Linkedin? itu apa sih?

Di tahun 2020, saya kira semua orang sudah punya media sosial. Baik anak anak, sampai orang tua pun punya akun media sosial sendiri sendiri. Mulai dari media sosial yang sangat populer seperti Facebook, Twitter sampai Instagram. Ketiga media sosial tersebut sepertinya sudah wajib punya bagi sebagian ABG di Indonesia, bahkan mungkin di dunia. Ada juga media sosial atau aplikasi yang dulunya belum terlalu booming, tetapi sekarang baru booming. Contohnya adalah TikTok, aplikasi ini menjadi terkenal sampai artis artispun ikut meramaikan dalam penggunaan TikTok. Berdasarkan media sosial juga, seseorang bisa dinilai bagaimana kepribadiannya. Contoh contoh yang sudah saya sebutkan itu adalah contoh media sosial yang mungkin untuk sekedar hiburan saja. Tetapi, ada satu media sosial yang cukup unik. Bahkan saya terbilang cukup baru juga dalam menggunakan media sosial ini. Media sosial itu bernama "Linkedin". Mungkin banyak dari kalian yang masih penasaran Linkedin itu apa sih?

xiaomiintro Linkedin itu apa sih?


1. Pengertian Linkedin

Menurut pengertian dari situs resminya, Linkedin adalah media sosial dengan jaringan profesional dengan jumlah terbesar didunia. Linkedin juga mempunyai manfaat agar kita dipertemukan dengan suatu pekerjaan yang sesuai dengan skill dan kemampuan kita.

2. Manfaat

Karena Linkedin adalah jaringan profesional dengan jumlah terbesar didunia, maka anda dapat terhubung dengan orang orang yang seprofesi dengan anda. Sebagai contoh, anda adalah seorang programmer, dengan Linkedin anda bisa "Mengikuti" seseorang yang juga seseorang programmer. Apabila seseorang yang anda ikuti "Skill" nya diatas anda, anda bisa saling berinteraksi, bahkan mungkin bisa berbagi project. Dengan jaringan yang besar ini biasanya kita dapat saling membantu. Entah dalam menyelesaikan kasus, ataupun dalam membantu share lowongan kerja.

3. Mengapa Harus Punya Akun Linkedin?


  • Bagi anda yang sedang berkuliah atau yang sedang merintis usaha sendiri (wiraswasta), keuntungan mempunyai akun Linkedin adalah anda bisa mengupload atau mempresentasikan hasil project anda di Linkedin. Kembali saya membuat contoh, misalkan anda seorang web programmer atau pembuat aplikasi Android / IOS anda bisa membagikan hasil project anda di postingan Linkedin anda. Dengan cara itu maka kemungkinan project anda dilihat oleh perusahaan yang sedang membutuhkan jasa anda sangat besar. Kembali lagi, ini dikarenakan Linkedin adalah media sosial yang berbasis profesi, sehingga jaringan mengenai skill anda sangat besar. 

  • Keuntungan lain dari mempunyai akun Linkedin adalah, tidak bisa dipungkiri bahwa banyak sekali akun akun di Linkedin yang mempunyai jabatan sebagai HRD. Dengan membangun profile Linkedin yang menarik, maka kemungkinan besar ada beberapa HRD yang tertarik dengan profile sehingga mereka akan lanjut men chat kita dengan memberi pertanyaan: "Apakah anda sedang dalam posisi bebas menerima tawaran pekerjaan?" Jika memang iya, maka anda akan diminta untuk mengirim CV dan Lamaran Pekerjaan. Apabila profile Linkedin kita seperti yang dibutuhkan perusahaan, maka kemungkinan besar anda akan langsung dipanggil untuk interview.

  • Apabila anda mempunyai reputasi bagus dibidang pekerjaan anda, tentu saja anda akan sering direkomendasikan oleh teman anda yang berada di Linkedin juga. Hal ini juga menjadi poin penting dalam seorang pencari kerja. Keuntungannya adalah anda akan mendapatkan pertanyaan "Apakah anda sedang dalam posisi bebas menerima tawaran pekerjaan?" dari beberapa HRD atau perusahaan pencari kerja. Karena anda mendapat lebih banyak tawaran, maka anda juga dapat memilih tempat bekerja mana yang mungkin tepat bagi anda. Bisa jadi anda memilih karena faktor lokasi, relasi, atau faktor salary. 

  • Selain ketiga alasan yang sudah saya sebutkan diatas, kenapa anda harus mempunyai akun Linkedin adalah Linkedin juga mempunyai aplikasi khusus pencari kerja. Ya, mungkin ini tidak ada bedanya dengan jobstreet. Tetapi, "Karena ini Linkedin" maka jenis pekerjaan yang anda cari bisa lebih spesifik dan tentunya pencari juga dengan mudah melihat profil anda karena anda sudah terhubung dengan akun Linkedin. 

  • Apabila anda mempunyai idola atau seseorang yang anda anggap adalah orang sukses macam "Bill Gates dengan Microsoftnya", "Jeff Bezos", Dll. Maka melalui Linkedin, anda bisa mengikuti keseharian mereka, dan anda mereka juga biasanya membagikan tips tips seputar dunia kerja dan profesi yang akan berguna bagi anda.

Sekian postingan saya yang membahas tentang "Linkedin", semoga dengan artikel ini bisa memberikan pengetahuan baru tentang "Apa itu Linkedin" dan "Seberapa penting Linkedin". Jika anda sudah punya akun Linkedin akan tetapi hanya sekedar punya saja, segeralah permak akun anda semenarik mungkin. Apabila anda mempunyai pengalaman menarik mengenai Linkedin, segera tuliskan pengalaman anda di kolom komentar ya. Sampai jumpa di potingan saya selanjutnya. Terima Kasih.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Linkedin? itu apa sih?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel