Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lebih Galak, Inilah Xiaomi Spesifikasi dan Fitur Xiaomi MI 10 Ultra

Meskipun terbilang mahal, pangsa pasar dari sebuah ponsel Flagship akan terus ada dan ternyata banyak sekali peminatnya. Memang jika kita pertimbangkan dari segi harga akan muncul banyak sekali pilihan ponsel yang mungkin "lebih" worth atau layak. Tetapi jika kita berpikir apa saja yang yang bisa diberikan oleh sebuah ponsel Flagship tentu saja adalah "segalanya". Segalanya yang kami maksud disini adalah semua yang terbaik yang bisa diberikan oleh sebuah ponsel dengan harga yang mahal seperti chipset paling ngebut untuk saat ini, fitur kamera terbaik saat ini, hingga pengalaman penggunaan ponsel Flagship yang tidak akan bisa ditemui oleh ponsel untuk kelas dibawahnya.

Tahun 2020 Xiaomi sendiri sudah memproduksi ponsel Flagship terbaiknya, yaitu Xiaomi MI 10. Ponsel ini juga dijual secara resmi di Indonesia. Berbekal ponsel dengan kualitas terbaik, tentu saja kita tidak perlu meragukan lagi bagaimana kualitas ponsel ini.

Berpikir tentang Xiaomi MI 10 saja mungkin sudah membuat kita terkagum kagum tentang bagaimana gaharnya spesifikasi dan kemampuan ponsel ini. Tetapi tahukah anda bahwa Xiaomi sudah merilis ponsel yang kemampuannya lebih galak dari Xiaomi MI 10?

Ponsel tersebut bernama Xiaomi MI 10 Ultra, dengan embel embel "Ultra" ponsel ini mempunyai kelebihan yang secara khusus dibangun pada sektor kameranya. Karena teknologi kamera yang sangat baik, lagi lagi melalui Xiaomi MI 10 Ultra ini Xiaomi mencatatkan namanya menjadi merek ponsel dengan kualitas kamera terbaik.

Spesifikasi, Fitur, dan Harga Xiaomi MI 10 Ultra

Lebih Galak, Inilah Xiaomi Spesifikasi dan Fitur Xiaomi MI 10 Ultra
Sumber gambar: gsmarena.com

Pada artikel sebelumnya sudah sempat diberitakan tentang bagaimana bocoran dari ponsel ini, anda bisa membacanya disini Xiaomi MI 10 Ultra, Flagship Gahar Xiaomi Selanjutnya.

Desain Xiaomi MI 10 Ultra

Xiaomi MI 10 Ultra dirilis oleh Xiaomi bertepatan dengan peringatan 10 tahun kiprah Xiaomi di Industri Teknologi, jika anda membeli ponsel ini maka akan ada tulisan 10th xiaomi anniversary pada kotaknya. Pada tipe ponsel Xiaomi MI 10 Ultra dengan desain body transparan, anda bisa melihat sebuah sensor wireless charging sebesar 50 Watt dan sebuah sensor lagi yang dipergunakan sebagai NFC.

Varian lain dari Xiaomi MI 10 adalah Xiaomi MI 10 Pro. Tetapi tentu saja jika dilihat dari namanya, Xiaomi MI 10 Ultra adalah seri ponsel penyempurna dari MI 10 Pro. Jika anda tidak terlalu suka dengan tampilan layar dari Xiaomi MI 10 Pro, anda bisa memilih untuk mendapatkan MI 10 Ultra dikarenakan sudah menggunakan layar 120 Hz yang bisa memproduksi warna lebih baik dari MI 10 Pro.

Anda mempunyai ponsel dengan kemampuan charge hingga 50 Watt dan sudah merasa cukup cepat untuk waktu pengisiannya? Mungkin anda perlu beralih ke Xiaomi MI 10 Ultra yang sudah mampu mengisi daya hingga 120 Watt dengan waktu pengisian daya cukup 23 menit saja. Cukup cepat bukan, anda tidak perlu meluangkan waktu lebih dari satu jam untuk mengisi baterai anda hingga terisi penuh.

Selain kemampuan pengisi dayanya yang terbilang sangat cepat, Xiaomi MI 10  Ultra mempertahankan fitur yang sudah sangat baik dari seri pro sebelumnya, yaitu "Dual Stereo Speaker" dan "Performance" yang sangat baik.

Terlepas dari segala kemampuan yang hebat dari ponsel ini, rupanya ada satu hal kecil dari kami yang merupakan sedikit kekurangan. Yaitu ponsel ini mempunyai bobot 223 gram dan memiliki ketebalan 9.5mm yang memberikan kesan besar dan tebal pada saat kita menggenggam ponsel ini.

Tampilan Layar Xiaomi MI 10 Ultra

Layar dari Xiaomi MI 10 Ultra ini memang tidak menggunakan layar dengan panel OLED buatan dari Samsung, tetapi masih bisa menampilkan tingkat akurasi warna yang sama. Sehingga jika anda terbiasa menggunakan layar berpanel OLED buatan Samsung, maka bisa dipastikan anda tidak akan bermasalah dengan layar Xiaomi  MI 10 Ultra. 

Karena sudah menggunakan layar yang sudah mendukung 120 Hz, maka ponsel ini dapat memutar video dan memainkan game dengan sangat lancar tanpa adanya "Frame Drop". Kondisi yang berbeda kami temukan pada pemutaran video dengan frame rate rendah. Dimana kami tidak bisa menemukan "Interpolasi Frame" seperti yang ada pada Oneplus 8 Pro.

Pengisian Daya & Baterai Xiaomi MI 10 Ultra

Pengisian daya dari Xiaomi MI 10 Ultra adalah yang tercepat untuk saat ini. Kepala charger yang ada dalam box adalah perangkat pertama yang bisa mencapai efisiensi pengisian daya lebih dari 100W. Saat kami mulai menghubungkan kabel pengisi daya dengan ponsel, terdapat animasi pengisian daya yang menunjukkan kecepatan pengisian daya yang belum pernah kami lihat sebelumnya. Terdengat sangat tidak umum bahwa hanya butuh sekitar 9 menit untuk mendapatkan 50% pada baterai dengan kapasitas 4500mAh. Kemudian kami melakukan tes dari 0% sampai terisi penuh selesai dalam waktu 24 menit saja.

Dalam setingan layar 120Hz, kami melakukan tes dengan menonton video selama 2 jam dan kemudian menjalankan aplikasi media sosial selama satu jam untuk menguji daya tahan baterai. Ponsel ini menyisakan baterasi sebesar 77%, kemudian kami bermain game PUBG selama 2 jam lebih dan baterai berkurang 35%. Daya tahan baterainya secara umum cukup baik dan seharusnya bisa digunakan untuk penggunaan seharian.

Kemampuan Gaming dan Performa
Mungkin hal yang cukup bisa ditebak dari Xiaomi MI 10 Ultra adalah sektor nilai Antutunya. Jika dibandingkan dengan Xiaomi MI 10, MI 10 Pro, ketiga ponsel ini memiliki nilai Antutu yang tidak jauh berbeda. 

Pada saat bermain PUBG, kami melakukan pengaturan dengan mengunci layar pada setingan 120 120 FPS. Tetapi sayang  setingan 120 FPS ini hanya berlangsung sebentar saja karena kemudian FPS akan turun ke 60 FPS. Pada saat memainkan game PUBG, frame rate rata rata yang bisa kami dapatkan adalah 76,9 FPS. Tentunya untuk ponsel yang menggunakan chipset 865, nilai ini bukan nilai yang bagus. Tetapi MI 10 Ultra sudah sangat stabil untuk memainkan game PUBG dengan 60 FPS.

Kamera Xiaomi MI 10 Ultra

Lebih Galak, Inilah Xiaomi Spesifikasi dan Fitur Xiaomi MI 10 Ultra
Sumber gambar: gsmarena.com

spesifikasi utama dari Xiaomi MI 10 Ultra ini adalah sistem kamera baru dengan kapasitas digital zoom hingga 120x. Sensor kamera paling atas ini adalah kamera telefoto yang dilengkapi optic zoom hingga 5x dan digital zoom hingga 120 kali dengan bantuan OIS. Kamera kedua adalah kamera portrait yang mendukung optic zoom hingga 2x. Kamera ketiga adalah kamera utama. Sedangkan kamera terakhir adalah kamera wide angle 128 derajat, yang mungkin merupakan lensa dengan sudut terluas yang ada pada sebuah kamera smartphone.

Kamera utama Xiaomi MI 10 Ultra memiliki sensor 48 MP 1 / 1,32 ”yang dapat melakukan pemrosesan HDR bingkai tunggal pada prosesor. Pada dasarnya, piksel dikelompokkan menjadi tiga kategori: eksposur pendek, sedang dan panjang. Kemudian ketiga kategori tersebut digabungkan menjadi sinyal HDR saat sensor membacakan gambar baris demi baris.

Xiaomi MI 10 Ultra adalah ponsel pertama Xiaomi yang dapat merekam video HDR10. Ponsel ini juga memiliki desain lensa 8P yang langka, yaitu lensa dengan delapan elemen, yang mengurangi penyimpangan sebanyak mungkin. Setiap elemen yang ditambahkan ke lensa membuatnya lebih rumit secara eksponensial (dan lebih mahal) untuk diproduksi.

Ponsel ini membawa sensor SonyIMX586 48MP dengan aperture besar 1 / 2,32. Ukuran sensor akan membuat modul terlalu tebal untuk dimasukkan ke dalam bingkai ponsel. Dalam hal ini, Xiaomi harus menggunakan lensa "D cut" untuk merampingkannya. Lensa D cut membuat stabilisasi gambar optik lebih sulit, tetapi setelah beberapa kali mencoba, para insinyur yang terlibat dalam pembuatan ponsel ini berhasil melakukannya.

Spesifikasi Xiaomi MI 10 Ultra

BagianKeterangan
OSAndroid 10 & MIUI 12
Dimensi162.4 x 75.1 x 9.5 mm
LayarIPS LCD, 16M colors 1080 x 2340 pixels
Gorilla Glass 5
ChipsetQualcomm SM8250 Snapdragon 865 (7 nm+)
GPUAdreno 650
RAM6GB, 8GB, 12GB, 16GB RAM
ROM128GB, 256GB, 512GB
Kamera Belakang48 MP, f/1.9, 25mm (wide), 1/1.32", 1.2µm, PDAF, Laser AF, OIS
48 MP, f/4.1, 120mm (periscope telephoto), 1/2.0", 0.8µm, PDAF, OIS, 5x optical zoom, 120x hybrid zoom
12 MP, f/2.0, 50mm (telephoto), 1/2.55", 1.4µm, Dual Pixel PDAF, 2x optical zoom
20 MP, f/2.2, 128˚, 12mm (ultrawide), 1/2.8", 1.0µm, PDAF
Kamera Depan20 MP, f/2.3, (wide), 1/3.4", 0.8µm
Baterai4500 mAh Fast charging 120W

Varian Warna dan Informasi Harga

Xiaomi MI 10 Ultra terbagi dalam 3 varian warna, yaitu Obsidian Black, Mercury Silver, Transparent Edition. Ponsel canggih ini dijual mulai USD 800 atau jika dirupiahkan sekitar 11 jutaan.

Xiaomi Intro Official
Xiaomi Intro Official Techno Holic

Posting Komentar untuk "Lebih Galak, Inilah Xiaomi Spesifikasi dan Fitur Xiaomi MI 10 Ultra"