Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Redmi 10X Pakai Chipset Mediatek Dimensity 820?

Redmi 10X Pakai Chipset Mediatek Dimensity 820 xiaomiintro

Pagelaran peringatan 10 tahun Xiaomi telah usai dilaksanakan. Ada beberapa hal yang diperkenalkan oleh Xiaomi diacara peringatan 10 tahunnya tersebut. Mulai dari dirilisnya MIUI versi terbaru, yaitu MIUI 12 dengan segala kelebihan dan fitur barunya, hadir keluarga dari Redmi Note 9, rilisnya Flagship Xiaomi yang terbaru, yaitu Xiaomi MI 10 series dan beberapa barang lainnya. Meskipun Xiaomi secara resmi telah merilis kedua ponsel yang sudah saya sebutkan, tetapi mereka masih ingin menambahkan lini produk ponsel baru mereka di tahun 2020 ini. Menurut berita yang sudah berada di Internet, Xiaomi akan memperkenalkan ponsel terbarunya yaitu Redmi 10X yang sudah support dengan jaringan 5G. Menurut rumor yang beredar Redmi 10X akan memakai chipset Mediatek Dimensity 820.

Xiaomi berencana akan memperkenalkan Redmi 10X ini pada tanggal 26 Mei yang akan diselenggarakan di China. Masih harus ditelusuri lebih lanjut perkembangan beritanya apakah ponsel ini akan dijual secara global. Jika dilihat dari gambar yang menjadi bocorannya, tampaknya seri Redmi 10X adalah rebranding dari Redmi Note 9 series. Hal tersebut dibuktikan karena terlihat dari desain ponsel yang terlihat mirip.



Sedikit bocoran spesifikasi yang mungkin bisa menjadi gambaran Redmi 10X:

Pilihan Penyimpanan:

4 GB RAM & 64 GB ROM
8 GB RAM & 256 GB ROM
Keduanya masih bisa ditambahkan lagi kapasitas penyimpanannya karena ada satu slot untuk Micro SD.

Jenis Layar:

Layar dengan diameter 6.57 inch 
Resolusi FHD+ 
OLED dengan Waterdrop Notch

Baterai:

4,420mAh
Jika melihat sejarah lini ponsel Redmi sebelumnya, belum ada perangkat Redmi Note yang dirilis sudah support jaringan 5G. Jadi jika ponsel ini telah resmi dirilis, maka ini akan menjadi peningkatan besar bagi Redmi yang memang berfokus pada ponsel dengan harga terjangkau. Redmi 10X ini membawa konektivitas NSA dan SA 5G dan ditenagai oleh prosesor Octa Core 2.6Ghz. Kecepatan clock yang ditulis tidak sejajar dengan chipset Qualcomm Snapdragon 700 series 5G atau seri Dimensity 800 MediaTek. Tapi clock speednya mendekati Dimensity 1000. Jadi bisa dibayangkan chipset ini akan menjadi saingan dari chipset Kirin 820 dan Snapdragon 768.

Jika merujuk kepada postingan saya yang Mengenal ARM, Istilah Yang Mengikuti Prosesor, sebenarnya Mediatek adalah perusahaan yang lebih dulu membuat chipset. Meskipun kalah pamor dengan chipset Qualcomm, tetapi kualitas dari Mediatek juga cukup bersaing. Hal tersebut dibuktikan dengan ketangguhan dari chipset Helio G90T yang ada di Redmi Note 8 Pro dan Realme C3 yang sangat mumpuni untuk sektor gaming dikarenakan performa yang bagus.

Chipset baru MediaTek ini mendapatkan peningkatan grafis, dari GPU empat inti Mali-G57 menjadi lima inti. MediaTek mengatakan bahwa kinerja game akan meningkat 33% lebih baik daripada chipset sejenis. Sepertinya referensi untuk chipset sejenis adalah perbandingan untuk seri Snapdragon 700 Qualcomm. MediaTek juga membawa beberapa fitur terkait 5G ke chipset ini, seperti 5G + 5G dual SIM, agregasi operator 2CC, dan teknologi 5G UltraSave untuk konektivitas yang lebih efisien.

Mungkin dimasa lalu MediaTek telah mendapatkan impresi yang kurang baik di Indonesia. Entah karena teknologinya yang dulu membuat mesin cepat panas atau memang optimasinya yang dirasa kurang. Tapi kini MediaTek seolah menjadi sangat berbeda, sudah terbukti dari chipset chipset baru yang mereka rilis ternyata cukup menjadi saingan Qualcomm dalam hal performa. 

Jadi apakah menurut teman teman chipset terbaru dari MediaTek dan Redmi Note 10X ini akan menjadi perpaduan yang sangat Powerful? Silakan tulis pendapat teman teman dikolom komentar ya.

Sebagai penutup saya tidak bosan bosan menghimbau kepada teman teman untuk tetap berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Sering sering mencuci tangan dengan sabun agar terhindari dari virus, kuman, dan bakteri, menjaga kondisi tubuh sehat, hindari untuk keluar apabila tidak ada kepentingan yang mendesak, serta hindari kerumunan. Dan terakhir sesuai dengan peraturan pemerintah, hendaknya kita harus menggunakan masker apabila terpaksa keluar rumah ya teman teman supaya tidak terkena denda jika ada razia. Terima Kasih. GBU!


Xiaomi Intro Official
Xiaomi Intro Official Techno Holic

Posting Komentar untuk "Redmi 10X Pakai Chipset Mediatek Dimensity 820?"