Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal UFS (Universal Flash Storage)

Perkembangan dunia ponsel memang selalu menarik untuk diikuti. Apalagi anda adalah seorang "Hi Tech Lover". Anda pasti ingin mengetahui tentang perkembangan teknologi dunia smartphone, entah itu dalam hal software ataupun hardware. Nah, belakangan ini kan kita selalu mendengar tentang launching produk produk handphone terbaru. Semakin besar kapasitas kamera yang digunakan, maka semakin besar juga ukuran file yang dihasilkan. Untuk itu kapasitas penyimpanan handphone kini semakin besar. Mulai dari ROM 16 GB (yang terkecil), sampai dengan 512 GB (sejauh yang saya tahu), koreksi mungkin saya ada yang salah. Nah, dengan kapasitas penyimpanan sebesar itu, tentunya dibutuhkan teknologi yang mumpuni agar proses penyimpanan dan transfer antar file jadi lebih cepat. Kan enggak asik dong ya, punya handphone keren tapi kirim kirm file, nyimpen foto lama banget. Nah berhubung kita lagi bahas tentang "Storage", yuk kita mengenal sama yang namanya UFS atau singkatan dari Universal Flash Storage.

xiaomiintro universal flash storage


Universal Flash Storage (UFS) adalah sebuah standar yang digunakan sebagai media penyimpanan, biasanya UFS digunakan untuk handphone, kamera digital, dan gadget lain yang membutuhkan penyimpanan. Biasanya dengan versi yang lebih tinggi, maka lebih cepat pula proses yang dilakukan melibatkan media penyimpanan, seperti berkirim file, foto, multitasking. UFS sendiri sebenarnya adalah teknologi yang lebih baru dari EMMC. 

Dengan semakin majunya perkembangan dibidang fotografi dan videografi, memanfaatkan teknologi UFS versi terbaru sepertinya akan lebih efisien. Memang sih, menggunakan teknologi EMMC masih bisa dipertahankan. Tetapi apabila kita mengambil objek dengan resolusi yang besar, katakanlah video dengan resolusi 4K atau pengambilan foto dengan pixel besar 108 MP maka proses itu akan sangat lambat.

Perbandingan

- EMMC

  Sequential Read (MB/s) = 250
  Sequential Write (MB/s) = 125

- UFS 2.0

  Sequential Read (MB/s) = 850
  Sequential Write (MB/s) = 150

- UFS 3.0

  Sequential Read (MB/s) = 2100
  Sequential Write (MB/s) = 410

Dari perbandingan diatas, sudah terlihat bukan selisih yang cukup jauh atau selisihnya sangat siginifikan? Bahkan versi UFS 2.0 ke UFS 3.0 saja nilainya terpaut jauh. Itu membuktikan bahwa untuk pemrosesan file berukuran besar penggunaan UFS 3.0 jauh lebih cepat.

Selain daripada kecepatan yang dihasilkan, UFS 3.0 juga bermanfaat untuk disandingkan dengan kapasitas RAM yang besar. Salah satu merek yang sedang mempersiapkan RAM besar digabungkan dengan UFS 3.0 adalah Samsung. Samsung akan memperkenal 12 GB RAM dan UFS 3.0.

Untuk sementara ini, beberapa merek smartphone yang sudah memakai UFS 3.0 adalah:
  • Oneplus 7T & Oneplus 7 T Pro & Oneplus 7 Pro
  • Samsung Galaxy Note 10 & Samsung Galaxy Note 10+
  • Black Shark 2 Pro
  • Realme X2 Pro
  • Xiaomi MI 10 
Lalu bagaimana jika kamera 108 MP dan kemampuan merekam 4K tidak menggunakan UFS 3.0? Hal yang pasti terjadi adalah pemrosesan foto akan nge "Lag", Proses Playing Video 4K lambat, Multitasking juga menjadi kurang lancar. 

Pada akhirnya, dengan semakin besarnya piksel di bidang fotografi dan semakin tinggi resolusi video yang dihasilkan, harus diimbangi dengan transfer data yang cepat. Hal ini dikarenakan ukuran file yang semakin besar. Mungkin kesimpulan yang sementara ini bisa saya ambil adalah UFS 3.0 akan berjalan maksimal dengan smartphone "Flagship". Dengan didukung chipset paling ngebut saat ini dan RAM versi terbaru keistimewaan dari UFS 3.0 baru akan benar benar bisa dirasakan.

Jadi apakah kita perlu upgrade dari UFS 2.0 ke UFS 3.0? Kembali jawabannya adalah tergantung kebutuhan. Jika kebutuhan anda memang berkutat dengan gambar dan video yang "High Res", maka secepatnyalah anda upgrade ke UFS 3.0. Tetapi jika anda hanya pengguna ponsel dengan kategori umum dengan kebutuhan chatting, browsing, gaming, saya rasa anda belum waktunya upgrade. Dan, apabila anda suka dengan teknologi yang terbaru, saya rasa salah satu dari lima ponsel yang sudah saya sebutkan diatas bisa segera anda beli. 

Oke teman teman, sampai disini saja pengenalan kita tentang Universal Flash Storage. Apabila teman teman sudah ada yang mempunyai ponsel dengan fitur UFS 3.0, silakan tulis dikolom komentar bagaimana pengalaman menggunakan ponsel dengan kemampuan UFS 3.0.  
Xiaomi Intro Official
Xiaomi Intro Official Techno Holic

Posting Komentar untuk "Mengenal UFS (Universal Flash Storage)"