Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknologi SUPERSIM

Apa sih yang menjadi bahan pertimbangan teman teman dalam memilih ponsel? Apakah kameranya? Prosesornya? Apakah baterainya? Diatas semuanya itu pasti bergantung kebutuhan dan budget yang ada. Tetapi jika ada teman teman yang membeli ponsel dengan pertimbangan kapasitas ROM atau memori internal, sepertinya teman teman akan tertarik dengan pembahasan kali ini. 

Seri MI Xiaomi sudah banyak yang tahu adalah seri teratas dari jajaran ponsel xiaomi lainnya termasuk Poco dan Redmi. Seri MI sendiri rata adalah ponsel Flagship yang tidak menyediakan slot kartu memori diponselnya. Bisa jadi karena faktor akses aplikasi yang lebih cepat. Mungkin karena Xiaomi kiblatnya ke Iphone yang tidak  menyediakan slot kartu memori, jadi kemungkinan Xiaomi mencontoh langkah yang dilakukan Iphone. 

xiaomiintro teknologi supersim


Untuk ponsel yang mempunyai slot kartu memori mungkin agak sedikit lega jika sering mengkoleksi banyak foto dan video. Jadi jika memori internal sudah habis, tinggal simpan saja di kartu memori. Tapi jika teman teman teman mempunyai ponsel yang terbatas. Semisal Redmi Note 8 Pro 6GB / 64GB pastilah jika memori internal penuh terpaksa mulai menghapus file yang kira kira sudah tidak begitu diperlukan. Atau solusi kedua adalah dengan cara upload file ke Cloud. Kalo backup ke Cloud pasti malas, karena pasti butuh paket data yang engga sedikit juga yakan? Nah terus gimana nih solusinya?

Nah, baru baru ini di internet ada sebuah artikel dimana perusahaan yang menciptakan sebuah teknologi baru yang bernama "SUPERSIM". Apa itu SUPERSIM? SUPERSIM adalah sebuah kartu SIM dimana didalam SIM tersebut disematkan kartu memori. Pilihan penyimpanannya dimulai dari yang terkecil 32GB samapi paling tinggi yaitu 128GB. Kemampuan read SUPERSIM ini 90 MB per detik, sedangkan kemampuan writenya 60 MB perdetik.

Jika kita bandingkan dengan SIM biasa yang telah kita pakai, SUPERSIM ini lebih banyak menyimpan data. SUPERSIM juga punya fitur khusus auto backup. Jadi jika kita mau berganti ponsel tinggal copykan ke ponsel baru kita, secepat itu saja proses pemindahan datanya. Keamanan datanya juga terjamin karena sudah mempunyai sertifikasi keamanan CC EAL6.

xiaomiintro-supersim-images



Kelebihan

1. Tidak perlu memilih lagi untuk menggunakan dua SIM atau Kartu memori karena kartu SIM sudah sekalian kartu memori

2. Untuk pabrikan ponsel tidak perlu memproduksi ponsel yang ada slot untuk kartu memori eksternal lagi. Dengan begitu mungkin pabrikan ponsel bisa meningkatkan kapasitas baterai lebih besar atau menambah komponen ponsel yang lain.

Kekurangan

1. Penggunaannya masih terbatas, sekedar untuk diketahui SUPERSIM ini baru tersedia di China saja.

2. Harga SUPERSIM masih terlampau mahal, perkiraan harga sekitar USD 14 atau jika dirupiahkan sekitar dua ratus ribuan untuk varian paling murah. Bahkan jika dibandingankan dengan harga Micro SD, SUPERSIM masih lebih mahal.

3. Karena hanya sebatas negara China yang menerapkan SUPERSIM, kabar menyedihkannya SUPERSIM ini akan menjadi proyek yang tidak akan berkembang.

4. SUPERSIM hanya bekerja pada ponsel dengan Hybrid SIM.

5. Kebanyakan orang masih sangat suka berganti kartu SIM dan malas untuk membeli kartu SIM baru berjenis SUPERSIM.

Akankah SUPERSIM menggantikan kartu SIM Biasa?

SUPERSIM sebenarnya adalah sebuah teknologi baru yang layak dipertimbangkan. Terlepas dari kekurangan atau kelebihannya, SUPERSIM sepertinya dapat menjadi pengganti kartu SIM biasa jika mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan pengembangan yang lebih luas. Yakni didukung oleh operator ponsel diseluruh dunia.

Kesempatan itu sepertinya sedikit menemui tantangan karena pabrikan ponsel besar seperti Apple dan Oneplus adalah dua raksasa ponsel yang tidak menyukai ponsel yang mempunyai kartu memori tambahan. Tetapi sebenarnya SUPERSIM masih punya harapan untuk berkembang, mengingat ada banyak ponsel yang menerapkan Hybrid SIM di ponsel mereka. Itu berarti itu adalah target yang bagus bagi peluang berkembangnya SUPERSIM.

Lebih jauh kita akan menunggu kabar terbaru mengenai SUPERSIM, apakah banyak berita bagus tentang SUPERSIM atau tidak? Kalau teman teman sendiri lebih suka SUPERSIM atau SIM biasa? Tulis pilihan kalian dikolom komentar ya. Diakhir postingan seperti biasa xiaomiintro tidak bosan bosan mengingatkan untuk tetap menerapkan "Physical Distancing" dimana jangan keluar rumah apabila tidak penting, jangan pernah berada dikerumunan, tetap jaga kondisi tubuh agar tetap sehat, sering sering cuci tangan dengan sabun agar terhindar dari virus, kuman, dan bakteri. Terakhir mari kita sama sama berdoa agar Covid19 segera berlalu dan kita bisa kembali beraktivitas dengan normal. Terima Kasih. GBU!
Xiaomi Intro Official
Xiaomi Intro Official Techno Holic

Posting Komentar untuk "Teknologi SUPERSIM "