Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukan Qualcomm, Mediatek Jadi Penyedia Chipset Ponsel Terbesar

MediaTek diketahui telah menjadi vendor penyedia chipset ponsel paling besar dengan pangsa pasar 31% pada kuartal ketiga tahun 2020. Pencapaian ini terjadi saat pemasaran smartphone mengalami peningkatan dua kali lipat selama kuartal tersebut.

Mediatek Jadi Penyedia Chipset Ponsel Terbesar

Mediatek Jadi Penyedia Chipset Ponsel Terbesar


Data Counterpoint Research menyebutkan, kinerja produksi chipset MediaTek berada di kisaran harga USD 100-250. Pertumbuhan chipset di market strategis seperti China dan India membantunya menjadi vendor chipset ponsel paling besar selama kuartal ketiga.

Selain MediaTek ada Qualcomm yang menjadi vendor chipset 5G paling besar pada kuartal ketiga tahun 2020. Qualcomm mendominasi 39% dari ponsel 5G yang dijual di seluruh dunia.

Counterpoint Research juga menyebutkan, pemasaran ponsel pandai 5G meningkat dua kali lipat selama kuartal tersebut, sehingga berkontribusi 17% dari semua ponsel pandai yang terjual.

Dengan meluncurnya jajaran perangkat 5G milik Apple, pemasaran ponsel pandai 5G akan terus bertambah pada kuartal keempat tahun 2020. Diperkirakan sepertiga dari semua ponsel pandai yang dikapalkan, akan mendukung 5G.

"Pangsa chipset MediaTek di Xiaomi sudah meningkat lebih dari tiga kali lipat sejak periode yang serupa tahun lalu," kata Research Director Counterpoint Dale Gai mengutip dari Slashdot.

Dikatakannya, MediaTek juga sanggup mempergunakan celah pasar yang tercipta alasannya merupakan adanya larangan AS kepada Huawei. Chip MediaTek yang terjangkau yang dibentuk oleh TSMC, menjadi pilihan pertama bagi banyak OEM untuk dengan segera mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Huawei.

"Huawei juga sebelumnya sudah berbelanja produk chipset dalam jumlah besar sebelum kebijakan pelarangan tersebut terjadi".

Sumber detik.com
ADM
ADM Techno Holic

Posting Komentar untuk "Bukan Qualcomm, Mediatek Jadi Penyedia Chipset Ponsel Terbesar"