Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apple Dan Google Berduet Maut Untuk Membuat Sistem Pencegahan Korona

Apa yang ada di benak anda ketika mendengar nama "Apple" dan "Google"? Tentu sebagian besar dari kita pasti sudah tahu jika mendengar kedua nama tersebut akan berpikir sebuah perusahaan teknologi yang sangat besar. Kedua perusahaan tersebut baru baru ini sedang "Berduet Maut" untuk membuat sebuah sistem yang berguna sebagai langkah antisipatif untuk mencegah Virus Korona menyebar luas.

Apple Dan Google Berduet Maut Untuk Membuat Sistem Pencegahan Korona
Sumber gambar: pixabay.com (credit: JESHOOTS-com)
Mungkin hal tersebut terdengar tidak biasa dikarenakan kita terbiasa mendengar bahwa kedua perusahaan teknologi ini selalu berkompetisi untuk menjadi yang terbaik dan terdepan. Tetapi dengan adanya Virus Korona mereka kini bergotong royong untuk dapat menekan laju penyebaran COVID 19 melalui sebuah sistem yang bernama "Exposure Notifications Express". 

Sistem baru yang merupakan hasil pengembangan dari Apple dan Google tersebut mempunyai kemampuan untuk mengirim file konfigurasi yang ditujukan ke Apple dan Google dari otoritas kesehatan yang menaungi masyarakat sehingga tentu saja informasinya kredibel dan akurat.

Hasil kiriman file konfigurasi yang diterima oleh Google dan Apple dari otoritas kesehatan yang menaungi masyarakat tersebut akan digunakan sebagai referensi bagi sistem untuk memberikan informasi atau pemberitahuan apakah mereka berada cukup dekat dengan orang yang positif COVID 19 atau tidak yang sebelumnya sudah disetting terlebih dulu oleh pengguna ponsel tersebut.

Bagi anda yang menggunakan ponsel buatan Apple, akan ada update sistem operasi IOS terbaru yang kemungkinan sudah diluncurkan pada tanggal 1 September kemarin. Update sistem operasi / OS ini akan melakukan penyesuaian dan memberitahu penggunanya apakah sistem terbaru yang dibuat oleh kedua perusahaan tersebut sudah mempunyai database dari otoritas kesehatan yang menaungi masyarakat atau tidak. Jika sudah ada, maka pengguna bisa mengkostumisasi sistem ini tanpa harus memasang aplikasi lagi terkait sistem baru ini.

Apple Dan Google Berduet Maut Untuk Membuat Sistem Pencegahan Korona
Sumber gambar: pixabay.com (credit: xyz0)
Hal yang sedikit berbeda terjadi pada pengguna ponsel dengan sistem operasi Android dimana, sistem akan berkerja sama seperti yang dijalankan oleh pengguna sistem operasi IOS. Bedanya adalah pengguna ponsel Android harus memasang aplikasi lagi pada ponsel mereka untuk dapat menjalankan sistem tersebut dengan optimal.

Sistem hasil duet maut  Apple dan Google ini masih sebatas berjalan untuk negara Amerika Serikat saja. Beberapa Negara bagian Amerika Serikat yang berkesempatan untuk memanfaatkan sistem baru ini adalah Maryland, Nevada, Virginia, dan Washington DC.

Selain sistem yang dikembangan oleh kedua raksasa perusahaan teknologi tersebut, ternyata mereka juga membuat sebuah alat khusus yang bisa dihubungkan dengan ponsel melalui sambungan "Bluetooth" yang bisa digunakan sebagai peringatan apakah mereka berdekatan dengan orang yang positif COVID 19 atau tidak.

Sudah ada empat negara lain selain empat negara bagian di Amerika Serikat yang sudah menerapkan sistem dan alat yang dikembangkan oleh Google dan Apple ini. Ini menandakan sistem yang dibuat cukup mudah untuk digunakan.     
Xiaomi Intro Official
Xiaomi Intro Official Techno Holic

Posting Komentar untuk "Apple Dan Google Berduet Maut Untuk Membuat Sistem Pencegahan Korona"