Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Microsoft Akuisi TikTok

Pada saat kita membeli sebuah ponsel, pastilah kita akan segera mendownload aplikasi aplikasi yang menurut kita harus didownload untuk kebutuhan pekerjaan, hiburan, atau bersosial media. Apliaksi tersebut sudah disediakan di App Store atau Play Store. Sehingga cukup sediakan kuota atau Wifi saja agar beragam aplikasi tersebut terpasang pada ponsel kita.

Salah satu aplikasi yang kini digemari oleh generasi milenial saat ini adalah TikTok. TiktTok adalah aplikasi yang termasuk dalam kategori sosial media yang didalamnya kita juga bisa melihat video dari orang lain dari berbagai negara. 

Peluang Microsoft Akuisi TikTok
Sumber gambar:pixabay.com (account name:solenfeyissa)

Saking populernya aplikasi ini, TikTok kini juga digunakan tidak hanya untuk kebutuhan "Asik Asik" an saja. Tetapi juga digunakan sebagai media untuk  promosi produk atau bisnis yang dimiliki seseorang. Melalui TikTok Ads semua orang bisa beriklan di media sosial ini.

Berbicara mengenai TikTok, tidak ada yang memungkiri bahwa aplikasi ini sangat terkenal di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Karena kepopuleran aplikasi ini tentu unutk dari segi bisnis sangat menguntungkan. Sehingga bisa dipastikan akan banyak perusahaan besar yang juga ingin bekerja sama dengan TikTok termasuk Microsoft yang notabene adalah perusahaan asal Amerika Serikat.

Beberapa waktu yang lalu, pada beberapa media online tersebut sebuah berita yang menyatakan bahwa Microsoft ingin mengakuisisi TikTok. Pada saat yang sama juga, Presiden Amerika Serikat, yaitu Donald Trump menyatakan menolak ide dari Microsoft untuk mengakuisisi TikTok. Tentunya jika Microsoft ingin mengakuisisi TikTok sangat berlawanan dengan kebijakan Donald Trump yang akan melarang aplikasi tersebut untuk digunakan di Amerika.

Meskipun mendapatkan penolakan dari Presiden Amerika Serikat, Microsoft sudah melakukan pertemuan dengan perusahaan ByteDance yang bermarkas di China. Pertemuan ini berlangsung untuk membahas rencana Microsoft sehubungan dengan keinginannya mengakuisisi TikTok. Pertemuan tersebut sedianya akan dilangsungkan pada tanggal 15 September.

Berdasarkan informasi dari CNBC, diketahui bahwa CEO Microsoft yang sekarang, yakni Satya Nadella sudah melakukan pembicaraan dengan Donald Trump terkait masalah ini. Microsoft memang sudah lama berkeinginan untuk membeli TikTok untuk negara negara seperti Kanada, Australia dan Selandia Baru. Layanan yang akan diberikan Microsoft rencananya adalah memastikan informasi penggunaan aplikasi kepada pengguna secara transparan, serta melakukan pengawasan keamanan yang sesuai dengan kebijakan pemerintah pada ketiga negara tersebut.

Menurut Reuters, Donald Trump diketahui sudah menyetujui pembahasan akuisisi ini dengan memberikan waktu 45 hari kepada ByteDance menyelesaikan pembelian TiktTok oleh Microsoft. Pembahasan ini terkait lokasi penyimpanan data pengguna pengguna TikTok yang akan dilakukan secara lokal di Amerika. Setelah pemindahan data selesai dilakukan, maka data yang tersimpan di negara lain selain di Amerika akan otomatis terhapus.

Niatan Microsoft untuk mengakuisisi TikTok awalnya hanya tertarik untuk bisnis TikTok pada skala kecil saja. Tetapi seiring berjalannya waktu, Microsoft tertarik pada bisnis skala besar TikTok, sehingga diperlukan akuisi untuk mempermudah Microsoft melakukan rencananya.

Rencana Microsoft untuk mengakuisi ByteDance, selaku perusahaan pembuat TikTok seperti cukup mengusik Facebook. Hal tersebut dikarenakan Microsoft tengah menjalin hubungan kerjasama dengan Facebook yang berjumlah miliaran dollar sejak tahun 2007. Dengan akuisisi tersebut tentunya Facebook akan menganggap TikTok adalah saingan mereka.

Menurut anda, bagaimana dengan rencana Microsoft mengakuisisi TikTok ini apakah cukup menarik? Mengingat Microsoft adalah perusahaan yang sangat besar, pasti sangat menarik untuk ditunggu langkah strategis apa yang akan dilakukan oleh Microsoft. 

Hal lain yang cukup menarik adalah bagaimana seorang CEO Microsoft, bisa menyakin Donald Trump agar diijinkan untuk mengakuisi TikTok. Tuliskan pendapat anda mengenai artikel ini di kolom komentar ya. Terima Kasih.

Xiaomi Intro Official
Xiaomi Intro Official Techno Holic

Posting Komentar untuk "Peluang Microsoft Akuisi TikTok"