Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Google Bisnisku, Fitur Penting Untuk Usaha Anda

Dimulai dari tahun 2018, kami merasa penggunaan ponsel di era yang serba Digital ini sudah semakin kuat penggunaannya. Hal tersebut terlihat dari "Volume" masyarakat yang berusaha berbelanja dengan metode online semakin banyak, bahkan masyarakat juga banyak yang menjadi pedagang juga secara online. 

Mengenal Google Bisnisku, Fitur Penting Untuk Usaha Anda

Meskipun Era Digital tak luput dari kekurangan dan kelebihannya, tentunya jika digunakan dengan alasan dan motivasi yang baik ini bisa mendatangkan keuntungan bagi kita semua. Kita bisa memulai usaha tanpa modal yang besar, dengan berbekal ponsel dan paket Internet / Wifi saja kita bisa memulai usaha melalui media Internet yang banyak sekali wujudnya.

Pernahkan anda menyadari ketika mengetikkan suatu informasi misalnya kantor atau nama perusahaan di mesin pencari Google akan tertera segala informasi perusahaan tersebut secara lengkap seperti gambar di bawah ini? 

Mengenal Google Bisnisku, Fitur Penting Untuk Usaha Anda

Pengertian Google Bisnisku

Pengertian Google bisnisku atau Google My Business adalah fasilitas yang ada pada Google, untuk memberikan informasi yang tepat sasaran bagi orang orang mengenai informasi usaha atau bisnis kita. Dengan fasilitas ini, orang orang akan mengetahui informasi seputar bisnis kita secara lengkap, seperti nama, alamat, nomor telepon, alamat email, jam operasional, website, foto, hingga review klien terkait dengan bisnis / kantor / usaha kita. 

Manfaat Google Bisnisku Untuk Usaha Kita

Sebagai perusahaan teknologi, Google ternyata juga peduli dengan dunia bisnis. Sehingga siapapun bisa menggunakan fasilitas ini sekalipun orang tersebut hanya mempunyai usaha atau bisnis kecil. Tetapi dengan bermodalkan ponsel dan kuota, usaha atau bisnisnya akan bisa ditemukan di mesin pencari Google.

Mempermudah Orang Mencari Tempat Bisnis Anda

Jika anda ingin menggunakan fasilitas Google Bisnisku, satu hal yang menurut kami keuntungan terbesarnya adalah bisnis / usaha / kantor anda akan dimunculkan di Google Maps. Pengguna ponsel diseluruh dunia sudah mencapai ratusan juta. Bayangkan jika mereka membuka map dan mencari apa yang terdekat di lokasi mereka dan ada usaha atau bisnis anda disana. Tentu jika mereka tertarik pasti langsung menuju ke lokasi anda. Hanya dengan mengikuti arahan Google Maps, mereka akan sampai tepat di tujuan. Bisa anda bayangkan keuntungan yang bisa anda dapatkan bukan?

Hanya Bermodal Kuota Atau Akses Internet

Untuk bisa memanfaatkan Google Bisnisku, anda tidak perlu membayar jutaan rupiah kepada Google. Yang paling anda butuhkan adalah akses internet, dimana anda bisa mendaftar Google Bisnisku bisa melalui ponsel ataupun komputer / pc. 

Jika usaha atau bisnis anda sudah menjadi bagian dari Google Bisnisku, yang perlu anda lakukan adalah mengoptimasi bisnis atau usaha anda agar orang mencari sesuatu yang pas dengan bisnis anda, bisnis andalah yang muncul di mesin pencari Google. Terkait hal ini anda hanya perlu mencara langkah langkah di internet, jika anda masih awam dengan hal ini, anda bisa menggunakan jasa SEO untuk mengoptimasinya. 

Meningkatkan Popularitas Bisnis Atau Usaha Anda


Mengenal Google Bisnisku, Fitur Penting Untuk Usaha Anda

Jika anda sudah mendaftar Google Bisnisku, potensi bisnis anda untuk dilihat orang sangatlah besar. Ini berarti jika orang banyak yang melihat informasi bisnis anda, maka jika apa yang orang cari sesuai dengan kebutuhan mereka ditambah lagi anda memberikan layanan yang memuaska, maka bisnis anda akan menjadi sangat populer dan sudah pasti omset anda juga ikut naik.

Sebagi contoh, gambar diatas adalah sebuah kata kunci pencarian mengenai toko hp di Bali. Jika anda sudah mengoptimas akun Google Bisnisku, kemudian bisnis anda disukai orang dan posisi bisnis anda di top tiga besar yang direkomendasikan oleh Google, siapkan diri anda untuk menerima banyak orderan. 

Menjalin Komunikasi Dengan Calon Pelanggan  

Mengenal Google Bisnisku, Fitur Penting Untuk Usaha Anda

Seperti Aplikasi berbasis ponsel, Google Bisnisku juga menyediakan fitur chat antara konsumen dengan anda. Dengan fitur ini, anda harus selalu menyempatkan waktu untuk membalas chat calon konsumen anda. Sehingga peringkat akun Google Bisnisku bisa meningkat dan direkomendasikan oleh Google. 

Mengetahui Data Pengunjung Google Bisnisku

Pada saat anda sudah mendaftar Google Bisnisku, anda bisa pilih tab "Insights". Tab ini akan memberikan data mengenai website yang terkait dengan bisnis anda. Dari tab ini juga, anda bisa menentukan data apa saja yang ingin anda lihat. Terdapat tiga unsur utama dapan fitur Insight ini, yaitu Visibility (visibilitas), engagement (keterlibatan pelanggan), dan audience (pengunjung). Visibility adalah data tentang jumlah orang yang melihat profil, postingan, dan photo akun Google Bisnisku milik anda. Engagement adalah data terkait pengunjung yang berinteraksi dengan postingan anda. Dan yang terakhir adalah Audience, berisi tentang data pengunjung yang mengikuti akun anda.

Menampilkan Informasi Umum Seputar Bisnis Anda

Google Bisnisku memungkinkan anda untuk bisa update hal penting terkait bisnis anda. Supaya pelanggan anda bisa melihat update dari anda secara langsung. Di bawah ini adalah informasi informasi yang pengunjung bisa lihat terkait bisnis Anda:

  • Waktu operasional
  • Waktu sibuk
  • Directions
  • Foto
  • Tombol ‘call now’ untuk pengguna mobile
  • Deskripsi bisnis Anda

Pastikan anda melengkapi semua data di atas, supaya pengunjung merasa yakin mengenai keberadaan bisnis anda.

Demikianlah informasi seputar Google Bisnisku, kami harap dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan anda mengenai dunia bisnis dan internet. Terima Kasih.
Xiaomi Intro Official
Xiaomi Intro Official Techno Holic

Posting Komentar untuk "Mengenal Google Bisnisku, Fitur Penting Untuk Usaha Anda"