Tips Aman Browsing di HP Android

Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon Maaf Lahir Batin.

Halo teman teman blogger, di hari yang berbahagia ini ijinkan Xiaomiintro untuk mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Mohon Maaf Lahir Batin". Kiranya di hari yang penuh kemenangan ini Tuhan selalu melimpahkan limpahan kebahagiaan dan kedamaian bagi kita semua.

Bagi beberapa orang, handphone adalah sebuah barang yang sangat penting. Mengapa sangat penting? Mungkin dikarenakan semua proses yang berhubungan dengan pekerjaan sehari hari, mulai dari Browsing Internet, Transfer Antar Rekening, Video Call, dll dapat dilakukan sekaligus dalam satu genggaman saja.
Dikarenakan handphone adalah suatu barang yang sangat penting, maka handphone sendiri kini sangat rentan akan orang orang yang yang ingin berbuat jahat. Entah ingin "Ngehack" handphone kita, ngintip password, atau ada yang usil pengen utak atik handphone kita.

Nah, salah satu hal yang rawan pada saat kita menggunakan handphone kita adalah dimana saat kita  "Browsing" atau yang sering kita biasa sebut "Internetan". Faktor  keamanan data benar benar harus di perhatikan apabila kita sedang browsing. Hal ini dikarenakan melalui internet banyak sekali contoh contoh kejahatan yang sering kita dengar beritanya di TV atau bahkan melalui Internet sendiri.

Sekedar informasi saja, para pelaku kejahatan akan mencari terus korban korban yang melakukan keteledoran atau lengah dalam menggunakan handphonenya. Sehingga adalah suatu kewajiban agar kita harus selalu waspada akan kejahatan yang bisa terjadi melalui Internet.

Gambar ilustrasi dari (commons.wikipedia.org)


Disini saya akan membagikan cara agar seminimal mungkin kita dapat mengamankan handphone kita dari kejahatan internet pada saat browsing di handphone Android:

1. Gunakan Browser Yang Mengutamakan Privasi
Sebenarnya banyak sekali Browser yang berfokus pada privasi penggunanya. Contohnya adalah Thor Browser, Firefox Focus, dll. Atau apabila anda tidak ingin menginstal aplikasi pihak ketiga, gunakan saja "Incognito Mode" atau yang bisa disebut "Mode Penyamaran". Mode ini tidak akan  meninggalkan jejak pada browser seperti tabs, bookmarks, cache, cookies. Jadi mode ini bisa kita gunakan.  

2. Memodifikasi Settingan Browser
Apabila anda menggunakan "Google Chrome" dalam melakukan aktifitas browsing, maka akan dapat menggunakan fitur "Safe Browsing". Selain fitur Safe Browsing, anda juga bisa sekali lagi memodifikasi settingan browser anda dengan mengaktifkan "Do Not Track" supaya aktifitas browsing anda tidak terekam dan dilacak browser kita.

3. Jangan Menyimpan Password di Browser
Untuk beberapa situs yang baru pertama kali kita buka, terkadang browser akan memberikan penawaran apakah anda ingin menyimpan password di browser? Sebenarnya penawaran ini cukup membantu kita karena kita bisa langsung masuk ke website yang terhubung dengan akun kita. Tetapi  hal ini sangat berbahaya karena bisa saja password bocor dan diketahui. Apabila anda ingin menyimpan password, gunakanlah password manager yang terpisah dari browser semacam "Enpass" atau aplikasi password manager yang lain karena password manager seperti itulah yang mempunyai sistem "Enkripsi" yang lebih baik. 

4. Waspada Terhadap WIFI Publik
Wifi mungkin sudah menjadi sahabat kita, dikarenakan sangat membantu apabila kita bekerja membutuhkan akses internet atau bahkan sekedar untuk mengisi waktu luang saja. Tapi tahukah anda Wifi yang bersifat publik ini patut diberikan kewaspadaan terkait adanya kemungkinan adanya orang orang yang tidak bertanggung jawab memantau aktifitas internet kita. Maka dari itu sebelum kita masuk ke Wifi publik, ada baiknya kita cek dulu jaringan tersebut aman atau tidak melalui aplikasi penguji Wifi seperti "ARP Guard".

5. Menginstall Pendeteksi Malware
Bagi yang suka download film atau file file installer penting, maka sangat disarankan untuk menginstal aplikasi pendeteksi "Malware". Sehingga file yang kita download bisa dideteksi apakah mengandung malware atau tidak. Dibeberapa antiviruspun kini sudah dibekali fasilitas anti malware sehingga kita semakin merasa aman.       

Akhir kata selalu waspada dalam aktifitas kita saat menggunakan internet supaya kita terhindar dari para pelaku kejahatan internet.

Sumber: www.liputan6.com                                            
loading...

0 Response to "Tips Aman Browsing di HP Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel