Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Xiaomi MI 11, Calon Flagship Xiaomi Tahun Depan

Jika anda membayangkan sebuah ponsel Flagship dari Xiaomi, apa yang terlintas dalam pikiran anda? Sudah pasti adalah soal harganya. Flasghip Xiaomi dikenal dengan harganya yang cenderung di bawah dari ponsel Flagship dari merek merek yang lain. Dengan harga tersebut, sangatlah wajar apabila ada sedikit fitur yang dikurangi. Tetapi Flagship tetaplah Flagship, anda tetap bisa mendapatkan sebagian besar fitur yang dimiliki ponsel Flagship. Mulai dari chipset terngebut, hingga desain yang premium.

Penampakan berbeda ditunjukkan Xiaomi pada Flagship terbarunya melalui Xiaomi MI 10 / MI 10 Pro. Flagship Xiaomi yang satu ini benar benar berasa ponsel premium dan sejajar dengan beberapa merek lain. Hal tersebut rupanya tidak hanya membuat berita dan tanggapan positif saja. Memang dari urusan desain, fitur, material, chipset, Xiaomi MI 10 adalah ponsel yang hampir sempurna. Tetapi jika dilihat dari segi harga, sepertinya Xiaomi MI 10 melesat naik dengan jarak yang lumayan besar.

Untungnya Xiaomi lagi lagi tidak kekurangan akal untuk dapat ikut memanaskan persaingan ponsel di level High End dan Flagship. Setelah Xiaomi MI 10 / MI 10 Pro dirilis, Xiaomi langsung memfokuskan perhatiannya kepada ponsel dengan kualitas yang tidak kalah gahar seperti Blackshark 3 dan POCO F2 Pro. 

Melihat spesifikasi dan kualitas yang ditunjukkan oleh Xiaomi MI 10 / MI Pro, tentunya akan ada sedikit tantangan bagi Xiaomi untuk membuat ponsel Flagship kembali pada tahun ini kualitas yang minimal sedikit diatas Xiaomi MI 10 series tersebut. Untuk itu kami tertarik untuk membahas dan membayangkan bagaimana rupa dan kemampuan dari calon Flagship Xiaomi tahun depan, yaitu Xiaomi MI 11.

Sebelum menuju kepada calon Flagship Xiaomi tahun depan, tentunya kita semua tidak lupa akan ponsel Xiaomi yang pertama kali menggunakan kamera belakang dengan sensor terbesar, yaitu Xiaomi MI Note 10. Ponsel ini dikenal adalah ponsel kelas menengah atau High End yang dibekali dengan berbagai fitur melimpah. Bahkan pada awal peluncurannya, tidak banyak ponsel Flagship yang mempunyai fitur Xiaomi MI Note 10. Apakah diakhir tahun 2020 akan merilis ponsel Xiaomi MI Note 11? 

Berdasarkan pihak dari Xiaomi atau berbagai media yang biasanya memberikan berita mengenai bocoran ponsel yang akan datang, kami masih belum mengetahui hal apapun mengenai kehadiran Xiaomi MI 11. Kami harap dalam beberapa bulan ke depan sudah ada informasi mengenai rencana Xiaomi untuk membuat Flagship penerus dari Xiaomi 10 series ini.

Sebelum kita mengetahui lebih banyak mengenai Xiaomi MI 11, kami sudah mencatat daftar  fitur dan spesifikasi yang diharapkan ada di Xiaomi MI 11. Anda bisa membaca artikel ini sampai habis untuk dapat mengetahui daftar lengkapnya.

Jika melihat kemampuan, fitur, dan spesifikasi dari MI 10 dan MI Note 10 Series, kami memberikan nilai yang hampir sempurna pada kedua ponsel tersebut. Dasar kami adalah kedua jenis ponsel tersebut membawa peningkatan yang besar dari seri sebelumnya. Sehingga untuk kedepannya, MI Note 11 series dan MI 11 Pro series bisa mendapatkan 5 bintang agar bisa peningkatan fitur dan spesifikasi dari yang sekarang.

Xiaomi MI 11, Calon Flagship Xiaomi Tahun Depan
Sumber gambar: mi.co.id


Informasi Harga dan Tanggal Peluncuran Xiaomi MI 11

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kami belum mendapatkan informasi resmi mengenai Xiaomi MI 11. Tetapi berdasarkan event yang sudah diselenggarakan sebelumnya, kami akan berusaha memprediksi kapan Xiaomi MI 11 dirilis.

Dua Flagship Xiaomi MI 10 dan MI 9 berada pada bulan yang sama pada saat perilisannya, yaitu pada Bulan Februari. Perlu diperhatikan adalah bulan Februari adalah rilis ponsel Flagship terseut untuk market China. Jadi kemungkinan Xiaomi MI 11 dirilis untuk market China sekitar bulan Februari juga pada tahun depan. Sedangkan untuk rilis Xiaomi MI 11 versi Global kemungkinan akan diselenggarakan pada Bulan Maret.

Melihat kebelakang jarak harga antara Xiaomi MI 9 dan Xiaomi MI 10 terpaut cukup jauh. Melihat spesifikasinya, Xiaomi MI 9 terlihat lebih mirip seperti ponsel pada kelas High End. Sedangkan Xiaomi MI 10 series mempunyai image ponsel premium. Melihat tren pergerakan kenaikan harga tersebut, kami perkirakan Xiaomi MI 10 akan lebih mahal daripada Xiaomi 10 series. Bisa juga akan turun harga di bawah Xiaomi MI 10 series, tetapi kemungkinan tersebut sangat kecil sekali. Mengingat biaya produksi chipset yang cenderung naik setiap tahunnya.

Xiaomi MI 11, Calon Flagship Xiaomi Tahun Depan
Sumber gambar: mi.co.id

Harapan Pengguna Setia Xiaomi untuk Xiaomi MI 11

Pada bagian dibawah ini adalah beberapa hal yang diharapkan pengguna setia Xiaomi pada Xiaomi Mi 11 dan Mi 11 Pro sehingga kedua Flagship tersebut mempunyai nilai yang sangat tinggi untuk dibeli.

1. Sedikit Penurunan Harga

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, terdapat perbedaan harga yang cukup lebar antara Xiaomi MI 9 dan MI 10. Xiaomi MI 10 adalah ponsel Flagshhip Xiaomi yang cukup mahal dan untuk level harga yang sama, MI 10 belum tentu mempunyai nilai guna yang lebih baik. Kita tahu sendiri bahwa Xiaomi memiliki spesifikasi tinggi dengan harga terjangkau dan Xiaomi MI 10 sepertinya bukanlah ponsel Xiaomi yang terjangkau.

Kami berharap Xiaomi MI 11 series bisa membawa harga yang sedikit lebih murah dari Xiaomi MI 10. Tidak perlu semurah Xiaomi MI Note 10, tetapi setidaknya bisa lebih murah dari Xiaomi MI 10 saja, itu sudah cukup. Seandainyapun Xiaomi MI 11 tidak bisa lebih murah dari MI 10, kami sangat berharap bahwa kenaikan harganya juga seimbang dengan spesifikasi, fitur, materialnya. Sehingga tidak kalah dengan Flagship Samsung dan Apple.

2. Peningkatan Kualitas Kamera Versi Biasa

Xiaomi MI 10 memang sangat superior untuk urusan kameranya dibandingan dengan Xiaomi MI 10 versi biasa. Xiaomi MI 10 sendiri tidak memiliki kamera telefoto optik zoom, penginderaan makro yang kurang baik, serta pembidik makro yang kurang baik. Sehingga menghasilkan foto yang biasa saja untuk ukuran smartphone Flagship. Hal berbeda ditunjukkan oleh Xiaomi MI 10 Pro yang memiliki dua sensor lensa telefoto, keadaan ini berbanding terbalik dengan Xiaomi MI 10. Harapan kami adalah Xiaomi MI 11 sudah mempunyai minimal satu lensa telefoto. Karena Flagship versi Pro sudah pasti mempunyai fitur diatas versi standar.

Hal lain yang sepertinya harus diperhatikan adalah sensor kedalaman (depth sensor) dan lensa makro. Kita seringa mengetahui aneka smartphone dengan kedua jenis lensa ini hanya mempunyai sensor sebesar 2MP dan 5 MP saja. Dengan sensor kecil seperti ini tidak akan banyak membantu untuk meningkatkan kemampuan fotografi sebuah ponsel.

3. Peningkatan MIUI

Untuk dari MIUI Xiaomi sepertinya harus memperhatikan beberapa "Bloatware" yang sudah terinstal pada ponselnya sebelum dipakai. Sehingga beberapa aplikasi bawaan yang tidak terlalu dibutuhkan pengguna tidak perlu ada. Lainnya adalah beberapa permasalahan privasi dan otorisasi MIUI terhadap aplikasi yang diinstal.

4. Layar Dengan Refresh Rate 120Hz

Layar Ponsel Xiaomi MI 10 sudah mempunyai refresh rate 90Hz. Lebih tinggi dari smartphone biasa yang 60Hz. Kami ingin melihat bahwa Xiaomi MI 11 sudah menggunakan layar 120Hz, yang efeknya adalah pergerakan aplikasi dan animasinya manjadi lebih "Smooth". Mengingat beberapa ponsel dari level High End sudah menggunakan layar 120Hz lebih dahulu. 

5. Inovasi Peletakan Speaker
Kualitas Speaker dari Xiaomi MI 10 sudah lebih baik daripada pesaingnya di level yang sama. Tetapi peletakan speaker menurut kami masih kurang tepat sehingga terkadang kami masih sering menutup speaker dengan tangan secara tak sengaja ketika bermain game. Sehingga suara yang dihasilkan gamea atau film berangsur hilang. Diharapkan Xiaomi MI 11 akan bisa mengatasi masalah speaker ini.

sumber: techradar.com





Xiaomi Intro Official
Xiaomi Intro Official Techno Holic

Posting Komentar untuk "Xiaomi MI 11, Calon Flagship Xiaomi Tahun Depan "