Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips aman mengatur keuangan di masa pandemi covid 19


Tahun 2020 mungkin akan menjadi tahun yang tidak terlupakan bagi semua orang. Dimana ditahun inilah seluruh dunia mengalami dampak yang sangat kuat dari Pandemi virus Corona (COVID 19). Bagi dunia pendidikan, anak yang bersekolah terpaksa harus belajar dirumah demi kemanan. Bagu dunia ekonomi, khususnya dunia pariwisata tentunya terkena dampak langsung. Dimana banyak sejali perumahakan karyawan dan penutupuan sementara berbagai jenis usaha jasa dan pariwisata.
   
Pandemi virus Corona membuat sebagian besar masyarakat mempunyai kondisi keuangan yang tidak stabil. Padahal masih ada pengeluaran rutin yang harus diselesaikan pembayarannya, seperti listrik, air, telepon yang bersifat bulanan sampai dengan pengeluaran yang berhubungan dengan kebutuhan sehari hari. 

Supaya anda tidak terlalu pusing dengan kondisi keuangan tidak stabil yang diakibatkan oleh virus Corona, saya akan membagikan beberapa tips aman mengatur keuangan dimasa pandemi. Berikut beberapa tips dalam mengatur keuangan sehingga menjadi dapat lebih baik lagi.

Mendata Pengeluaran

Tips pertama agar keuangan anda aman dimasa pandemi Covid 19 adalah dengan mendata semua jenis pengeluaran. Entah itu kebutuhan untuk belanja, transportasi, hingga yang kecil seperti biaya parkirpun juga harus anda catat. Ketika seluruh data pengeluaran sudah dicatat secara lengkap, akan menjadi lebih mudah untuk menganalisa apakah kondisi kondisi keuangan anda defisit atau surplus. Jika defisit berarti pengeluaran anda lebih banyak daripada pemasukan, begitu juga sebaliknya. Jika anda mungkin tidak sempat untuk menulis, di App Store atau Play Store sudah banyak aplikasi untuk manajemen keuangan anda sehingga kapanpun anda memegang ponsel, anda busa mendata pengeluaran anda.

Kurangi Pengeluaran Sekunder

Jika selama pandemi ini anda adalah orang yang terkena dampaknya, maka saya sarankan anda untuk mengurangi pengeluaran yang sekunder. Pengeluaran sekunder adalah pengeluaran sebenarnya tidak terlalu penting dan bisa anda coret dari daftar pengeluaran. Contoh dari pengeluaran sekunder adalah seperti pengeluaran untuk nongkrong untuk membeli kopi, membeli rokok, bertamasya. Dengan cara ini setidaknya anda bisa melakukan penghematan yang signifikan jika dilakukan terus menerus.

Rencanakan Tabungan

Merencanakan tabungan dapat membantu kondisi kondisi keuangan anda di masa pandemi covid 19. Rencanakan tabungan yang ingin anda buat, apakah tabungan bersifat jangka pendek atau jangka panjang. Karena sekarang banyak sekali program menabung berjangka yang dimiliki beberapa bank, contohnya adalah "Tabungan Rencana" yang bisa anda tentukan sendiri nominal lamanya menabung. Dengan tabungan rencana ini, mungkin anda bisa memprogramkan biaya masuk sekolah atau biaya untuk keperluan yang lain.

Tentukan Anggaran

Ketika perencanaan tabungan sudah anda buat, anda tinggal menyusun anggaran yang dibutuhkan untuk kebutuhan selama satu bulan. Setelah melakukan tiga langkah diatas, kini anda sudah mampu memperkirakan berapa budget yang dibutuhkan selama satu bulan. Selain itu anda juga sudah bisa memilah mana kebutuhan sekunder yang sudah bisa dikurangi. Sehingga anda bisa menyisihkannya untuk menabung. 

Selalu Gunakan Cashbac


Mengapa anda harus menggunakan Cashbac? Karena banyak sekali keuntungan yang anda dapatkan dari Cashbac. Mulai dari Rewards yang didapatkan hingga promo yang diberikan oleh Cashbac. Promo yang diberikan oleh Cashbak terdiri dari banyak merchant yang sering kita kunjungi, kemudian promo juga bekerjasama dengan banyak bank di seluruh Indonesia, dan terakhir adalah promo spesial dari Cashbac yang membuat belanja kita lebih menyenangkan. 

Demikianlah beberapa tips aman mengatur keuangan dimasa pandemi Covid 19. Diharapkan tips yang saya bagikan bisa membantu anda mengatur keuangan dengan lebih baik lagi. Mari kita sama sama berdoa dan berusaha yang terbaik agar pandemi ini cepat berlalu.
Xiaomi Intro Official
Xiaomi Intro Official Techno Holic

Posting Komentar untuk "Tips aman mengatur keuangan di masa pandemi covid 19"