Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu E-Commerce


Apa Itu E-Commerce

Pernahkah Anda atau bahkan sering berbelanja secara online? Jika iya, itu tandanya Anda pernah terlibat dengan apa itu e-commerce. Di era seperti saat ini, banyak orang yang mulai bergantung dengan e-commerce, baik sebagai penjual maupun pembeli. Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai e-commerce, mari simak ulasan berikut ini.

E-Commerce Indonesia


Salah satu dampak positif dari perkembangan teknologi di era digital seperti saat ini adalah internet. Internet juga sangat membantu memudahkan aktivitas hampir di semua aspek, salah satunya kegiatan jual-beli. Banyak orang yang mulai beralih untuk berbelanja online melalui e-commerce, karena lebih praktis dan mudah.

Di Indonesia sendiri, kegiatan belanja online terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini semakin dipicu dengan munculnya bisnis e-commerce yang menawarkan berbagai kemudahan dan penawaran produk yang lengkap, mulai dari pakaian, bahan pangan, hingga alat elektronik, sehingga Anda tidak perlu repot mengunjungi pusat perbelanjaan lagi.

Pengertian E-Commerce

Beberapa ahli juga mengemukakan pendapatnya mengenai definisi e-commerce. Berikut ini pendapat beberapa ahli tentang apa itu e-commerce.

1. Loudon

Loudon menyatakan bahwa pengertian e-commerce yaitu suatu proses transaksi jual beli yang dilakukan oleh penjual dengan pembeli secara online (dalam jaringan) menggunakan komputer sebagai perantaranya.


2. Sherly Cashman

Definisi e-commerce menurut Sherly yaitu proses transaksi binis yang terjadi dalam jaringan elektronik. Dalam hal ini, proses transaksi dilakukan secara online menggunakan jaringan internet.

3. Kalakota dan Whinston

E-commerce menurut pendapat kedua ahli ini yaitu aktivitas atau kegiatan belanja secara online menggunakan internet dan transaksi pembayarannya menggunakan cara transfer uang secara digital. Ada empat perspektif menurut Kalakota dan Whinston mengenai e-commerce yaitu sebagai berikut ini.

A. Komunikasi

Dari perspektif komunikasi, e-commerce merupakan sebuah proses mengirim informasi, produk barang atau jasa, dan transaksi menggunakan sarana berupa komputer atau peralatan elektronik lainnya, serta memanfaatkan jaringan internet.

B. Proses Bisnis

E-commerce merupakan sebuah aplikasi yang diciptakan berdasarkan perkembangan teknologi untuk memudahkan patra penggunanya dalam melakukan kegiatan transaksi bisnis dan aliran kerja secara otomatis dan praktis.

C. Layanan

E-commerce dari perspektif layanan merupakan alat atau sarana yang digunakan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan perusahaan, konsumen, dan manajemen yang bertujuan mengurangi biaya layanan atau service cost. Selain itu, e-commerce diciptakan untuk meningkatkan kualitas dan kecepatan layanan pengiriman barang.

D. Online

E-commerce dirancang sedemikian rupa dan dilengkapi dengan kemampuan untuk bertransaksi jual beli produk dan bertukar informasi melalui jaringan internet atau sarana online lainnya.

4. McLeod Pearson

McLeod Pearson mengemukakan pendapatnya mengenai e-commerce atau perdagangan elektronik sebagai sebuah proses bisnis yang memanfaatkan komputer dan internet untuk bertransaksi jual dan beli suatu produk barang atau jasa.

E-Commerce Adalah

Dari pendapat beberapa ahli yang sudah dijelaskan di atas, dapat disimpulkan bahwa e-commerce (electronic commerce) merupakan aktivitas atau kegiatan menyebarkan, menjual, membeli, dan memasarkan produk, baik barang atau jasa dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, seperti komputer, televisi, dan jaringan internet.

Secara sederhananya, pengertian e-commerce yaitu proses penjualan dan pembelian suatu produk barang atau jasa secara elektronik. Belakangan ini, e-commerce makin berkembang dari waktu ke waktu sehingga perlahan-lahan mulai menggantikan toko konvensional atau tradisional (offline) karena dianggap lebih efisien, praktis, dan memudahkan transaksi jual beli.

E-commerce bermanfaat untuk mempersingkat waktu produksi, meningkatkan market exposure, dan supplier management. E-commerce juga berguna untuk mempermudah pembayaran, mampu mengurangi biaya operasional, dan memudahkan pelaku kegiatan ekonomi dalam bertransaksi karena bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun tanpa dibatasi ruang dan waktu.

E-Commerce di Indonesia

Industri e-commerce di Indonesia juga berkembang dengan sangat pesat dan berhasil menduduki puncak 10 besar negara dengan pertumbuhan e-commerce tercepat di dunia. Berikut ini contoh beberapa e-commerce di Indonesia yang banyak digunakan.

1. Tokopedia

Sebagai salah satu bisnis e-commerce di Indonesia yang menggunakan model marketplace atau C2C, Tokopedia merupakan tempat para pelaku UMKM dan usaha perorangan dapat melakukan transaksi jual beli dan melakukan pengembangan pada bidang usahanya. Tokopedia berperan sebagai pihak ketiga yang menjembatani antara penjual dan pembeli untuk meminimalisir tindak kejahatan penipuan.

2. Blibli

Blibli merupakan salah satu bisnis perdagangan elektronik di Indonesia yang banyak digunakan. Blibli menggunakan model shopping mall, sehingga untuk bisa menikmati fitur yang disediakan, penjual harus berasal dari brand ternama dengan proses verifikasi yang sangat ketat.

3. Kaskus

Kaskus merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan layanan berupa forum diskusi online dan forum jual beli berupa iklan baris, sehingga pihak penjual tidak diwajibkan untuk menggunakan fitur escrow atau rekening bersama dalam kegiatannya.

4. Tiket.com

Sebagai salah satu e-commerce dengan model B2C, Tiket.com merupakan toko online yang digunakan untuk melakukan aktivitas bisnis dengan membuat alamat website sendiri, sehingga pihak penjual dan pembeli bisa melakukan transaksi jual beli secara online.

Penjelasan mengenai apa itu e-commerce dan beberapa contohnya dapat menambah wawasan Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai perdagangan elektronik ini. Banyak orang mulai tertarik menggunakan e-commerce karena mudah digunakan, lebih efektif, praktis, dan efisien.

Pengertian e-commerce link to https://qwords.com/blog/pengertian-e-commerce/



Xiaomi Intro Official
Xiaomi Intro Official Techno Holic

Posting Komentar untuk "Apa Itu E-Commerce"