Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Always On Display Menyatu Dalam Tema MIUI?

Xiaomi MI 8 adalah salah satu jajaran ponsel Xiaomi yang menggunakan layar dengan jenis OLED. Selama ini, ponsel yang menggunakan layar OLED diklaim adalah layar yang mempunyai produksi warna yang paling bagus dimana warnanya cenderung "Vivid" dan menampilkan warna hitam yang benar benar pekat. Karena itu pulalah layar OLED sering dikatakan layar khas ponsel Flagship, selain tentu saja bahan bakunya yang termasuk mahal juga sih. Tentunya layar OLED mempunyai kelebihan dibandingkan layar dari IPS yang dipakai pada ponsel Mid End atau Low End. Salah satu kelebihannya adalah kemampuan layar OLED untuk menampilkan informasi pemberitahuan di layar ketika layar dalam keadaan mati. Kemampuan inilah yang disebut dengan "Always On Display". 

Always On Display Versi Samsung

Bagi teman teman yang menggunakan ponsel Samsung, tentu sudah banyak pilihan ponsel yang menggunakan layar OLED dan sudah bisa menampilkan fitur Always On Display. Semenjak kehadiran ponsel Flagship Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy S7 Edge, sepertinya fitur Always On Display menjadi "Hak Milik" ponsel Samsung. Hal ini cukup beralasan karena hanya ponsel ponsel Samsung saja yang mampu menghadir fitur ini. Saya pribadipun sering juga merasa iri, kapan ya Ponsel Xiaomi juga bisa punya fitur  fitur Always On Display? Jujur sih, menurut saya fitur ini terbilang keren pada waktu itu. Karena fitur Always On Display adalah fitur pengganti dari LED notification.

Pengembangan Always On Display Di MIUI

xiaomiintro always on diplay miui

Kini ponsel Xiaomipun sudah banyak pilihan bagi teman teman yang menginginkan ponsel yang ada fitur Always On Displaynya. Mungkin yang pertama dimulai dari Xiaomi MI 8, hanya satu kekurangan ponsel ini. Yaitu tidak dijual secara resmi di Indonesia, sehingga tentu tidak ada jaminan garansi resmi. Mungkin alternatifnya adalah MI Note 10 yang sudah tersedia di toko toko resmi Xiaomi di Indonesia.

Buat teman teman yang mungkin ada yang belum tahu, untuk dapat mengaktifkan fitur Always On Display ini harus masuk dulu ke menu pengaturan dan memilih menu Display baru dapat mengaktifkan Always On Displaynya. Tetapi di MIUI 12 versi Developer, ada semacam test atau percobaan tentang fitur Always On Display yang dimasukkan di dalam Tema yang ada di MIUI. Jika fitur ini akan ada di versi final MIUI 12 Stable maka Tema di MIUI menjadi lebih menarik dan variatif karena Always On Display menjadi bagian Tema MIUI. 

Rencana Teknis Pengembangan 

xiaomiintro always on diplay miui

Always On Display di MIUI 11 sudah berjalan di beberapa ponsel yang mempunyai layar OLED, fitur inipun didapatkan harus melalui update system. Hal ini dikarenakan memang pihak pengembang MIUI punya wewenang untuk membuka fitur ini kepada pengguna. Tetapi di build terbaru ini, MIUI memungkinkan para pengembang pihak ketiga untuk ikut serta memasukkan model model desain Always On Display mereka ke dalam tema di MIUI. Dengan adanya pengembangan ini, sebagai user pilihan desain Always On Display akan semakin banyak sehingga akan lebih leluasa gonta ganti tema Always On Display.

Jika tema Always On Display yang dimiliki Samsung banyak yang berbayar, lain halnya dengan yang dimiliki MIUI. Di miui Always On Display akan banyak yang gratis, jadi pengembang akan menghasil uang kemungkinan dengan pendapatan dari iklan MIUI. Untuk lebih jauh mengenai teknis updatenya hanya pihak developer MIUI sendiri yang lebih tahu. Tetapi kabar ini tentunya kabar yang sangat baik, disatu sisi kita akan punya banyak pilihan tema Always On Display, dilain sisi pihak developer juga tetap dapat keuntungan dari pembuatan tema tersebut.

Sebagai penutup saya tidak bosan bosan menghimbau kepada teman teman untuk tetap berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Sering sering mencuci tangan dengan sabun agar terhindari dari virus, kuman, dan bakteri, menjaga kondisi tubuh sehat, hindari untuk keluar apabila tidak ada kepentingan yang mendesak, serta hindari kerumunan. Dan terakhir sesuai dengan peraturan pemerintah, hendaknya kita harus menggunakan masker apabila terpaksa keluar rumah ya teman teman supaya tidak terkena denda jika ada razia. Terima Kasih. GBU!


Xiaomi Intro Official
Xiaomi Intro Official Techno Holic

Posting Komentar untuk "Always On Display Menyatu Dalam Tema MIUI?"