1111

Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengetahui Isitilah Root Di Handphone Android

Fasilitas dan fitur yang dimiliki handphone semakin hari semakin mengagumkan. Mulai dari inovasi kapasitas baterai, chipset atau prosesor yang paling canggih, sampai teknologi kamera ponsel yang mencapai 108 MP. Fasilitas dan fitur tersebut tentu semakin memudahkan kita dalam kehidupan sehari hari. Bahkan untuk beberapa merek dan tipe ponsel kelas Mid End, sudah memiliki fasilitas dan fitur yang mirip dengan kemampuan ponsel Flagship.

xiaomiintro android root


Bagi anda yang cukup menyukai teknologi yang ada di smartphone, pasti tidak hanya menunggu update' an terbaru seputar hardware atau software yang berhubungan dengan smartphone. Tetapi saya yakin sebagian dari kalian ada yang suka mengutak atik ponsel kalian. Entah sering gonta ganti tema, atau bahkan yang agak sedikit ekstrim adalah berganti ROM. Untunglah Xiaomi adalah jenis smartphone yang cukup bisa dioprek. Melalui MI Community dan MI Forum, banyak sekali dibagikan tutorial tentang bagaimana berganti ROM, sampai pada tutorial memperbaiki ponsel. Saya kira inilah kelebihan MI Fans, yaitu mempunyai basis penggemar yang kuat dan MI Helper yang siap membantu setiap masalah yang dialami MI Fans.

Bagi teman teman yang ingin mengetahui apa arti istilah "Root" yang ada di ponsel Android, mungkin penjelasan singkatnya adalah membuka gembok yang ada di sistem operasi Android agar kita mempunyai hak akses yang lebih tinggi kepada ponsel kita. Dalam bahasan ini konteksnya Sistem Operasi Android ya teman teman. 

Lalu mengapa sih ada orang yang pengen nge Root ponselnya? Bagi beberapa teman yang hobinya ngoprek ponsel tentu saja alasannya adalah karena menginginkan hak akses yang lebih tinggi dalam proses mengoprek tersebut. Sehingga memungkin melakukan semua hal yang biasanya tidak mungkin dilakukan tanpa proses "Rooting". Mungkin contohnya adalah instal camera system dari seri Xiaomi yang lebih tinggi (notabene ada night mode) ke seri ponsel Xiaomi yang lebih rendah. Atau bisa juga memudah kita untuk mengganti sistem operasi ponsel sesuka hati.

Untuk sistem operasi android sendiri, Google benar benar mengijinkan pengguna untuk melakukan aksi Rooting. Jadi, sebenarnya ketika ketika membeli ponsel, entah itu Xiaomi, Asus, Oppo maka tidak semua fitur dari Google bisa kita rasakan secara langsung. Perlu ada trik khusus untuk bisa membuka fitur itu. Sepertinya saya pernah merasakannya di MIUI 10. Kalau itu memang Android versi 9 (Android Pie) sudah diberikan di handphone saya. Tetapi fitur dark mode baru dibuka oleh Xiaomi di versi MIUI 11. Jadi sudah jelas bukan sebenarnya fitur yang diberikan dari Android tergantung dari setiap pabrikan ponsel. Mau dibuka semua atau sedikit demi sedikit. 

Apabila kita mencoba Nge Root ponsel kita, sebenarnya apa aja sih manfaatnya?

1. Melegakan Penyimpanan Internal

Seingat saya, waktu sistem operasi android awal digunakan (munkin sebelum KitKat) kita bisa memindahkan aplikasi yang sudah diinstal semacam facebook, game, dll ke kartu memori. Tetapi semakin versi Android ditingkatkan memindahkan aplikasi tersebut sudah tidak bisa dilakukan lagi. Mungkin hal itu dilakukan Google agar dari sisi keamanan lebih terjamin. Tetapi jika kita ingin memindahkan aplikasi dari penyimpanan internal ke kartu memori, jalan satu satunya hanyalah melakukan rooting di ponsel kita. Cara ini harus dilakukan dengan hati hati ya teman. Karena kalau tidak ponsel kalian akan terjebak di logo saja, bisa juga bootloop, dan yang paling parah adalah ponsel kita bisa matot. 

2. Gonta Ganti ROM

Manfaat ini mungkin teman teman sudah pada tahu, manfaat root adalah memungkinkan teman teman bisa berganti ganti ROM. Mungkin bagi anda yang ROMnya ROM China, ada keinginan pindah ke ROM Global, atau mungkin pindah ke Cyanogen OS semua itu bisa dilakukan. Bahkan, melalui media Youtube, saya pernah melihat tutorial penggantian ROM dari sistem operasi android menjadi sistem operasi IOS (Iphone OS). Mungkin terdengar aneh, tapi memang begitulah adanya.

3. Menaikkan Kerja Smartphone

Buat kalian yang seorang gamer, tentu tak asing dengan istilah overclock. Overclock adalah usaha untuk meningkatkan kinerja dari PC, biasanya dilakukan melalui BIOS. Nah Overclock juga bisa dilakukan di smartphone, melalui akses kernel dan cpu proses root bisa dilakukan sesuka hati. 

4. Restore Data Lebih Mudah

Apabila anda ingin restore atau factory reset handphone, tidak perlu khawatir anda harus mendownload ulang aplikasi yang sudah pernah anda instal. Ada beberapa aplikasi yang memungkinkan untuk restore data dengan mudah. Tetapi diharuskan ponsel yang ingin dibackup untuk direstore harus dalam kondisi root terlebih dahulu.

Rooting ponsel sebenarnya cukup memberikan manfaat kepada kita, dan jujur saja saya sangat menikmati manfaat root ponsel di Android. Tetapi saya juga ingin memberitahukan kepada anda apa yang menjadi resiko ketika ponsel sudah diroot.

1. Garansi Otomatis Hilang

Buat kalian yang beli ponsel dengan garansi resmi, sebelum melakukan root ada baiknya mengerti resikonya yang pasti ditimbulkan. Yaitu garansi resmi yang akan hilang. Sayang banget kan kalau garansi masih ada, gara gara root ponsel kalian aman.

2. Rawan Virus

Ketika melakukan proses rooting, sadarilah bahwa celah kemanan pada ponsel kita otomatis melebar. Dengan kemudahan menginstal apapun ke ponsel kita, mungkin sekali banyak aplikasi yang mangandung virus masuk ke ponsel kita.

3. Kerusakan Hardware dan Software

Jika tidak hati hati dan cermat dalam melakukan root, masalah kerusakan software bisa terjadi. Entah kerusakan sistem atau yang lebih buruk hardware dari ponsel kita rusak. 

Di akhir postingan ini, saya harap teman teman bisa menjadi lebih waspada apabila ingin melakukan root. Meskipun root ponsel bermanfaat bagi kita, tetapi jika tidak hati hati dan waspada dalam prosesnya, akan menjadi kerugian bagi kita. 

Apabila teman teman mempunyai pengalaman sukses atau yang tidak sukses, mungkin teman teman bisa membagikannya dikolom komentar. Terima Kasih.



Xiaomi Intro Official
Xiaomi Intro Official Techno Holic

Posting Komentar untuk "Mengetahui Isitilah Root Di Handphone Android"

Booking.com
Booking.com