Redmi S2, Foto Lowlight Pasti Gelap?

Salah satu faktor yang mempengaruhi seseorang dalam membeli handphone adalah kemampuannya dalam fotografi. Meskipun diatas kertas handphone tersebut mempunyai spesifikasi lainnya yang bagus, seperti prosesor yang paling baru (Contoh: Snapdragon 855+), Desain kaca yang indah, kapasitas baterai yang besar, kapasitas RAM dan ROM yang jumbo, tetap saja ada orang orang yang memprioritaskan kemampuan kamera yang ada dihandphone. Hal ini sangat wajar, mengingat beberapa bulan yang lalu Xiaomi merilis smartphone terbarunya dengan resolusi kamera yang sangat besar, yaitu 108 MP. Perkembangan kamera smartphone belakangan ini semakin meningkat tajam, mulai dari besaran pikselnya, sampai dengan kehebatan sebuah smartphone dalam memotret objek disaat kondisi cahaya kurang atau yang biasa disebut Low Light. Buat handphone Flagship, memotret objek dikala kurang cahaya tidaklah masalah. Karena smartphone Flagship biasanya memang sudah dibekali fitur Night Mode. Tetapi bagaimana dengan smartphone Low End dan Mid Range seperti Xiaomi Redmi S2? Apakah masih bisa memotret dengan baik? Atau hasilnya sudah pasti gelap?  

xiaomiintro redmi s2


Bagi anda yang punya smartphone budget yang berada di rentang handphone Low End dan Mid Range, jangan berkecil hati dulu. Meskipun bukan handphone Flagship, handphone anda masih bisa memotret dikondisi Low Light dengan hasil yang tidak gelap. Meskipun nanti hasilnya tidak sebagus smartphone kelas Flagship, tetapi paling tidak smartphone anda masih bisa digunakan dikondisi Low Light.

Baca juga: 5 Smartphone Gaming Yang Bisa Anda Coba

Di postingan ini, saya ingin membagikan tips memotret dalam kondisi low light dengan menggunakan handphone Xiaomi Redmi S2. Redmi S2 adalah salah satu smartphone Xiaomi yang sudah agak jadul. Smartphone ini masih memakai chipset Snapdragon 625. Disektor kamera belakang terdapat dua kamera, yaitu kamera utama 12 MP dan kamera kedua berfungsi sebagai Depth Sensor yang berguna sebagai efek bokeh. 

1. Manfaatkan ISO


xiaomiintro camera menu
Add caption

Apabila smartphone anda menu kameranya mempunyai Mode Manual atau Mode Pro, itu adalah keuntungan tersendiri. Di kamera handphone Xiaomi Redmi S2, masih terdapat Mode Manual yang mana akan sangat membantu sekali dalam hal foto dalam kondisi low light. Di meanu ISO ini terdapat angka mulai dari 100 sampai 3200. Yang mana jika kita menentukan ISO di angka terbawah dalam kondisi "Normal", misal angka 100 maka hasilnya akan gelap. Tetapi sebaliknya, jika kita menentukan ISO di angka teratas, misal angka 3200 maka hasil foto akan berwarna putih karena terlalu banyak cahaya yang ditangkap. Bila dikondisi minim cahaya, rekomendasi saya jangan pilih angka bagian bawah, karena jika kondisi low light tentu kita membutuhkan banyak cahaya masuk. Jadi kondisi sudah pasti menyesuaikan dengan keadaan di lapangan.


Baca juga: Tips Menghemat Baterai Handphone Xiaomi Ala Xiaomiintro


2. Manfaatkan Shutter Speed

xiaomiintro camera menu shutter speed

Dalam Fotografi Shutter Speed menjadi faktor penting dalam pengambilan gambar, terutama jika kondisinya Low Light. Di menu Shutter Speed ini terdapat angka paling rendah 1/1000s, sampai yang tertinggi 32s. Semakin lama detik yang kita pilih, maka akan semakin banyak juga cahaya yang akan masuk. Jika kondisi Low Light, semakin lama detik yang dipilih semakin terang gambar yang didapat. Jika keadaan siang hari pilihlah angka dengan detik kecil sehingga hasilnya tidak terlalu terang.

Baca juga: Daftar HP Xiaomi Termurah, Spek Dewa Harga Mahasiswa


3. Manfaatkan Tripod

Yang terakhir ini sepertinya memang tidak termasuk dalam menu kamera, tetapi tripod ini mengambil peranan yang tidak kalah penting. Selagi menunggu beberapa detik, tangan kita pasti tidak selalu bisa stabil. Karena tidak selalu stabil, biasanya hasil foto pasti ngeblur. Nah jika shutter speed sudah pas, dan iso juga sudah sesuai, kan sayang sekali kalau hasilnya blur. Yang pasti kita bete banget kan. Maka dari itu gunakanlah tripod. Selain agar hasil foto stabil, tangan kita juga tidak cepat capek gaes.

Hasil foto tanpa ISO dan Shutter Speed

ISO 3200


ISO 1600



** Tambahan**

Selain dengan ketiga cara diatas, cara yang paling instan adalah dengan menggunakan aplikasi atau software. Semisal kita bisa menggunakan "Snapseed". Dengan menaikkan Eksposure, gambar akan lebih terang. Tetapi perlu diingat, hasilnya tentu akan banyak noisenya, jadi bagian tambahan ini bisa dipakai atau tidak. Terserah anda saja.

Sekian postingan saya tentang tips fotografi dengan menggunakan Redmi S2. Apabila teman teman punya saran yang tidak disebutkan diatas, silakan tambahkan dikolom komentar. Salam Teknologi!

0 Response to "Redmi S2, Foto Lowlight Pasti Gelap?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel