Tips Menghemat Baterai Handphone Xiaomi Ala Xiaomiintro

Punya handphone dengan kapasitas baterai kecil tentu sangat bikin was was ketika diajak bepergian jauh, bahkan untuk dipakai sehari hari saja pastinya kita selalu menyiapkan charger atau powerbank. Hal tersebut tentu saja dimaksudkan supaya handphone kita tetap bisa digunakan. Tetapi bayangkan apabila baterai handphone kita mepet, mungkin tersisa sekitar 20 persen dan ternyata kita tidak membawa charger dan ataupun powerbank? Pastinya sangat menjengkelkan, belum lagi ketika baterai sudah benar benar mati maka sudah pasti ketinggalan notifikasi penting ataupun telepon yang penting.

xiaomiintro battery saver


Kali ini, Xiaomiintro akan berbagi tips bagaimana menghemat baterai di handphone Xiaomi kita apabila sedang kondisi baterai yang tinggal sedikit.


  1. Mengaktifkan Battery Saver
    Mengaktifkan Battery Saver salah satu cara paling efektif yang dapat kita lakukan untuk menghemat baterai handphone kita. Dengan mengaktifkan fitur ini, maka aplikasi aplikasi yang berjalan dibackground akan otomatis dihentikan secara paksa. Sebagai contoh apabila aplikasi email kita tersinkron dengan server, maka kita akan mendapatkan pemberithuan email terbaru setelah Battery Savernya kita matikan atau baterai dalam posisi yang cukup untuk melakukan sinkronisasi dengan server. Biasanya Battery Saver akan otomatis non aktif ketika baterai kita sudah mencapai 60 sampai 70 persen.

  2. Mengaktifkan Dark Mode
    Fitur Dark Mode adalah sebuah fitur baru bagi yang orang orang yang handphonenya sudah menjalankan Sistem Operasi Android Pie / Android versi 9. Selain untuk kenyamanan mata, fitur dark mode ini ternyata berdampak cukup signifikan untuk menghemat baterai. Bagi orang yang menggunakan smartphone berjenis AMOLED, kelebihan fitur Dark Mode ini pixel yang ada di layar / LCD akan benar benar mati sehingga otomatis konsumsi baterai secara nyata akan berkurang dan baterai jadi lebih hemat.

  3. Matikan Aplikasi Yang Berjalan Di Background
    Untuk menunjang produktivitas dalam kebutuhan sehari hari, biasanya kita akan memanfaatkan fungsi multitasking. Bahkan saya sering splitscreen demi bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus dikarenakan memang kebutuhan yang mengharuskan seperti. Tetapi lain ceritanya jika kita harus menghemat baterai kita. Sebagai contoh, saat yang palilng kita butuhkan misalnya hanya Whatsapp saja. Jadi mau tidak mau kita harus menutup aplikasi lain selain whatsapp supaya tidak banyak data yang tersinkron dengan server karena itulah yang membuat baterai akan cepat habis.

  4. Batasi Auto Start Aplikasi
    Membatasi aplikasi yang aktif pada saat handphone kita mulai dinyalakan juga memberi dampak positif bagi keawetan baterai handphone kita. Hal ini dikarenakan, handphone tidak terlalu banyak menjalankan aplikasi, sehingga kinerja handphone menjadi ringan dan tentu saja presentase baterai hape lebih lama terjaga.    

  5. Setel Brightness Rendah
    Menyetel brightness rendah atau agak gelap, menjadi faktor lainnya yang dapat menunjang kelangsungan baterai handphone lebih lama. Semakin terang brightness handphone maka daya yang dikeluarkan baterai juga semakin besar. Jadi biasakan untuk menyetel brightness dibawah 50 persen agar baterai dapat bertahan seharian.

  6. Matikan GPS / Location Service
    GPS atau Location Service yang terus kita aktifkan adalah penyebab utama mengapa baterai handphone kita tidak bisa bertahan seharian. Selain penggunaan paket data yang cukup banyak, sinkronisasi GPS ke server memang menguras baterai karena lokasi kita yang berubah ubah maka GPS akan mengirimkan data sesuai lokasi kita. Meskipun kadang GPS membantu kita menemukan apa saja yang didekat kita (Near Me). Contohnya hotel, restoran, dll.

  7. Jangan Gunakan Live Wallpaper
    Live Wallpaper tentu saja sangat menarik buat kita yang bosa dengan wallpaper yang itu itu saja. Sehingga dengan Live Wallpaper kita bisa berganti ganti wallpaper setiap beberapa menit atau jam. Jangan gunakan fitur ini jika kalian ingin menghemat baterai handphone kalian. 

  8. Gunakan Wifi
    Poin terakhir dari cara menyiasati agar baterai hemat seharian adalah dengan menggunakan wifi. Dengan menggunakan wifi maka semua proses pertukaran data dilakukan melalui wifi, jadi handphone tidak akan terlalu bekerja keras dan akan semakin awet.
Terlepas dari tips yang sudah dituliskan diatas, MIUI adalah salah satu Custom User Interface yang cukup optimal dalam manajemen daya. Sebagai contoh Xiaomi Redmi S2 yang saya gunakan, meskipun kapasitas baterainya 3000 mAh saja tetapi selalu saja bertahan satu harian penuh. Apabila baterai habis tidak sampai satu hari, itu biasanya karena handphonenya pagi tidak ter charge full. 

Sekian tips menghemat baterai handphone yang sudah Xiaomiintro bagikan, semoga bisa berguna bagi teman teman yang membaca. Terima Kasih.  

0 Response to "Tips Menghemat Baterai Handphone Xiaomi Ala Xiaomiintro"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel