Perlukah Mempelajari Kode HTML?

Dunia Teknologi Informasi tidak hanya mencakup satu hal saja. Mungkin orang yang awam dengan hal ini,  Teknologi Informasi adalah semua hal yang berhubungan dengan komputer. Memang banyak yang salah kaprah mengenai dunia Teknologi Informasi. Tak jarang apabila dikantor seorang IT dituntut harus bisa menjadi "Problem Solver" atas permasalahan semua yang berhubungan dengan komputer. Entah itu koneksi yang mati, printer yang tidak mau menyala, bahkan ketika layar komputer tidak bisa menyala IT tak jarang dituntut untuk menyelesaikan masalah masalah tersebut. Padahal apabila kita telusuri tugas seorang itu mempunyai bidang bidangnya sendiri. Ada yang bidangnya sebagai seorang programmer, ada yang berurusan dengan User Interface, ada yang berfokus pada keamanan jaringan, dan yang sedang populer sekarang ada seorang IT yang berfokus pada pengerjaan aplikasi Android saja. Tentunya apa yang saya tuliskan ini bidang bidang yang sudah mewakili pekerjaan seorang IT. Tetapi masih ada bidang bidang IT lainnya selain daripada yang sudah saya sebutkan.  

xiaomiintro html code

Bagi teman teman yang sudah bergelut dengan dunia website, entah sebagai Front End, Back End, atau pengembang aplikasi di handphone tentu sudah tahu jawaban dari judul postingan blog saya. Kesemuanya pasti akan menjawab perlu. Bahkan apabila teman teman ingin memperdalam ilmu pemrograman apapun mau tidak mau pasti diperhadapkan dengan kode HTML sebelum bisa masuk kepada tahap yang lebih dalam. HTML ini biasanya mempunyai pasangan yang disebut dengan CSS. Untuk CSS nanti kita akan bahas pada postingan terpisah ya teman teman. Intinya HTML adalah sebuah media untuk menampilkan data. Jika anda ingin mempelajari pemrograman web dengan bahasa pemrograman PHP atau Visual Basic sekalipun pasti diperlukan pengetahuan kode HTML untuk mengatur tampilan datanya. Apabila teman teman sudah menguasai dan mengerti kode HTML maka teman teman bisa membuat tampilan web lebih rapi sehingga enak untuk dilihat.  

Selain untuk kebutuhan pemrograman web, pengetahuan kode HTML sebenarnya bisa berguna juga untuk seorang Blogger. Apabila teman teman seorang Blogger tetapi masih belum mengerti kode HTML mungkin akan sedikit kesusahan jika ingin mengedit tampilan blogger milik teman teman. Belum lagi jika mengedit Blogger, terdapat bahas XML yang cukup rumit dimengerti. Tetapi jika teman teman sudah mempelajari kode HTML, teman teman bisa langsung tahu bagian mana yang harus diedit. Sehingga akan mempercepat proses pemeliharaan blog teman teman sendiri. Untuk teman teman Blogger yang menggunakan Wordpress mungkin akan tidak jauh berbeda. Mungkin saya akan bahas di postingan lain, mengingat saya belum punya pengalaman ngeBlog dengan menggunakan Wordpress. 

xiaomiintro kode html

Sisi lain jika anda yang memang tertarik dengan dunia desain web adalah dengan memanfaatkan mempelajari kode HTML dengan tekun. Jika teman teman sudah menguasainya, kalian bisa menggunakan keahlian kalian tersebut untuk mencari uang. Jika benar benar ahli mungkin kalian bisa berjualan template blogger, wordpress, atau bahkan template website umum seperti yang bisa kita lihat di website yang menjual template seperti Themeforest. Kan lumayan bisa menambah penghasilan tambahan dari sesuatu hal yang bermula dari hobby. Apalagi akan sangat bangga jika template kita bisa menjadi terkenal seperti viomagz dan igniplex. Mantap enggak nih teman teman.

Belajar memang tidak pernah membuat rugi, dan yang terpenting adalah tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar. Entah anda masih pelajar, masih mahasiswa, seorang karyawan semua masih punya waktu untuk belajar. Belajat kode HTML sebenarnya mudah jika kita sering latihan. Teringat seorang guru musik saya berkata, "Bukan berapa banyak jam latihan yang kita habiskan untuk menjadi handal, tetapi konsisten latihan setiap harilah yang akan membuat kita handal". Jadi jika kita jarang belajar HTML maka akan lama juga kita mengerti, yang penting tetap semangat dan konsisten belajar ya teman teman.

Akhir kata kembali tidak bosan bosannya saya mengajak teman teman untuk aktif dalam menghentikan laju perkembangan penularan virus Corona (Covid19) dengan cara rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga tubuh tetap fit, hindari keluar rumah atau ke keramaian yang tidak perlu. Terima Kasih. GBU!  


Komentar