Fitur Live Tile akan ada di IOS 14?

Pada artikel kali ini, judulnya mengandung kata "Live Tile". Buat teman teman yang pecinta dunia smartphone dan teknologi pasti udah pada tahu Live Tile itu apa. Yap! Benar! Live Tile adalah fitur yang ada di ponsel yang menggunakan Sistem Operasi Windows Mobile. Buat yang belum tahu Live Tile, pasti ada pertanyaan tentang apa yang dimaksud Live Tile pada ponsel atau smartphone. Jadi, Live Tile adalah sebuah fitur yang melekat pada aplikasi berguna untuk memberikan informasi terkini (secara Live) kepada penggunanya. Misalnya nih, buat pengguna ponsel Android mungkin informasi atau semua pemberitahuan di Facebook, baik itu permintaan pertemanan, komentar terbaru, mention, semuanya diwakilkan oleh angka saja diaplikasinya. Jika ada dua pemberitahuan (permintaan pertemanan dan komentar), di aplikasi Facebook pasti ada angka dua dengan background merah.

xiaomiintro Live Tile


Nah, untuk Live Tile cara kerjanya agak mirip, cuma yang membedakan adalah iconnya bisa dimodifikasi. Kalau di Live Tile icon aplikasi yang biasa kotak bisa dipanjangkan. Jika icon sudah panjang biasanya semua informasi mengenai aplikasi tersebut akan ditampilkan di iconnya dalam bentuk animasi. Jadi kita sebagai user bisa mengintip pemberitahuan apa yang sedang masuk, entah itu permintaan pertemanan, komentar terbaru, mention. Lebih jelasnya bisa dilihat di postingan Twitter Berikut ini:


Terlihat dari postingan Twitter diatas adalah benar jika salah satu desain IOS 14 akan mengadopsi dari konsep Live Tile yang ada di Windows Mobile. Menurut saya pribadi, fitur Live Tile jika benar diadopsi di IOS 14 terbaru akan sangat bagus. Ini berarti sebagai pengguna ponsel kita akan lebih leluasa mengkustomisasi aplikasi di ponsel kita. Tetapi sekali lagi, karena ini masih sekedar desain awal saja maka belum tentu fitur ini juga akan hadir pada versi final dari IOS 13. 

Sedikit berbicara tentang Live Tile, tentu berhubungan langsung dengan yang namanya sistem operasi Windows. Apabila teman teman pernah punya ponsel Windows Phone berbasis sistem operasi Windows Mobile maka kalian adalah saksi dimana sistem operasi jenis ini adalah salah satu yang terbaik. 

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, pada waktu menggunakan Nokia Lumia 625 yang hanya mempunyai RAM 512 MB. Ya, teman teman enggak salah dengar. RAMnya hanya 512 MB saja, tetapi mampu memainkan game HD dengan baik dan tidak ada hang atau lag saat perpindahan antar aplikasi. Seingat saya satu satunya sistem operasi yang mampu menjalankan kemampuan seperti ini hanya IOS saja. Dan sebetulnya sangat disayangkan ketika Microsoft mengumumkan bahwa mereka berhenti mengembangkan sistem operasi Windows Mobile. Padahal dengan harga yang jauh lebih murah daripada ponsel merek Iphone, kita bisa mendapatkan pengalaman yang sama dengan performa dari Iphone. 

Mungkin penyebab utama dari kejatuhan sistem operasi Windows Mobile adalah kesenjangan aplikasi dibandingkan Playstore Android dan APP Store dari IOS. Aplikasi yang tersedia di Windows store terbilang sangat sedikit. Itupun aplikasi aplikasi besar saja yang ada seperti Facebook, Instagram, itu saja biasanya mendapatkan update paling terakhir karena portingannya sangat sulit menurut para developer.

Sebagai penutup saya tidak bosan bosan menghimbau kepada teman teman untuk tetap berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Sering sering mencuci tangan dengan sabun agar terhindari dari virus, kuman, dan bakteri, menjaga kondisi tubuh sehat, hindari untuk keluar apabila tidak ada kepentingan yang mendesak, serta hindari kerumunan. Dan terakhir sesuai dengan peraturan pemerintah, hendaknya kita harus menggunakan masker apabila terpaksa keluar rumah ya teman teman supaya tidak terkena denda jika ada razia. Terima Kasih. GBU!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Fitur Live Tile akan ada di IOS 14?"

  1. . The component will empower clients to part the screen of their iPad Air, and run various apps at once. Itools 4.4.5.8 crack

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel