Cari Makanan Enak Pakai Google Maps


Sepulang dari kantor, saya biasanya menunggu tayangan dari Trans 7, yaitu Bikin Laper. Menurut saya acara ini menarik ya. Meskipun agak lebay, soalnya ngezoom orang makan sampek deket banget ke mulut, tetapi okelah. Gara gara acara ini saya jadi ikutan ngerasain gimana makanan yang mereka coba. Apalagi hostnya juga ahli dalam memperagakan ekspresi ketika makan makanan enak. Selain daripada ekspresi hostnya yang membuat saya ikutan pengen makan, saya kadang juga berpikir bagaimana sih nemu tempat tempat yang bisa jadi referensi mereka makan enak. Mungkin karena ini adalah sebuah acara TV, tentu saja sudah ada budget khusus yang sengaja untuk mengelilingi suatu daerah dan mencicipi aneka makanan yang disajikan. Atau bisa juga referensi makanan enak dikumpulkan dari anggota kru mereka, karena biasanya kan di kota juga banyak orang daerah. Nah orang daerah ini nih yang biasanya merekomendasikan makanan khas daerah mereka.

Tipe Orang Makan

Bagi sebagian orang, urusan makanan itu adalah sesuatu yang tidak bisa dianggap remeh. Lah bagaimana maksudnya nih? Ada tipe orang yang untuk makan itu butuh mood, jadi harus mencari makanan yang membuat mood booster bagi mereka. Tentunya hal ini cukup berbanding terbalik dengan jenis orang yang easy fooding, alias mau makan apa aja ngikut karena mereka enggak ribet untuk urusan makanan. Nah yang terakhir ini, emang susah susah gampang ya. Terkadang tuh ada juga orang yang agak susah makan ya karena emang ga bisa makan makanan khusus. Contohnya nih ya, ada orang yang ga bisa makan pedes ya karena ada sakit maag, ada juga tipe orang yang ga bisa makan sea food ya karena alergi ikan atau kerang, ada juga orang yang enggak suka makan kambing, ya karena takut darah tinggi dan kebetulan ya emang enggak suka daging kambing tentunya. Yap, itu adalah sebagian kecil orang orang yang mempunyai ciri khas sendiri dalam urusan makanan. 

Referensi Cari Makanan

Nah jika urusan makanan tentunya tidak semua bisa disamakan, ya terbukti dari menu di warung yang banyak, menandakan setiap orang punya kesukaan tersendiri. Biasanya teman teman kalau cari referensi makanan lewat apa sih? Karena sekarang jaman sudah canggih biasanya kita tinggal buka saja aplikasi di ponsel kita yang menyediakan makanan yang bisa dibeli secara online melalui aplikasi seperti "Go Food" atau "Grab Food". Tetapi masih banyak aplikasi aplikasi makanan lain yang tersedia di App Store dan Play Store. Oya, buat temen temen yang make ponsel flagship macam MI 9 atau MI Note 10 jangan lupa Top Up aplikasi pembayaran online ya? Kan udah ada NFCnya. Hehe..  

xiaomiintro google maps food recommendations 01


Cari Makanan Enak Pakai Google Maps

Banyak fungsi yang bisa dilakukan oleh Google Maps, mulai dari hal yang umum seperti mencari alamat spesifik, sampai estimasi jarak dan biaya untuk tersambung ke Gojek atau Grab. Tetapi ada satu fitur lagi yang dimiliki oleh Google Maps, yaitu bisa mencarikan kita referensi makanan yang enak dan tempat makan yang enak juga.

Tentukan Pilihan

xiaomiintro google maps food recommendations 03

Pada awal membuka Google Maps tentu kita akan melihat tampilan seperti gambar diatas. Tinggal kita pilih, mau mencari makanan enak berdasarkan restaurant atau berdasarkan coffee. Kok coffee? iya biasa, selain menu coffee biasanya pasti ditemanu dengan menu makanan. Jadi ada banyak jalan untuk bisa mendapatkan referensi makanan enak ya teman teman. 

Pencarian Berdasarkan Restaurant

xiaomiintro google maps food recommendations 04

Pencarian makanan berdasarkan restaurant akan langsung memberikan anda jawaban yang signifikan, terbukti dari gambar diatas teman teman bisa melihat berbagai titik yang menjadi referensi mencari makanan. Selain adanya titik titik referensi, ternyata juga ada nama restaurant dengan review bintangnya. Sehingga cukup bisa dijadikan pertimbangan tempat tempat mana saja yang bisa teman teman kunjungi ya. 

Harga Terbaik

xiaomiintro google maps food recommendations 05
gambar diatas mempunyai hak cipta atas nama Irwin Permata

Pada bab "Pencarian Berdasarkan Restaurant", ketika ada men tap menu yang sudah ditandai warna oranye, maka akan muncul daftar menu beserta harganya. Tentunya fitur ini sangat penting bagi Google Maps dalam rangka mencari referensi makanan. Itu karena supaya kita terhindar dari "Pukulan" harga mahal. Jadi sebelum membeli makanan pastikan anda bertanya harga yang dimenu sama dengan yang di Google Maps. Kalau makanannya udah dateng jangan lupa selfie sama makannannya teman teman, biasanya sih plattingnya dibuat menarik. Nah karena plattingnya bagus, buat teman teman yang ponselnya udah ada OISnya langsung jepret aja deh, dijamin detailnya tertangkap dengan baik. Ya lumayanlah buat feed instagram food photography teman teman.

Filter 

xiaomiintro google maps food recommendations 07

xiaomiintro google maps food recommendations 08

Google Maps juga menyediakan filter agar anda bisa menentukan referensi makanan yang lebih detail. Filter itu adalah mencari makanan berdasarkan rating yang diwakili dengan bintang, jam buka sampai tutupnya, sampai jenis makanan apa yang anda inginkan. Anda tinggal mengisi filternya dan hasilnya akan tampil berdasarkan database yang sudah dimiliki oleh Google. 

Oke teman teman, mungkin itu saja yang bisa saya bagikan tentang bagaimana cari makanan enak melalui Google Maps. Mungkin teman teman ada pengalaman mencari makanan dengan cara ini bisa dituliskan dikolom komentar ya. Terima Kasih. GBU!

Komentar

  1. Google emang sangat lengkap dan membantu. Dengan kemajuan teknologi yang sekarang, google memberi kemudahan bagi penggunanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali gan.. Segalanya nanti lebih mudah pakai google

      Hapus

Posting Komentar