Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Desain Ponsel Lipat Xiaomi

xiaomiintro desain ponsel lipat xiaomi

Ponsel Lipat Pertama

Menurut teman teman siapakah produsen pembuat ponsel lipat atau lebih tepatnya "Foldable Phone"? Jika teman teman menjawab Samsung, itu benar. Tetapi tahukah teman teman jika pembuat Smartphone yang bisa dilipat ternyata bukan dari Samsung? Bagi teman teman yang belum tahu, produsen pertama yang mengimplementasikan smartphone lipat adalah "Royole Corporation". Perusahaan ini berasal dari Amerika. Royole Corporation menamai smartphone lipat perdananya tersebut dengan nama "Royole Flexipai".Dengan demikian Royole Flexpai adalah smartphone lipat pertama yang dijual secara resmi di dunia. Si Royole ini dijual dengan kisaran harga mulai dari 19 jutaan. Mahal? Ya wajar sih, maklum selain karena teknologi baru, ide dan implementasinya ini juga mahal. Lalu bagaimana dengan Xiaomi? Apakah Xiaomi juga berencana memproduksi ponsel lipat?

Ponsel Lipat Samsung

Galaxy Fold adalah nama dari ponsel lipat yang dibuat oleh Samsung. Galaxy Fold sendiri pertama kali dirilis oleh Samsung pada 20 Februari 2019. Semenjak rilis Galaxy Fold Xiaomi mulai mendesain berbagai contoh konsep Foldable Phone. Bahkan pihak Xiaomi sendiripun mengonfirmasi bahwa mereka telah mengajukan berbagai patent yang berhubungan dengan desain Foldable Phone milik Xiaomi. Namun, ada seseorang yang bernama Waqar Khan. Dia adalah seorang desainer yang suka membuat konsep tentang smartphone. Dia bekerja sama dengan Windows United untuk menterjemahkan secara visual bagaimana rupa dari ponsel lipat Xiaomi.

Ponsel Lipat Xiaomi



xiaomiintro desain ponsel lipat xiaomi

Seperti yang terlihat pada gambar diatas, desain ponsel lipat Xiaomi mirip seperti ponsel biasa ketika terbuka. Namun jika pada kondisi tertutup atau terlipat, maka akan terlihat sebuah layar LCD kecil yang dapat berfungsi sebagai panel notifikasi. Bisa sebagai informasi tentang waktu, penanda baterai, tanggal, keberadaan sinyal, hari. Meskipun panelnya hanya kecil, tetapi untuk kebutuhan dasar sudah cukup mengakomodasi. Pada bagian belakang ponsel juga ada dua kamera yang disusun vertikal. Ada kemungkinan sih yang kamera bagian atas kamera utama, sedangkan kamera bagian bawah sebagai Depth Sensor atau lensa bokeh dengan pemasangan lampu LED Flash diantara kedua kamera. 

Ponsel ini rencananya akan memiliki layar berjenis OLED, sehingga produksivitas warnanya akan bagus. Ponsel berjenis OLED ini akan lebih terlindungi ketika dalam keadaan tertutup, mengingat bodynya yang cukup tebal. Jika kita perhatikan, ponsel ini sedikit mirip dengan Galaxy Flip milik Samsung. Bagi teman teman yang sangat suka ponsel dengan desain compact, mungkin ini adalah jawabannya.   

Ketersediaan

xiaomiintro desain ponsel lipat xiaomi

Untuk memastikan kapan produk ini tersedia, mungkin masih harus menunggu informasi resmi dari pihak Xiaomi sendiri. Tetapi belakangan ada berita dari ZDNet Korea bahwa Xiaomi sedang memesan layar tipe OLED fleksibel buatan Samsung. Mengapa Xiaomi memilih Samsung sebagai produsen penyedia ponsel lipatnya? Hal tersebut dikarenakan layar OLED fleksibel milik Samsung masih layar berpanel OLED terbaik dari beberapa produsen lainnya. Diperkirakan kehadiran ponsel lipat Xiaomi ini akan datang di semester kedua tahun 2020. 

Semenjak kehadiran Royole Flexpai dan Samsung Galaxy Fold, sepertinya tren kehadiran Foldable Phone semakin ramai. Menurut saya jika memang Xiaomi ikut ambil bagian dalam pembuatan Foldable Phone, maka persaingan pasar di level ini akan semakin menarik. Mengingat Xiaomi selama ini selalu memasang harga ponselnya dibawah rival rivalnya. Menurut analisa saya jika harganya memang dibanderol tidak lebih dari 15 jutaan kemungkinan besar akan menjadi ponsel dengan layar lipat paling menarik. Dari segi desainpun terlihat sangat elegan. Mungkin untuk teman teman yang suka dengan ponsel dengan design cantik seperti ini bisa dijadikan pertimbangan. Meskipun dari sisi kamera agak kurang mendukung, tetapi ponsel ini mempunyai desain keren. Bagaimana menurut pendapat teman teman? Apakah menarik? Tuliskan dikolom komentar ya. 

Sebagai penutup saya tidak bosan bosan menghimbau kepada teman teman untuk tetap berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Sering sering mencuci tangan dengan sabun agar terhindari dari virus, kuman, dan bakteri, menjaga kondisi tubuh sehat, hindari untuk keluar apabila tidak ada kepentingan yang mendesak, serta hindari kerumunan. Dan terakhir sesuai dengan peraturan pemerintah, hendaknya kita harus menggunakan masker apabila terpaksa keluar rumah ya teman teman supaya tidak terkena denda jika ada razia. Terima Kasih. GBU!

Xiaomi Intro Official
Xiaomi Intro Official Techno Holic

2 komentar untuk "Desain Ponsel Lipat Xiaomi"

  1. dulu bentuk handphone macam2,, sekarang monoton. dengan munculnya kembali ponsel model lipat memberikan gairah baru. jadi tertarik ni beli ponsel lipat..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mas. Semoga bisa kebeli ponsel lipatnya mas. Btw review raja ampat dan fotonya keren. Salam kenal ya mas. Hehe

      Hapus