Cek Sekarang! Perkembangan MIUI 12

Alasan utama mengapa sampai sekarang saya betah menggunakan Xiaomi adalah faktor custom User Interfacenya, alias faktor MIUI. MIUI membuat ponsel Android bikinan Xiaomi ini ringan banget. Meskipun pakai ponsel jadul yang keluaran 2018, berkat MIUI performa ponsel ini sampai sekarang masih enak banget dipakai. Lancar tanpa kendala yang berarti. Mungkin yang menjadi catatan kecil adalah faktor baterai. Maklum dipakai udah dua tahunan sepertinya performa sedikit turun. Tetapi lagi lagi manajemen daya yang dimaksimalkan oleh MIUI menjadi nilai tambah tersendiri sehingga di tahun kedua memakai Redmi S2 ini, ponsel saya belum masuk kategori ponsel yang baterainya "Drop". Iya, sesakti itulah cara kerja MIUI. Tentunya masih banyak lagi kelebihan MIUI yang tidak sempat saya sebutkan satu persatu.

xiaomiintro perkembangan miui 12


Mungkin ada teman teman yang ingat kapan pertama kali MIUI 11 diluncurkan secara resmi? Kalau lupa, mimin kasi tau ya, yaitu pada tanggal 24 September 2019. Rata rata teman teman disini sebagian besar sudah instal MIUI 11 kan? Mungkin kalau ponsel Xiaomi keluaran lama memang tidak dapat sih. Tetapi buat teman teman yang pengen instal silakan saja cek di sistem update ya, kalau udah ada notif update langsung ada cari WIFI yang kenceng buat update. Atau kalau teman teman punya kuota yang melimpah bisa download lewat OTA (Over The Air) alias pake paket data. 

23 Maret 2020 Xiaomi secara resmi menghentikan pengembangan MIUI 11. Tetapi jangan khawatir teman teman, penghentian pengembangan MIUI 11 ini dikarenakan Xiaomi akan fokus untuk pengembangan di MIUI 12. Dari pemberitahuan ini, siapa yang mulai berpikir kalau MIUI 12 akan segera dirilis updatenya? Ya, saya juga termasuk yang berpikir tentang hal ini. Tetapi jika melihat kebiasaan Xiaomi yang merilis MIUI terbaru biasanya sekitar bulan Agustus sampai September kemungkinan besar akan dirilis. Tetapi perlu diingat seluruh dunia sedang terimbas pandemi Virus Corona. Jadi akan sangat dimaklumi apabila terjadi keterlambatan dari MIUI 12 ini.   

Perkembangan MIUI 12

Sebelum mimin membagikan pembahasan mengenai MIUI 12, perlu diketahui bahwa ini adalah versi developer. Sehingga belum tentu fitur fitur yang diujicobakan akan semua dihadirkan dalam versi final Global Stalenya. 

1. Navigasi Baru yang diperbaharui

Jika teman teman merasa animasi dari sistem MIUI sedikit ketinggalan jaman dari merek merek sebelah kalian tidak sendiri. Saya terkadang merasa perkembangan animasinya juga dibelakang merek lain. Tetapi untungnya di versi developer ini animasi diperbaharui agar lebih segar dan Navigasi Bar juga diperbahaui iconnya. 

2. Sistem Multitasking dan Animasi Baru 

sumber gambar dari gizmochina ( https://redirect.is/hvnxs2 )

MIUI 10 dan MIUI 11 mempunyai sistem multitasking yang sama. Di MIUI 12 ini, sistem multitasking akan mendapatkan penyegaran juga. Yaitu desainnya dibuat lebih cantik dan mendapat pola animasi yang baru. Ya bolehlah, bagaimanapun apa yang sudah berjalan dengan cukup baik ada baiknya tetap dipertahankan. 

3. Update Tampilan Aplikasi Camera

xiaomiintro mi camera app
sumber gambar dari gizmochina ( https://redirect.is/hvnxs2 )

Khusus yang satu ini sudah sempat saya beri bocorannya, yaitu di artikel yang berjudul update xiaomi camera terbaru. Pada bagian ini, tampilan antarmuka dari MI Camera mendapatkan perubahan yang lumayan banyak. Tentunya tetap ada peningkatan dari modul lensa, adanya lebih banyak kustomisasi sehingga aplikasi kamera ini menjadi sangat nyaman digunakan pengguna.

4. Dark Mode Lebih Baik

Versi MIUI 11 telah kita ketahui bersama sudah mempunyai fitur Dark Mode. Tetapi memang masih ada beberapa halaman dari sistem aplikasi yang belum terkena Dark Mode. Nah, di MIUI 12 ini fitur Dark Mode akan lebih sempurna karena sudah menyentuh semua sistem aplikasi.

5. Sistem Pemberitahun Baru

Permasalahan setiap custom UI dimana mana sama, yaitu ketika menerima pemberitahuan yang banyak. MIUI 11 sudah mencoba untuk mengatasi permasalahan ini. Tetapi di MIUI 12 sistem pemberitahuan akan berbeda.

Mungkin itu saja yang Xiaomiintro bisa bagikan kepada teman teman semua. Apakah teman teman suka dengan perkembangan MIUI 12 ini? Tulis dikolom komentar ya teman teman. Sebagai penutup tetap jaga kondisi tubuh tetap sehat, sering sering cuci tangan sabun untuk menghindari virus, kuman, dan bakteri, dan jangan pernah berada dikerumanan atau keluar rumah kalau bukan urusan yang sangat penting. Stay Healthy! Terima kasih. GBU!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cek Sekarang! Perkembangan MIUI 12"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel