Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dark Mode Versi 2.0 Hadir Di MIUI 12

xiaomiintro dark mode 2.0 MIUI 12
Dark Mode 2.0
Kehadiran MIUI 12 sepertinya memang sudah sangat dekat sekali. Di postingan "Mungkinkah MIUI 12 Rilis Akhir April?", disebutkan prediksi kapan tanggal peluncuran MIUI dan sumber dari mana kabar tersebut berasal. Ini menandakan bahwa MIUI 12 yang dirumorkan akan hadir di Bulan April sepertinya bukan sekedar kabar burung. Belum lagi hadirnya fitur baru yang dilepas melalui MIUI 12 versi developer kembali mengindikasikan MIUI 12 sudah siap edar. Namu teman teman kembali harus bersabar, mengingat di postingan "Cek Sekarang! Perkiraan Ponsel Yang Mendapate Update MIUI 12" baru disebutkan beberapa ponsel saja yang mendapatkan update MIUI 12. 

1. Dark Mode versi 1.0

Sekedar mengingatkan Dark Mode hadir di MIUI 10 waktu masih di Android Nougat, kalau tidak salah MIUI 10.3 yang sudah ada update untuk mengaktifkan Dark Mode. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca disini 
Update MIUI 11.0.3.0 Stable. Awal dari update Dark Mode pertama kali memang terlihat seadanya, tetapi lama kelamaan di MIUI 11 perkembangan Dark Mode semakin baik. Untuk semua aplikasi Google sudah hampir semuanya support Dark Mode. Jadi untuk MIUI 12 nanti Dark Mode akan mendapatkan update agar menjadi lebih optimal di ponsel Xiaomi kita.

2. Dark Mode versi 2.0

xiaomiintro dark mode 2.0 MIUI 12


Dark Mode edisi MIUI 11 menurut saya sudah cukup bagus dan optimal meskipun masih belum semua aplikasi sistem / aplikasi bawaan dari Xiaomi bisa mengaktifkan Dark Mode. Hal ini bisa dimaklumi mungkin dikarenakan pihak developer masih fokus ke hal lainnya. Di Dark Mode 2.0 yang tersedia sepaket MIUI 12, developer mengkonfirmasi bahwa akan ada 42 sistem aplikasi dan 20 aplikasi utama. Sehingga akan lebih banyak lagi aplikasi yang akan support Dark Mode 2.0.

3. Fitur Dark Mode 2.0

xiaomiintro dark mode 2.0 MIUI 12

Di versi Dark Mode terbaru ini, akan menggunakan konversi non-linear LAB dan ruang warna HSV. Fitur ini memungkinkan kita mendapatkan pengalaman menonton melalui aplikasi dengan warna yang paspada lebih dari 100 aplikasi. Masih belum disebutkan aplikasi apa saja yang mendukung Dark Mode 2.0 ini. Sedangkan kontras di dark mode terbaru ini seperti akan mengandalkan AI dan sensor. Dimana jika kontras tinggi semisal dibawah sinar matahari maka kecerahan layar otomatis itu naik dan begitu juga sebaliknya. 

Lebih jauh, karena fitur Dark Mode dibuat agar pengguna nyaman untuk membaca maka Dark Mode ini akan berefek pada Font. Dimana ketika mode ini diaktifkan maka bobot font secara otomatis akan mengurangi silau dan menjadi lebih jelas. Kemudian ketika dinonaktifkan seperti biasa akan normal kembali. Fitur ini sepertinya request yang dikabulkan dari tanya jawab yang sebelumnya dilakukan oleh ketua tim desain MIUI. Namun hal penting yang teman teman ketahui jika dark mode ini aktif maka wallpaper juga akan ikut meredup menyesuaikan kondisi malam dan pagi hari. Saya sendiri belum tahu bagaimana teknis peredupan layarnya, dan kabarnya peredupan layar masuk sampai tingkat piksel, mungkin ini untuk ponsel berjenis OLED saja.

xiaomiintro dark mode 2.0 MIUI 12


4. Kesimpulan

Informasi Dark Mode 2.0 hanyalah salah satu dari fitur fitur baru yang disiapkan untuk MIUI 12. Jadi kita harus menunggu tanggal 27 April. Apakah benar MIUI 12 sudah mulai diperkenalkan secara resmi oleh Xiaomi? Atau mungkin ada kemunduran jadwal. Jika tanggal 27 April nanti Xiaomi benar benar merilis MIUI 12 maka rumor yang selama ini beredar internet benar. 

Sebagai penutup saya tidak bosan bosan menghimbau kepada teman teman untuk tetap berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Sering sering mencuci tangan dengan sabun agar terhindari dari virus, kuman, dan bakteri, menjaga kondisi tubuh sehat, hindari untuk keluar apabila tidak ada kepentingan yang mendesak, serta hindari kerumunan. Dan terakhir sesuai dengan peraturan pemerintah, hendaknya kita harus menggunakan masker apabila terpaksa keluar rumah ya teman teman supaya tidak terkena denda jika ada razia. Terima Kasih. GBU!


Xiaomi Intro Official
Xiaomi Intro Official Techno Holic

Posting Komentar untuk "Dark Mode Versi 2.0 Hadir Di MIUI 12"