Bukan MIUI, Xiaomi MI 6 menjalankan Microsoft Windows

Sekilas Tentang Xiaomi MI 6

Xiaomi MI 6 adalah salah satu Flagship Xiaomi di tahun 2017. Dengan bentuknya yang compact, MI 6 sangat enak untuk penggunaan dengan satu tangan. Xiaomi MI 6 juga ditenagai oleh prosesor khas Flagship yaitu Snapdragon seri 800an atau lebih tepatnya Qualcomm Snapdragon 835. Bahkan untuk penggunaan ditahun 2020pun chipset inipun masih mampu melahap game game berat semacam PUBG, AOV, CODM, dll. Untuk multitaskingpun juga tidak akan menjadi masalah yang cukup berarti karena dibantu dengan manajemen RAM dan aplikasi dari MIUI penggunaan MI 6 masih terasa smooth. Meskipun dari sisi kamera bukanlah yang terbaik, tetapi untuk penggunaan di tahun 2020 masih cukup layaklah. Mungkin apabila ada teman teman yang masih memakai Xiaomi MI 6 bisa tuliskan dikolom komentar bagaimana kesan menggunakan MI 6 di tahun 2020. Siapa tahu bisa menjadi panduan bagi teman teman yang lain untuk membeli mantan Flagship ini.

xiaomiintro bukan miui xiaomi mi 6 menjalankan microsoft windows x64
Pada postingan sebelumnya, saya menulis artikel tentang rencana "Redesign" MI 6 menjadi lebih kekinian dengan Punch Hole kamera depan. Mungkin bisa teman teman baca di sini "Gosip Tentang Xiaomi MI 6". Di artikel tersebut masih belum bisa dipastikan tentang kapan MI 6 dengan desain baru ini akan dirilis, kemudian juga masih sebatas perkiraan saja spesifikasi yang dibawakan. Entah mengapa Xiaomi MI 6 menjadi pilihan perbincangan, entah karena memang desain MI 6 yang bagus atau memang MI 6 masih diinginkan MI Fans untuk hadir kembali. 

Flashing ROM

Bicara tentang teknologi, khususnya dunia persmartphonen'an tentunya bagi teman teman yang hobi ngoprek akan sangat membosankan jika tidak mengutak atik ponsel dari teman teman. Mungkin ada yang suka gonta ganti tema, install aplikasi aplikasi tertentu, sampai dengan gonta ganti ROM. Untuk yang terakhir ini memang sangat diperlukan keahlian khusus sih. Karena kalo sembarangan ponsel yang mau diganti ROMnya bisa beresiko "ngeBrick", "Bootloop", atau kondisi yang paling parah biasanya MATOT (Mati Total).

Windows x64

xiaomiintro bukan MIUI MI 6 menjalankan windows mobile
gambar diambil dari (gizmochina - https://redirect.is/0fojzd)
Kembali lagi ke Xiaomi MI 6, bukan "Oprekers" sejati kalau tidak mencoba coba hal baru. Baru baru ini ada seorang pengguna ponsel yang adalah seorang Opreker yang berhasil menyuntikkan Sistem Operasi Windows ke Xiaomi MI 6. Mungkin ini terdengar cukup tidak biasa karena yang dilakukan adalah memasukan Sistem Operasi selain Android ke MI 6. Tetapi ini adalah faktanya, bahkan ROM yang dipakai adalah versi x64 ARM berbasis Windows 10.

Setelah Oprekers tersebut selesai menginstal Windows 10 x64 ke MI 6, maka akan muncul tampilan untuk memilih keyboard untuk melakukan inputan. Sekedar info, Windows 10 x64 bukanlah versi lite dari Windows 10. Ini berarti sudah bisa menjalankan aplikasi yang mempunyai ekstensi .exe seperti instal software biasa. Jika sudah seperti ini ada kemungkinan tab atau ponsel kita bisa berjalan seperti laptop atau PC pada umumnya. Mungkin ada sedikit penyesuaian saja sih, tetapi pada prinsipnya ya bisa.

Sebagai perusahaan penghasil chipset, Qualcomm pernah membuat sebuah demo yaitu sebuah notebook yang menggunakan chipset Snapdragon 820. Sebuah hal cukup unik menurut saya, mengingat notebook ini ditenagai oleh chipset yang biasanya digunakan oleh ponsel atau smartphone yang sehari hari kita gunakan. Yang lebih menakjubkan lagi adalah notebook ini bisa menjalankan video berformat 4K, Office 2019 dan kemampuan lain yang setara dengan kemampuan notebook dengan chipset Core I3.

Tentunya akan sangat keren sekali jika MI 6 ini benar benar bisa stabil menjalankan Microsoft Windows. Sebagai mantan pengguna windows phone, fitur Live Tile yang paling saya nantikan. Well, tinggal menunggu berita selanjutnya mengenai percobaan flashing ini ya teman teman.

Sebagai penutup saya tidak bosan bosan menghimbau kepada teman teman untuk tetap berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Sering sering mencuci tangan dengan sabun agar terhindari dari virus, kuman, dan bakteri, menjaga kondisi tubuh sehat, hindari untuk keluar apabila tidak ada kepentingan yang mendesak, serta hindari kerumunan. Dan terakhir sesuai dengan peraturan pemerintah, hendaknya kita harus menggunakan masker apabila terpaksa keluar rumah ya teman teman supaya tidak terkena denda jika ada razia. Terima Kasih. GBU!

via (gizmochina - https://redirect.is/0fojzd)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Bukan MIUI, Xiaomi MI 6 menjalankan Microsoft Windows "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel