sanggup mengkonversi goresan pena menjadi teks.

Kedua ponsel layar lipat ini punya speaker stereo, tetapi Galaxy Z Fold 3 diberikan fitur Dolby Atmos yang memaksimalkan kenikmatan menonton konten di dalamnya.

Kesimpulan

Masih terlalu dini memang menganggap Galaxy Z Fold 3 lebih baik dari pendahulunya sebelum melakukan pengujian secara menyeluruh. Tapi perbandingan di atas tak bisa menampik bahwa penerus Galaxy Z Fold 2 jauh unggul.

Ada tiga argumentasi mempunyai efek untuk pengguna Fold 2 melakukan upgrade ke generasi terbaru. Pertama Fold 3 punya durabilitas yang lebih baik.

Tidak saja alasannya merupakan material yang dipakai lebih kuat, ponsel ini dibentuk tahan air. Was-was berkurang, pengguna sanggup membawanya ke mana pun.

galaxy z fold 3galaxy z fold 3 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Kedua, Fold 3 sudah mendukung S Pen. Ini akan menolong memajukan produktivitas pengguna.

Adapun argumentasi ketiga merupakan harga. Samsung membanderol lebih dekat daripada sebelumnya, padahal secara spesifikasi dan fitur jauh lebih menarik.

Sekadar informasi Galaxy Z Fold 3 dijual mulai dari Rp 25 juta di Indonesia. Ingin segera ganti secepatnya?

Sumber detik.com


ADM
ADM Techno Holic

Posting Komentar untuk "Perbandingan Galaxy Z Fold 3 Dan Z Fold 2, Perlu Ganti Secepatnya?"

close