Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Motorola Rilis Smartphone Baru, Moto G9

Beberapa tahun belakangan ini, publik cukup diramaikan dengan beberapa merek smartphone yang itu itu saja. Sebut saja ada Apple, Samsung, Oppo, Vivo, dan Xiaomi. Kelima merek ponsel tersebut memang cukup mendominasi pasar smartphone baik di level dunia maupun Indonesia sendiri.

Tetapi satu nama yang mungkin cukup membuat kita bisa bernostalgia adalah "Motorola". Ya, merek yang satu ini baru saja meluncurkan smartphone terbarunya di negara India. Nama smartphonenya adalah Motorola Moto G9. Smartphone terbaru dari Motorola ini rupanya akan meramaikan pangsa pasar dari Redmi dan Realme yang berada pada kisaran harga USD 153, atau jika dirupiahkan sekitar dua jutaan.

Smartphone terbaru dari Motorola ini terbilang cukup menarik karena smartphone ini adalah yang pertama kali menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 662. Kedatangan smartphone Motorola Moto G9 ini berutujuan menggantikan smartphone Motorola sebelumnya yaitu Motorola Moto G8 yang ditenagai oleh chipset Snapdragon 665.

Fitur Dan Spesifikasi Motorola Moto G9

Motorola Rilis Smartphone Baru, Moto G9
Sumber Gambar: gsmarena.com

Motorola Moto G9 membuat body yang terbuat dari bahan polikarbonat dengan ukuran dimensi 165.2 1 x 75.73 x 9.18mm. Material tersebut dilengkapi dengan fitur anti cipratan air sehingga memberikan sedikit perlindungan yang lebih baik kepada ponsel ini.

Terdapat satu sebutan untuk layar ponsel ini adalah, yaitu "Max Vision". Sebutan tersebut diberikan untuk resolusi layar HD+ dengan 1600 x 760 piksel dengan aspek rasio yang bisa dibilang panjang ketimbang beberapa ponsel sekelasnya yaitu 20:9.

Jika berbicara mengenai chipset apa yang dipakai pada ponsel ini, maka Motorola Moto G9 sudah menggunakan chipset terbaru yang dirilis oleh Qualcomm yang diperuntukkan bagi ponsel seri menengah, yaitu Snapdragon 662. Chipset ini sebenarnya sudah diperkenalkan oleh Qualcomm sejak bulan Januari kemarin. Chipset ini akan berpadu dengan RAM sebesar 4GB dan internal memori sebesar 128GB dengan tambahan satu slot lagi untuk micro SD.

Lebih detail membahas kamera dari Motorola Moto G9, kita akan disuguhkan sebuah kamera depan dengan resolusi 8MP (f /2.2). Sebuah kamera depan yang cukup standar saja untuk kebutuhan selfie di tahun 2020 ini. Disisi lainnya, yaitu bagian kamera belakangnya mempunyai pengaturan tiga kamera belakang. Dimana masing masing kameranya adalah kamera utama 48MP (f/1.7), kamera makro 2MP (f/2.2), kamera bokeh / depth sensor 2MP (f/2.2).

Pada bagian kamera belakang ini terdapat beberapa fitur yang diberikan oleh ponsel ini, yaitu quad pixel teknologi, Night Vision atau Mode Malam, smart composition, auto smile capture, shot optimization, spot color, hyper-lapse, high-resolution zoom, and integrasi kamera dengan Google lens seperti yang dimiliki oleh beberapa ponsel Xiaomi, Redmi, Poco.

Dari sisi software, Motorola Moto G9 datang dengan Android Versi terbaru, yaitu Android 10. Seperti beberapa merek ponsel lainnya, Motorola pun juga memiliki User Interface bikinan mereka sendiri yang diberinama My UX. Menurut Motorola, My UX akan memberikan penggunakan pengalaman sebuah UI tanpa aplikasi tambahan dan iklan. Sehingga pengguna ponsel ini akan merasakan pengalaman menggunakan ponsel dengan Sistem Operasi Stock Android dengan tambahan sebuah tombol khusus untuk "Google Assistant".

Motorola Moto G9 memiliki kapasitas baterai sebesar 5000 mAh yang diklaim memiliki ketahanan pemakaian hingga dua hari dalam sekali charge. Dengan kapasitas baterai sebesar itu, ponsel ini bisa memutar musik hingga 85 jam, streaming video 16 jam dan browsing selama 13 jam. Baterai besar ini sudah support dengan fast charging sebesar 20 Watt dikenal dengan nama "Power rapid charging technology".

Ponsel ini masih memiliki pemindai sidik jari yang terletah di bagian belakang body. Desain pemindai sidik jari dari ponsel inipun terbilang cukup unik karena memilik latarbelakang logo Motorola. Selain fitur pemindai sidik jari, Motorola Moto G9 juga punya fitur face recognition untuk membuka layar.

Untuk bagian konektivitas, Motorola Moto G9 dilengkapi fitur dual SIM yang mampu mendukung 4G VoLTE, Wi-Fi 802.11ac, Bluetooth 5.0, GPS, USB-C, NFC, dan port jack 3.5mm. Jika melihat harganya, ketersediaan NFC akan menjadi sebuah nilai plus untuk ponsel ini. 

Harga Motorola Moto G9 di India

Motorola Moto G9 akan dijual di negara India sekitar USD 153 atau dua jutaan saja. Ponsel ini dinilai akan memberikan perlawanan yang cukup bagus bagi Redmi dan Realme. Ponsel ini tersedia dalam dua warna saja, yaitu Sapphire Blue and Forest Green.

Bagaimana pendapat anda mengenai ponsel terbaru dari Motorola ini? apakah cukup bagus dan bisa bersaing dengan Redmi atau Realme? Tuliskan pendapat anda di kolom komentar ya. Terima Kasih.









 


Xiaomi Intro Official
Xiaomi Intro Official Techno Holic

Posting Komentar untuk "Motorola Rilis Smartphone Baru, Moto G9"