Mewaspadai Virus Corona Yang Sudah Masuk Indonesia

Pada hari ini, saya sedang menjalani hari khas hari Senin yang cukup khas. Yaitu pekerjaan yang menumpuk dan agak malas tentu saja. Hehe.. Saya cukup aktif didunia twitter, instagram, dan facebook. Saya langsung terkejut ketika ada postingan salah satu reviewer gadget yang sudah terkenal memposting tentang virus Corona, dimana sudah ada kasus baru mengenai dua orang warga negara Indonesia yang sudah dinyatakan positif Corona di wilayah Indonesia sendiri. Soal bagaimana kronologinya mungkin teman teman sudah bisa mencari kebenaran beritanya di situs berita, web portal yang sudah ada di Indonesia.    

xiaomiintro waspada virus corona
  
Meskipun xiaomiintro adalah sebuah web yang membahas tentang dunia smartphone Xiaomi, gadget, komputer, dan smartphone lain, tetapi saya merasa mempunyai kewajiban untuk ikut mengingatkan tentang bagaimana harus waspada tentang virus ini. Disamping karena virus ini mempunyai kemampuan yang cepat dalam proses penyebarannya, tentunya kita harus saling menjaga sekaligusnya berbagi cara pencegahannya dengan orang terdekat kita.

Virus Corona, pertama kali dideteksi penyebarannya di Kota Wuhan, China. Virus Corona ini mempunyai gejala seperti pneumonia atau radang paru paru, tetapi mempunyai level yang lebih tinggi. Wabah ini awalnya berada di China saja, tetapi pada akhirnya menyebar secara luas meliputi 60 negara. Awalan mengapa muncul virus Corona adalah dimana pada akhir bulan tahun 2019, tepatnya pada bulan Desember adanya virus yang berhubungan dengan makanan liar atau biasa kita sebut dengan kuliner ekstrem seperti kelelawar. Entah karena proses memasaknya atau mungkin kurang dalam segi kehigienisannya saya sendiri kurang paham, akhirnya virus mematikan ini mulai menunjukkan keganasannya.

Karena virus Corona sudah masuk ke Indonesia, tentunya kita tidak bisa menganggapnya sepele. Apalagi kita harus berusaha sebersih mungkin agar orang orang yang kta sayang tidak tertular virus Corona ini. Lalu hal hal apa saja yang bisa kta lakukan untuk melakukan pencegahan virus Corona? Berikut ini saya akan mencoba berbagi apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah penularan virus Corona.

1. Kurangi Berada di Kerumunan

Korban meninggal yang diakibatkan virus Corona sudah menjadi bukti kuat bahwa virus Corona ini adalah virus yang cukup mematikan. Untuk itu langkah pertama yang bisa dilakukan sebagai pencegahan adalah sedapat mungkin mengurangi kegiatan yang melibatkan kerumunan orang yang cukup banyak. Mungkin kita bisa menyeleksi mana jadwal yang benar benar penting saja untuk keluar rumah.

2. Utamakan Gaya Hidup Sebersih Mungkin

Tetap mengutamakan gaya hidup sebersih mungkin adalah cara satu satunya yang harus kita pertahankan demi mencegah virus Corona. Apabila anda terus mempertahankan gaya hidup ini kecil kemungkinan kita tertular.

3. Waspadai Orang Batuk / Bersin

Batuk dan bersin memang tidak bisa langsung dipastikan bahwa seseorang adalah positif virus corona. Tetapi apabila kita melihat atau menemukan orang yang sedang batuk atau bersin didekat kita, maka kita segera menjauh atau menjaga jarak dengan seseorang tersebut. Tentunya dengan cara yang baik ya teman teman. 

4. Selalu Cuci Tangan Dengan Sabun

Mencuci tangan dengan sabun adalah cara yang paling efektif untuk membunug kuman, bakteri yang menempel pada tangan kita. Seharian kita pasti memegang sesuatu benda yang sangat beresiko mengandung kuman atau bakteri, maka selalu cuci tangan dengan sabun atau antiseptik ya teman teman.

5. Pakai Masker

Ada baiknya ketika berpergian ke kantor atau ke sekolah untuk mengenakan masker. Meskipun kita tidak sedang sakit, masker dapat melindungi kita dari debu langsung dari luar.  

6. Makan Makanan Bergizi

Jangan lupa makan makanan bergizi ya teman teman, masih ingat dengan empat sehat lima sempurna kan? Jadi imbangi langkah pencegahan virus korona dengan makanan bergizi ya teman teman.

7. Minum Vitamin

Menjaga daya tahan tubuh dapat juga dilakukan dengan minum vitamin semacam imboost atau enervon c. Apabila anda merasa kelelahan akibat bekerja, langsung saja minum vitamin ya teman teman. Ini semua agar daya tahan tubuh terjaga.

8. Jangan Percaya Hoax

Tetap pantau berita tentang corona Virus hanya melalui media yang terpercaya, jangan pernah terpancing berita hoax karena hanya akan menambah kepanikan yang tidak perlu.

9. Hindari Seseorang Yang Positif Corona

Meskipun hal ini sulit dilakukan karena hanya pemeriksaan melalui test laboratorium saja yang menentukan orang positif atau negatif Corona, saya tetap meninformasikan hal ini kepada teman teman. 

10. Perisakan Diri

Saya mengharapkan anda semua selalu sehat, tetapi apabila anda merasakan gejala yang mirip dengan virus Corona, saya sangat menyarankan agar anda memeriksakan diri anda ke dokter. Jangan menundanya! Karena jika cepat ditangani, potensi sembuh sangat terbuka lebar.

Akhir kata, jika semua usaha pencegahan yang sudah saya tuliskann diatas sudah teman teman lakukan, terakhir saran terbaik yang bisa saya katakan adalah tetap berdoa kepada Tuhan. Minta kepada Tuhan perlindungan agar terhindar dari virus Corona. 

Tetap hidup sehat ya teman teman. Terima Kasih. GBU!


Komentar