Beda Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 9 Pro Max

Akhir penantian dari Redmi Note 9 series akhirnya terjawab sudah. Sebelumnya saya juga sempat membahas tentang Redmi Note 9 yang akan meluncur secara global. Bahkan, sebelumnya banyak juga "Bocoran" yang beredar di internet tentang penampakan dan spesifikasi dari Redmi Note 9 series. Wajar saja banyak pembahasan dan pembicaraan mengenai Redmi Note 9 series ini, hal tersebut dikarenakan pendahulunya, yaitu Redmi Note 8 Pro ada ikon dari kejayaan Xiaomi dan Redmi di akhir tahun 2019. Dimana dengan harga tiga jutaan saja konsumen sudah bisa mendapatkan chipset Mediatek G90T yang nilai Antutunya berada diatas Snapdragon 730G dan fitur NFC. Ya, ponsel apalagi dengan fitur tersebut dihargai cukup murah kalau bukan Redmi Note 8 Pro.

Pengganti Sang Ikon

Tepat sore tadi, sekitar pukul 16.00an WITA (waktu Bali). Saya menyaksikan live streaming peluncuran resmi Redmi Note 9 series di akun youtube Xiaomi India. Acara tersebut dibuka langsung oleh "Bos" Xiaomi India, yaitu Manu Kumar Jain. Meskipun saya menonton live streaming peluncuran Redmi Note 9 series sudah di akhir acara, saya dibuat kagum dengan desain dari Redmi Note 9 series ini. Sekilas saya deskripsikan, desain yang mencolok dari Redmi Note 9 series ini ada dibagian belakangnya. Terlihat pengatura. Empat kamera belakang yang tersusun ditengah dalam bentuk kotak dan dibawahnya terdapat lampu LED flash. Desain kaca bagian belakang bodynya juga terlihat mewah dengan efek kilapnya sehingga terlihat seperti smartphone Flagship. Bagian belakang ponsel inipun juga bersih. Mengapa? Ya tentu saja karena sensor pemindai sidik jarinya berada disamping. Tentu semakin menambah kesan premium menurut saya pribadi. Kemudian dibagian depan, konsep layar penuh ditampilkan oleh ponsel ini. Dimana kamera depan diletakkan di bagian layar. Itu berarti ada tompel yang berfungsi sebagai kamera depan. Tentunya saya sangat suka dengan desain layar yang seperti ini. Hal ini tentu dapat menunjang aktivitas saya yang gemar menonton Youtube dan menulis Blog.

Perbedaan Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro Max

Launching Redmi Note 9 series ini adalah launching secara global, hanya saja tempat diadakan event ini berada di India. Jadi saya mengambil perbandingannya berdasarkan website resmi dari Xiaomi India.

Harga Dan Varian Penyimpanan





  • Redmi Note 9 Pro
    Memiliki dua varian penyimpanan yaitu 4 GB + 64 GB dan 6 GB + 128 GB. Harga yang tertera diatas adalah memakai mata uang India. Apabila saya coba konversikan ke dalam mata uang Rupiah perkiraannya adalah sebagai berikut: Untuk varian 4 GB + 64 GB (sekitar 2.5 jutaan) dan 6 GB + 128 GB (sekitar 3.1 jutaan). Kurs yang saya pakai adalah hari ini 13 Maret 2020 pukul 12.11 AM.
  • Redmi Note 9 Max
    Seri ponsel yang ini memiliki lebih banyak varian penyimpanan, ada tiga varian lebih tepatnya. Yaitu 6 GB + 64 GB, 6 GB + 128 GB dan 8 GB + 128 GB. Dimana untuk perkiraan harganya 6 GB + 64 GB (sekitar 2.9 jutaan), 6 GB + 128 GB (3.3 jutaan) dan 8 GB + 128 GB (sekitar 3.7 jutaan). Tentu saja harga sewaktu waktu bisa berubah sesuai kurs, dan yang paling penting adalah harga harus menunggu pengumuman resmi dari Xiaomi Indonesia apabila Redmi Note 9 series ini masuk ke Indonesia secara resmi.

Kamera Depan

xiaomiintro Perbedaan sensor kamera depan

  • Redmi Note 9 Pro
    Ponsel ini mempunya resolusi kamera yang lebih rendah dari versi pronya. Dimana kamera depan ponsel ini mempunyai resolusi 16 MP. 16 MP sebenarnya bukanlah resolusi yang kecil dan jelek. Kamera depan 16 MP terbilang sensor yang besar karena rata rata ponsel Mid Range 12 atau 13 MP saja. Jadi hasil selfienya akan terlihat bagus karena sudah ada AI yang bekerja.
  • Redmi Note 9 Pro Max
    Tentu saja sebagai versi pro, Redmi Note 9 Pro Max dibekali sensor kamera depan yang lebih mumpuni. Ponsel ini membawa sensor sebesar 32 MP di kamera depannya. Jadi ya secara teori kamera depan dari Redmi Note 9 Pro Max seharusnya bisa menampilkan hasil foto yang lebih detil dan kaya warna. 

Kamera Belakang

xiaomiintro Perbedaan sensor kamera belakang

  • Redmi Note 9 Pro 48 MP
  • Redmi Note 9 Pro Max 64 MP
Saya tidak akan membahas secara mendetail untuk bagian kamera belakang, karena yang membedakannya hanyalah senor kameranya saja, yaitu 48 MP dan 64 MP. Dalam deskripnya sudah dijelaskan bahwa tidak ada perbedaan fitur unggulan. Secara singkat saya sebutkan ada fitur perekaman yang sama sama bisa merekam sama 4K 30 FPS, Slow Motion hingga 960 FPS, Ultra Nightscape Mode. Untuk Ultra Nightscape Mode saya penasaran bagaimana hasilnya, karena mirip dengan Realme nightmodenya.


Kapasitas Pengisian Daya

xiaomiintro perbedaan pengisian daya

  • Redmi Note 9 Pro 18 W
  • Redmi Note 9 Pro Max 33 W
Perbedaan yang terlihat dari kedua Redmi Note 9 series ini adalah fitur pengisian dayanya. Versi Redmi Note 9 Pro tentu saja sedikit lebih lama pengisian dayanya dari pada Redmi Note 9 Pro Max. Karena hanya 18 Watt, tidak seperti Redmi Note 9 Pro Max yang sudah 33 Watt. Tapi tentu tidak masalah karena ini fast charging, jadi tidak akan selama charger biasa.

Penutup

Demikianlah perbedaan yang bisa saya simpulkan mengenai Redmi Note 9 Pro dan Redmi Note 9 Pro Max. Masih belum saya temukan apakah salah satunya mempunyai fitur NFC atau tidak, yang jelas kedua ponsel ini sudah membawa MIUI 11 dan kemungkinan besar mendapatkan update MIUI 12.  Apabila ada perbedaan lain yang mungkin teman teman temukan bisa langsung menuliskannya dikolom komentar ya teman teman. Terima Kasih. GBU!


Komentar